6 Manfaat Pisang Mentah Bagi Kesehatan Tubuh

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 15 Oktober 2019 14:48
6 Manfaat Pisang Mentah Bagi Kesehatan Tubuh
Ternyata, pisang mentah memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dream – Pisang termasuk buah yang disukai banyak orang. Rasanya manis dan bisa diolah menjadi beragam sajian.

Kandungan gizinya juga sangat tinggi dan bisa dinikmati balita hingga manula. Umumnya, pisang dinikmati ketika sudah matang.

Namun, tahukah Sahabat Dream? Buah pisang yang mentah juga tidak kalah sehatnya dengan yang sudah matang.

Untuk mengonsumsinya, pisang mentah harus di masak terlebih dahulu. Baik itu digoreng, direbus ataupun ditumis. Pisang mentah merupakan sumber vitamin, serat, mineral dan pati resisten yang cukup baik.

Meskipun memiliki rasa kurang manis, namun kandungan pati resisten pada pisang mentah jauh lebih tinggi. Tak mengherankan bila buah ini juga memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaatnya? Intip informasinya berikut ini.

1 dari 6 halaman

1. Manfaat Buah Pisang Mentah: Menurunkan Berat Badan

 6 Manfaat Buah Pisang Mentah Bagi Kesehatan Tubuh

Pisang mentah ternyata mampu membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena pisang mentah memiliki kandungan dua jenis pati yang tahan serat serta pectin.

Kedua pati inilah yang akan meningkatkan rasa kenyang setelah makan. Proses berlanjut dengan membantu memperlambat pengosongan perut. Hal ini akan membuat kalian makan lebih sedikit dan memiliki rasa kenyang lebih lama. Dengan mengonsumsinya secara rutin, nantinya bisa merasakan turunnya berat badan.

2 dari 6 halaman

2. Manfaat Buah Pisang Mentah: Mengontrol Gula Darah

 6 Manfaat Buah Pisang Mentah Bagi Kesehatan Tubuh

Kedua jenis pati yang dikatakan sebelumnya ternyata juga bisa membantu dalam mengontrol gula darah. Menurut sebuah penelitian, pati resisten dan pectin secara efektif mampu mengendalikan gula darah sesaat setelah mengonsumsinya. Pasalnya, pisang mentah memiliki indeks glikemik (GI) 30 yang termasuk sangat rendah. 

3 dari 6 halaman

3. Manfaat Buah Pisang Mentah: Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

 6 Manfaat Buah Pisang Mentah Bagi Kesehatan Tubuh

Pati resisten dan pectin, juga membuat buah pisang mentah berfungsi sebagai prebiotik. Bagi yang belum tahu, senyawa prebiotik kerap dijadikan sebagai makanan bagi bakteri ramah atau baik di dalam usus .

Bakteri ini nantinya akan menfermentasi kedua pati ini untuk menghasilkan asam lemak serta butirat. Kedua kandungan inilah yang akan membantu dalam mengatasi berbagai macam masalah pada sistem pencernaan.

4 dari 6 halaman

4. Manfaat Buah Pisang Mentah: Meningkatkan Kesehatan Jantung

 6 Manfaat Buah Pisang Mentah Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat pisang mentah lainnya yaitu meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena pisang memiliki kandungan pati resisten tinggi. Pati jenis ini ternyata mampu membantu dalam menurunkan kolesterol plasma serta konsentrasi trigliserida.

Senyawa tersebut berkontribusi juga terhadap kesehatan jantung. Tidak hanya itu, buah pisang mentah juga mengandung kalium dengan jumlah yang cukup. Hal tersebut tentu sangat membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

5 dari 6 halaman

5. Manfaat Buah Pisang Mentah: Mengatasi dan Mencegah Diare

 6 Manfaat Buah Pisang Mentah Bagi Kesehatan Tubuh

Kehadiran pati serta pectin memang sangat menguntungkan bagi pisang mentah. Kali ini kedua kandungan tersebut mampu mengatasi dan mencegah seseorang terkena penyakit diare.

Kedua senyawa ini nantinya akan membantu dalam pengerasan feses. Termasuk melawan bakteri jahat penyebab penyakit diare. 

6 dari 6 halaman

6. Manfaat Buah Pisang Mentah: Membantu Penyerapan Zat Besi

 6 Manfaat Buah Pisang Mentah Bagi Kesehatan Tubuh

Kekurangan zat besi dan anemia sangat mempengaruhi sejumlah besar populasi. Terdapat sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Food and Nutrition Research menunjukkan, pisang mentah serta matang tidak hanya mampu membantu penyerapan zat besi saja. Melainkan juga bisa membantu meningkatkan jumlah kandungan zat besi di dalam tubuh. (mut)
 
 
 
(Sumber: Boldsky)

Beri Komentar
Mengharukan, Reaksi Gempi Dengar Gading dan Gisel Tidur Bareng Lagi