6 Manfaat Pete untuk Kesehatan Perempuan, Bisa Atasi Stres

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 12 April 2021 16:33
6 Manfaat Pete untuk Kesehatan Perempuan, Bisa Atasi Stres
Terlepas dari baunya yang kurang banyak disukai, pete menyimpan manfaat yang sangat besar untuk perempuan.

Dream – Terkenal mengeluarkan bau tak sedap, manfaat pete sebetulnya cukup banyak selain untuk menyedapkan santapan. Sayuran yang satu ini biasaya lebih banyak dijadikan sebagai lalapan, baik itu dikonsumsi secara mentah, direbus, digoreng, maupun dibakar. Bahkan pete juga banyak ditambahkan pada beberapa menu makanan, seperti campuran pada sambal balado kentang dan dibuat sambal pete.

Meskipun menghasilkan aroma yang kurang sedap di mulut, pete yang lebih dikenal dari pada penulisan sebenarnya petai, menjadi makanan favorit bagi beberapa penggemarnya. Mereka tak menghiraukan gunjingan disebut bau sepanjang bisa menikmati menu favoritnya itu. Kebanyakan penggemar pete memang tak dimakan setiap hari.

Tanaman yang memiliki nama latin Parkia speciose ini mempunyai beberapa kandungan asam amino dalam jumlah yang banyak. Lalu kandungan tersebut mengalami degradasi untuk menjadi komponen yang lebih kecil lagi. Setelah itu, asam amino akan menghasilkan suatu gas berupa H2S atau Hidrogen sulfida yang menghasilkan bau khas.

Terlepas dari baunya itu, pete ternyata menyimpan khasiat bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja untuk mencegah penyakit kanker, mengatasi anemia, dan sebagainya. Selain itu, pete juga bisa kamu andalkan untuk mendukung kesehatan kaum perempuan.

Daripada kamu makin penasaran apa saja manfaat pete untuk kesehatan perempuan, berikut sebagaimana dilansir melalui berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Mengatasi Stres dan Mengatasi Mood saat PMS

Ilustrasi Stres© Foto. freepik

Mengatasi Stres

Manfaat pete yang pertama untuk perempuan adalah bisa mengatasi stres. Perempuan mudah sekali mengalami perubahan suasana hati. Hal ini bisa saja karena aktivitas yang dilakukan cukup padat. Apalagi jika kamu adalah perempuan karir. Di mana tidak hanya berusaha untuk mengurusi urusan rumah tangga tetapi juga pekerjaan. Jadi, kemungkinan mengalami stres bisa saja terjadi.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan pete. Hal ini karena pete mengandung zat bernama Trytophan yang mampu untuk memberikan efek rileks serta meningkatkan mood. Selain itu, emosimu juga lebih terjaga dan ampuh memberikan rasa bahagia. Sehingga, sayuran ini pun diyakini bisa untuk mengatasi stres.

 

Mengatasi Mood saat PMS

Manfaat pete lainnya bagi perempuan yang jangan sampai kamu lewatkan adalah untuk mengatasi mood saat PMS. Ketika PMS, kondisi mood perempuan memang menjadi mudah naik-turun. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan pete. Hal ini karena di dalamnya terkandung vitamin B6 yang bisa untuk menyeimbangkan kadar gula di dalam darah.

Sebab kadar gula yang terlalu tinggi bisa memengaruhi kondisi mood pada perempuan yang sedang PMS. Selain itu, di dalam pete juga terdapat kandungan zat tryptophan yang ampuh dalam meningkatkan mood saat PMS. Jadi, mood kamu pun bisa lebih terkendali dengan baik.

2 dari 3 halaman

Membuat Lebih Awet Muda dan Menyehatkan Kulit

Ilustrasi Kulit Sehat dan Awet Muda© Foto. freepik

Membuat Lebih Awet Muda

Manfaat pete berikutnya untuk perempuan adalah bisa membuat lebih awet muda. Hal ini tentu saja diinginkan oleh setiap orang, terutama pada kaum perempuan. Untuk mewujudkannya, kamu bisa dengan mengonsumsi pete.

Hal ini karena pete mengandung protein yang sangat bermanfaat untuk membantu meregenerasi kulit. Dari proses regenerasi inilah yang ampuh dalam mengaktifkan sel-sel baru pada kulit. Dengan begitu, kulit wajahmu pun bisa kelihatan lebih muda dan hal ini mampu meningkatkan penampilanmu.

 

Menyehatkan Kulit

Setiap perempuan pasti ingin memiliki kulit yang sehat dan cantik. Hal inilah yang akan membuat penampilanmu semakin sempurna. Ada berbagai macam produk yang bisa kamu gunakan. Tapi, ada juga cara alami yang bisa kamu andalkan, yakni dengan memanfaatkan pete.

Hal ini karena di dalam pete terkandung flavonoid yang bermanfaat sebagai antioksidan. Di mana kandungan ini ampuh dalam menangkal radikal bebas di kulit. Selain itu, pete juga mengandung trithiolane dan hexathionine yang memiliki peran sebagai anti bakteri. Hal ini sangatlah baik untuk mengatasi masalah kulit yang kamu derita.

3 dari 3 halaman

Mengatasi Obesitas dan Menurunkan Tekanan Darah

Ilustrasi Menurunkan Berat Badan© Foto. freepik

Mengatasi Obesitas

Manfaat pete juga bisa untuk mengatasi obesitas. Ini cocok sekali bagi kamu yang sedang menjalani proses penurunan berat badan dengan cara menyehatkan. Bahkan hal ini telah dilakukan penelitian oleh Institute Psychology Austria, pada 5 ribu pasien yang menderita obesitas telah ditemukan bahwa tekanan saat bekerja bisa menyebabkan mereka sering mengambil makanan yang membuat tenang, seperti keripik dan coklat.

Namun, kamu perlu untuk mencoba mengonsumsi pete yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi dan dijadikan sebagai camilan setiap dua jam. Hal ini ampuh untuk mengontrol kadar gula darah.

 

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat pete yang terakhir untuk perempuan adalah bisa menurunkan tekanan darah. Di mana karena pete mengandung mineral yang bermanfaat untuk transmisi saraf dan kontraksi otot yang bernama potasium. Kandungan inilah yang jumlahnya cukup besar ada di dalam pete dan tentunya rendah garam.

Dengan begitu, pete sangatlah baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Di mana hal ini menjadi pemicu munculnya penyakit stroke. Jadi, bagi kamu yang memiliki masalah kesehatan berupa tekanan darah tinggi, maka bisa mengonsumsi pete.

Itulah 6 manfaat pete untuk kesehatan perempuan. Bagi sahabat Dream yang ingin mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, yuk jangan ragu lagi untuk mengonsumsi pete.

 

 

 

Beri Komentar