6 Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Bahan Alami

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Rabu, 28 Agustus 2019 08:36
6 Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Bahan Alami
Masalah bau badan bisa menyerang siapa saja. Berikut cara menghilangkan bau badan dengan bahan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Dream - Tubuh yang berkeringat karena aktivitas sehari-hari merupakan hal yang wajar. Berkeringat adalah cara alami tubuh untuk mengatur suhunya, dan menyebabkan bau keringat yang menyertainya.

Setiap orang pasti pernah berkeringat dan mengalami masalah bau badan. Masalah ini disebabkan oleh bakteri yang mengubah keringat menjadi asam. Untuk mengatasi masalah bau badan yang tepat bukan dengan menggunakan pewangi, tapi dengan membasmi bakteri tersebut.

Bau yang disebabkan bakteri saat berkeringat tentu membuat kita menjadi tidak percaya diri. Salah satu cara menghilangkan bau badan yang paling mudah ialah dengan menggunakan deodoran secara rutin. Namun, kadang produk deodoran memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya bagi jenis kulit tertentu.

Alternatif lain yang lebih aman ialah dengan membuat deodoran kita sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami. Seperti 6 cara menghilangkan bau badan dengan deodoran alami berikut ini.

1 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Minyak Kelapa

 Minyak Kelapa

Untuk menghilangkan bau badan yang disebabkan oleh bakteri keringat, kita perlu bahan alami yang ampuh membunuh bakteri tersebut. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan ialah minyak kelapa, karena mengandung asam laurik yang dapat membunuh bakteri penyebab bau badan.

Memanfaatkan minyak kelapa sebagai deodoran alami bisa dibuat sendiri di rumah dengan menyiapkan beberapa bahan berikut ini:
-    Minyak kelapa
-    1 sendok teh bubuk asam sitrik (opsional)
-    1 gelas air

Cara membuatnya sangat mudah, kita bisa langsung mengoleskan minyak kelapa ke beberapa bagian tubuh yang berpotensi mengeluarkan keringat lebih banyak.

Seperti ketiak dan tekuk leher. Kita bisa mencampur kedua bahan (bubuk asam dan air), lalu mengoleskannya ke ketiak, dan mengoleskan minyak kelapa setelah ketiak kering.

2 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Minyak Daun Teh

Minyak daun teh atau tea tree oil ternyata juga bisa digunakan untuk membuat deodoran alami yang ampuh menghilangkan bau badan. Tea tree oil mengandung antiseptik alami dan antibakteri yang dapat membunuh bakteri dan jamur di kulit.

 Tea Tree Oil


Untuk membuat deodoran alami dengan tea tree oil, cukup siapkan:
-    2 sendok teh tea tree oil
-    2 sendok makan air

Cara menghilangkan bau badan dengan deodoran alami dari tea tree oil, cukup dengan mencampurkan dua bahan tersebut dalam wadah dan mengaduknya hingga rata. Setelah itu, oleskan pada ketiak dan area kulit yang rawan keringat lainnya. Deodoran alami ini bisa digunakan setiap hari.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Cuka Apel

 Cuka Apel

Deodoran alami selanjutnya terbuat dari cuka apel, yang mengandung banyak asam alami yang ampuh membunuh bakteri penyebab bau badan. Selain itu, cuka apel juga dapat mencegah bau badan datang kembali. Cara untuk membuat deodoran alami dari cuka apel sangat mudah, siapkan:
-    Cuka apel
-    Bola kapas atau kapas biasa
-    Air


Cara menghilangkan bau badan dengan cuka apel, dimulai dengan langsung mengaplikasikan cuka apel ke ketiak dengan menggunakan kapas. Atau bisa juga mencampur beberapa tetes cuka dengan air terlebih dahulu, baru kemudian mengoleskannya ke ketiak.


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, deodoran alami ini bisa digunakan sekali sehari setelah mandi. Jangan telalu banyak menggunakan cuka apel, karena kandungan asam yang tinggi.

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Teh Kantong

Selain memanfaatkan minyak daun teh, kita juga bisa memanfaatkan teh kantong atau teh celup sebagai cara menghilangkan bau badan. Teh celup mengandung tanin yang dapat menjaga kulit tetap kering dan mengurangi produksi keringat.

Siapkan bahan-bahan berikut ini:
-    3 kantong teh
-    2 liter air

 Kantong Teh

Cara memakai formula deodoran alami yang satu ini sangat mudah, cukup dengan merebus air dan teh, dan menggunakan air rebusan tersebut untuk mandi. Menghilangkan bau badan ini bisa dilakukan beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Baking Soda

Baking soda memang dikenal sebagai bahan alami yang bisa digunakan untuk berbagai masalah kulit, salah satunya menghilangkan bau badan. Baking soda mampu menyerap kelembapan dan mencegah keringat.

 Baking Soda

Cukup siapkan satu sendok baking soda dan air secukupnya. Kedua bahan ini bisa langsung dibuat menjadi deodoran alami yang ampuh mengusir bau badan yang disebabkan oleh bakteri. Kita bisa langsung mengoleskan baking soda ke ketiak, atau juga bisa dengan mencampurnya dengan beberapa tetes air.


Setelah dioleskan, biarkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit dan kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Keringkan kulit dengan menggunakan handuk. Cara menghilangkan bau badan dengan baking soda ini bisa diterapkan beberapa kali dalam satu minggu.

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Lemon

 Cara Menghilangkan Bau Badan

Satu lagi cara menghilangkan bau badan dengan menggunakan deodoran alami yang dibuat sendiri, yaitu dengan menggunakan lemon. Buah asam yang satu ini mengandung asam alami dengan pH yang rendah. Kandungan inilah yang membuat bakteri mati karena tidak bisa bertahan di kulit dengan pH rendah.

Cukup siapkan 1 buah lemon dan air secukupnya. Campurkan dua bahan tersebut dan oleskan ke ketiak sambil digosok pelan. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Kita juga bisa menggunakan buah lemon langsung tanpa air.

Cara menghilangkan bau badan ini bisa dilakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, bagi pemilik kulit sensitif, disarankan untuk menggunakan lemon dengan kadar yang sedikit saja. (mut)

Sumber: Style Craze

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie