6 Manfaat Daun Mangga Bagi Tubuh

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Kamis, 3 Oktober 2019 14:13
6 Manfaat Daun Mangga Bagi Tubuh
Selain menghasilkan buah yang lezat, daun mangga ternyata memiliki manfaat yang bagus. yuk intip informasinya berikut ini.

Dream – Siapa sih yang tidak suka dengan buah mangga? Buah yang memiliki cita rasa manis terkadang sedikit asam ini, mampu menarik perhatian setiap orang kalangan usia.

Namun, pohon mangga tidak hanya menghasilkan buah mangga saja untuk dikonsumsi. Daun mangga diketahui juga bisa dikonsumsi oleh setiap orang dari berbagai kalangan usia.

Bahkan, daun mangga ini memiliki sejumlah manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh loh Sahabat Dream.

 6 Manfaat Daun Mangga Bagi Tubuh yang Tak Disadari



Saking bagusnya, daun mangga telah menjadi salah satu obat tradisional dalam pemgobatan timur. Di setiap helai daunya mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta antioksidan yang sangat tinggi.

Itu merupakan bagian sedikit dari beberapa nutrisi penting lainnya yang ada di dalam daun mangga loh.

Tak heran bila saat ini eksistensi daun mangga dalam pengobatan menjadi semakin tinggi. Bagi kalian yang belum tahu manfaat yang ditimbulkan tidak perlu khawatir.

Dream telah merangkum beberapa informasi mengenai manfaat daun mangga untuk kalian. Yuk simak informasinya berikut ini: 

1 dari 6 halaman

1. Manfaat Daun Mangga: Mengontrol Diabetes Tipe 2

 6 Manfaat Daun Mangga Bagi Tubuh yang Tak Disadari6 Manfaat Daun Mangga Bagi Tubuh yang Tak Disadari © pixabay.com

Bagi kalian yang sedang menderita diabetes khususnya tipe 2, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi daun mangga. Daun ini telah sejak lama dianggap mampu untuk mengendalikan kadar gula darah (diabetes) pada seseorang.

Pasalnya, daun mangga mengandung senyawa tanin atau kerap disebut dengan antosianidin yang cukup tinggi.

Senyawa inilah yang membantu dalam mengobati diabetes. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan mengeringkan daun mangga terlebih dahulu.

Kemudian tumbuk halus daun mangga hingga menjadi serbuk halus. Kalian bisa mencampurkannya pada minuaman atau sebagai infus untuk mengobati diabetes.

Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah ekstrak daun mangga ini secara rutin setiap harinya.

2 dari 6 halaman

2. Manfaat Daun Mangga: Meningkatkan Fungsi Kognitif

 6 Manfaat Daun Mangga Bagi Tubuh yang Tak Disadari6 Manfaat Daun Mangga Bagi Tubuh yang Tak Disadari © pixabay.com

Telah diketahui, diabetes tipe 2 mampu meningkatkan risiko faktor penyakit demensia vascular serta penyakit Alzheimer cukup tinggi. Kedua faktor tersebut merupakan penyebab paling umum untuk memunculkan penyakit demensia pada seseorang.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Brain Pathology mengatakan, ekstrak daun mangga secara signifikan meningkatkan patologi sentral serta masalah pada fungsi kognitif. Kondisi tersebut akan terjadi terutama pada pasien penderita diabetes tipe 2. Kalian bisa mengonsumsinya dalam bentuk apaun. Mulai dari ekstrak daun mangga, masakan, ataupun dengan air rebusan daun mangga.

3 dari 6 halaman

3. Manfaat Daun Mangga: Menjaga Kesehatan Pencernaan

 6 Manfaat Daun Mangga Bagi Tubuh yang Tak Disadari6 Manfaat Daun Mangga Bagi Tubuh yang Tak Disadari © pixabay.com

Tahukah kalian? Daun mangga memiliki sifat gastroprotektif yang sangat baik bagi tubuh. Sifat itu nantinya akan membantu dalam melindungi perut secara keseluruhan dari berbagai macam penyakit lambung.

Cukup dengan mengonsumsinya secara teratur, niscaya kalian akan memiliki risiko terkena masalah penyakit lambung yang sangat rendah.

Kalian bisa menambahkan beberapa daun mangga ke dalam air hangat dan biarkan selama semalaman. Keesokkan paginya, saring air rendaman tersebut dan minumlah hingga habis tak tersisa.

Tambahkan madu jika dirasa air rendaman begitu tidak nyaman di lidah kalian.

4 dari 6 halaman

4. Manfaat Daun Mangga: Mengobati Asma

 6 Manfaat Daun Mangga Bagi Tubuh yang Tak Disadari6 Manfaat Daun Mangga Bagi Tubuh yang Tak Disadari © pixabay.com

Selanjutnya, daun mangga ternyata mampu mengatasi berbagai masalah pernapasan. Salah satu manfaatnya yaitu mengobati penyakit asma pada seseorang.

Tidak hanya asma saja, daun mangga juga bisa digunakan sebagai obat tradisional dalam mengobati pilek serta bronkitis.

Cara menggunakannya juga cukup mudah untuk dilakukan di rumah atau dimanapun kalian berada. Cukup mengambil dan mencuci bersih beberapa lembar daun mangga.

Kemudian rebus dengan air mineral hingga menyisahkan sedikit saja air. Saringlah air rebusan tersebut dan tambahkan madu murni sesuai selera kalian. Konsumsilah ramuan daun mangga ini secara rutin setiap harinya ya.

5 dari 6 halaman

5. Manfaat Daun Mangga: Mengatasi Disentri

 6 Manfaat Daun Mangga Bagi Tubuh yang Tak Disadari6 Manfaat Daun Mangga Bagi Tubuh yang Tak Disadari © pixabay.com

Daun mangga memiliki sifat antimikroba dan antibakteri di dalamnya. Tidak mengherankan bila daun mangga secara efektif akan membasmi baketri jahat seperti Salmonella typhimurium serta Staphylococcus aureus.

Tahukah kalian? Bakteri Staphylococcus aureus merupakan salah satu bakteri patogen penyebab munculnya berbagai infeksi di dalam tubuh.

Ditambah dengan bakteri Salmonella typhimurium yang memang dikenal menjadi penyebab utama terjadinya infeksi bakteri pada seseorang.

6 dari 6 halaman

6. Manfaat Daun Mangga: Menurunkan Tekanan Darah

 6 Manfaat Daun Mangga Bagi Tubuh yang Tak Disadari6 Manfaat Daun Mangga Bagi Tubuh yang Tak Disadari © pixabay.com

Menurut sebuah penelitian Journal of Hospital Medicine Mesir, daun mangga dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah seseorang secara efektif.

Hal itu dikarenakan daun mangga memiliki sifat hipotensi sehingga mampu menurunkan tekanan darah.

Tidak hanya itu saja, dengan mengonsumsi daun mangga secara teratur juga akan membantu tubuh dalam memperkuat pembuluh darah.

Menariknya, daun ini juga bisa mengobati varises yang kerap muncul di beberapa bagian tubuh seseorang. Cara menggunakannya cukup mudah untuk dilakukan.

Kalian hanya perlu mengikuti cara membuat air rebusan daun mangga yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya. Untuk hasil yang maksimal, konsumsilah air rebusan daun mangga ini secara rutin setiap harinya.
  
(ism, Sumber: Boldsky)

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna