6 Mitos Seputar Operasi Caesar, Ketahui Faktanya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 5 Juni 2019 12:30
6 Mitos Seputar Operasi Caesar, Ketahui Faktanya
Di balik operasi caesar ini, banyak sekali mitos yang beredar yang sebenarnya salah.

Dream - Sebagian ibu hamil pasti mengharapkan persalinan yang normal dan lancar. Sayang tidak semuanya bisa berjalan sesuai harapan.

Karenanya, operasi caesar menjadi jalan terakhir jika persalinan mengalami masalah dan berisiko. Kondisi medis ibu dan janin jadi pertimbangan utama saat dokter merekomendasikan operasi caesar.

Banyak sekali mitos yang beredar soal operasi ini yang sebenarnya salah. Dilansir dari India of Times, berikut ini 6 mitos yang tidak benar seputar operasi caesar dan ketahui faktanya.

1 dari 3 halaman

Mitos Pertama

1. Tidak bisa menyusui setelah operasi caesar

Apapun cara melahirkan bayi, tidak ada hubungannya dengan kemampuan untuk menyusui. Menurut rekomendasi dokter, dianjurkan untuk memberikan ASI eksklusif selama enam bulan setelah bayi lahir.

Hal ini sepenuhnya tergantung pada ibu, apakah ingin memberi ASI eksklusif atau menggunakan susu botol. Sebagian besar ibu yang baru pertama melahirkan mungkin merasa sedikit sulit untuk menyusui bayi pada awalnya. Mintalah bantuan perawat atau bidan saat menyusui bayi.

2. Tidak boleh menyentuh bayi

Ini hanyalah mitos. Justru sentuhan ibu kepada bayi setelah dilahirkan sangat diperlukan untuk menenangkan sang buah hati. Mitos ini mungkin berkembang karena ibu yang baru melahirkan biasanya mengalami kesulitan untuk menggendong bayinya.

Yang terpenting, saat menggendong, posisi ibu dan sang buah hati terasa nyaman. Selain itu, saat menggendong bayi, jauhkan dari bekas luka operasi karena mungkin masih basah.

2 dari 3 halaman

Mitos Kedua

3. Tidak bisa melahirkan normal lagi

Mitos bahwa setelah menjalani operasi caesar tidak bisa melahirkan secara normal lagi adalah salah. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, sekitar 60 hingga 80 persen wanita bisa melahirkan secara normal setelah menjalani bedah caesar.

4. Tidak merasakan apa-apa saat bedah caesar

Seperti di operasi besar lainnya, dokter pasti akan memberikan anestesi atau suntikan bius. Ini dilakukan agar pasien tidak terlalu mengalami kesakitan selama proses operasi berjalan.

Meski demikian, Anda masih bisa merasakan tarikan dan tekanan pada bagian perut selama proses melahirkan dengan operasi caesar. Banyak ibu hamil yang panik karena masalah ini, tetapi itu adalah kondisi yang normal.

3 dari 3 halaman

Mitos Terakhir

5. Butuh waktu lama untuk pulih

Justru sebaliknya. Setelah operasi caesar, wanita disarankan untuk menggerakkan tubuh untuk menghindari komplikasi lebih lanjut. 
Ya, memang benar bahwa Anda tidak dapat melakukan semua pekerjaan sendiri dan akan membutuhkan bantuan. Tetapi tentunya tidak akan disarankan untuk tetap di tempat tidur setiap saat.

6. Operasi caesar bebas masalah

Dokter akan selalu menyarankan ibu hamil untuk melahirkan secara normal. Melahirkan melalui operasi caesar hanya dilakukan jika ada komplikasi atau masalah pada ibu dan janin.

Karenanya, ibu hamil sebaiknya memilih jalur normal jika kondisi kandungan dan bayinya tidak mengalami masalah.

Sumber: India of Times

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone