Keluhan Kesehatan yang Kerap Muncul Saat Tubuh Menua

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 24 Oktober 2019 11:12
Keluhan Kesehatan yang Kerap Muncul Saat Tubuh Menua
Yuk ketahui sebelumnya!

Dream - Usia bertambah, mulai muncul keriput dan uban, merupakan hal alamiah. Fungsi organ terus menurun dan tubuh tidak fit seperti sebelumnya.

Sederet keluhan kesehatan pun bermunculan. Biasanya muncul saat usia memasuki 50an atau mungkin di pertengahan 40an.

Untuk itu penting bagi Sahabat Dream menjaga kesehatan tubuh di usia muda seperti sekarang. Pasalnya, keluhan-keluhan berikut bakal muncul saat tubuh menua.

Keluhan yang seperti apa? Berikut daftarnya seperti dikutip dari Miss Kyra.

1 dari 6 halaman

1. Mulai Sering Merasa Cemas

Banyak orang memiliki masalah kecemasan, yang merupakan gangguan psikologis serius. Tetapi beberapa orang lebih rentan terhadap kecemasan daripada yang lain.

Kesehatan fisik mereka dapat memainkan peran besar dalam bagaimana kecemasan mempengaruhi kehidupan mereka.

Karena hormon memainkan peran penting dalam perkembangan kecemasan, banyak orang dengan kecemasan merasa gejala mereka terus meningkat seiring bertambahnya usia.

 shutterstock

2. Mengalami Gangguan Pendengaran

Karena organ dan indra mulai melemah seiring bertambahnya usia, ada kemungkinan pendengaranmu pun melemah.

Sekitar 18 persen orang dari usia 45 atau lebih, mulai mengalami gangguan pendengaran dan terus memburuk seiring bertambahnya usia.

2 dari 6 halaman

3. Kerja Hati Melambat atau Terhenti

Racun mulai memengaruhi hati saat mulai menua. Ini berarti pola makan yang buruk, gula, alkohol, bahkan amarah dapat membuat kerja hati menjadi lambat atau tidak aktif.

Karena hati yang lamban, tubuh kesulitan untuk memetabolisme serta menyaring racun ke dalam darah.

 shutterstock

4. Sering Menjatuhkan Barang

Begitu berusia di atas 50 tahun, genggaman tangan mulai melemah dan akan kesulitan menulis atau mengancingkan baju. Barang yang digenggam pun akan lebih mudah terlepas. Ini adalah kondisi yang berasal dari leher dan mempengaruhi saraf saat menua. 

3 dari 6 halaman

5. Gigi Lebih Sensitif

Beberapa orang pada dasarnya memiliki gigi sensitif terhadap makanan atau minuman panas dan dingin. Meski begitu, fenomena ini dapat disebabkan oleh penyakit gusi.

 shutterstock

6. Mengalami Gangguan Pernapasan Saat Tidur

Begitu memasuki menopause, kadar estrogen pada wanita akan turun dan mereka mengalami beberapa gejala seperti mudah mengantuk di siang hari, kenaikan berat badan, kelelahan, nyeri bahu serta leher dan lain-lain. Semua ini menandakan gangguan pernapasan saat tidur. (mut)

4 dari 6 halaman

Kandungan Wajib Skincare untuk Atasi Kulit Kering

Dream Kulit wajah yang kering memang membutuhkan produk perawatan khusus. Pemakaian produk yang tidak tepat bisa memperparah kondisi kulit kering.

Kulit kering yang dibiarkan dapat memicu berbagai masalah, mulai dari jerawat sampai mempercepat timbulnya garis halus dan kerutan.

Oleh karena itu, Sahabat Dream butuh skincare dengan kandungan bahan spesifik.

“ Kandungan yang memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan kulit lebih lama, yaitu seperti shea butter dan glycerin,” ujar spesialis kecantikan, Kevin A Maharisdi acara peluncuran Bio-Oil Gel Kulit Kering, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu kemarin. 

Berikut merupakan kandungan terbaik skincare untuk mengatasi kulit kering:

5 dari 6 halaman

PurCellin Oil


  skincare

Bahan ini mampu mengurangi kepekatan dalam suatu produk hingga terasa ringan dan mudah diserap kulit. Berfungsi juga sebagai emolien yang membuat kulit halus, lembut dan kenyal.

Niacinamide B3

Zat ini merupakan bentuk sintetis dari vitamin B3 yang berfungsi untuk memperkuat ketahanan kelembapan dan meningkatkan elastisitas kulit.

6 dari 6 halaman

Shea Butter


  Shea Butter

Kandungan vitamin dan asam lemak alami pada shea butter membuatnya tidak hanya dapat menutrisi namun juga melembapkan kulit dengan baik.

Shea butter dapat melindungi minyak alami pada kulit sehingga cocok untuk Sahabat Dream yang memiliki kulit sangat kering hingga mengelupas.

Glycerin

Bahan aktif pada glycerin berfungsi mengurangi tingkat penguapan kelembapan dari permukaan kulit, mencegah kulit menjadi kusam dan bersisik.

(ism, Laporan: Alfi Salima Puteri)

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik