7 Cara Atasi Kulit Kepala Kering, Bersisik, dan Gatal Saat Musim Hujan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 13 Januari 2020 08:16
7 Cara Atasi Kulit Kepala Kering, Bersisik, dan Gatal Saat Musim Hujan
Selain itu musim hujan juga bisa menyebabkan masalah ketombe.

Dream - Meski identik dengan udara dingin, musim hujan ternyata memiliki pengaruh buruk bagi kulit.

Udara di musim hujan bisa membuat kulit menjadi kering dan kasar. Hal ini berlaku juga pada kulit kepala.

Kulit, termasuk kulit kepala, menjadi kering dan kasar karena kehilangan kelembaban akibat kondisi udara di musim hujan.

 7 Cara Atasi Kulit Kepala Kering, Bersisik, Terasa Gatal Saat Musim Hujan© MEN

Kondisi tersebut diperburuk dengan aktivitas kita yang sering berada di tempat dengan suhu dingin dan hangat saat keluar masuk rumah.

Akibatnya kulit kepala akan bersisik dan terasa gatal. Selain itu musim hujan juga bisa menyebabkan masalah ketombe.

Namun Sahabat Dream tidak usah khawatir. Dilansir dari Boldsky.com, berikut tips mengatasi kulit kepala kering, bersisik dan terasa gatal di saat musim hujan.

 Rambut© shutterstock.com

Gunakan Produk Perawatan Rambut Non-Alkohol

Alkohol memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit. Ini akan membuat kulit kepala terasa kering. Ditambal lagi dengan cuaca musim dingin yang kering, produk-produk yang mengandung alkohol membuat kulit kepala tambah super kering. Akibatnya kulit kepala terasa gatal-gatal dan bersisik.

Beri Pijatan pada Kulit Kepala

Minyak tanaman bisa memberikan nutrisi dan kelembapan yang dibutuhkan kulit kepala jika diaplikasikan secara benar. Karena itu, pijat kulit kepala dengan minyak kelapa, zaitun atau almond setidaknya dua kali seminggu untuk mengurangi kekeringan.

1 dari 3 halaman

Hindari Sering Pakai Pengering

Pengering, pelurus, dan pengeriting rambut menghasilkan panas. Jika Sahabat Dream terlalu sering memakai alat-alat ini, maka bisa menyebabkan kulit kepala kering dan mengalami dehidrasi.

Cuci Kulit Kepala dengan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dikenal memiliki sifat antibakteri. Cuaca dingin di musim hujan dapat mengganggu keseimbangan pH kulit dan membuatnya kering.

 Usir Ketombe Membandel dengan Racikan Cuka Apel© MEN

Mencuci kulit kepala dengan cuka sari apel akan menjaga pH kulit dan mencegah kekeringan. Cara membuat larutan untuk mencuci kulit kepala dengan cuka sari apel sangat mudah.

Encerkan setengah cangkir sari apel dengan menambahkan 2 gelas air. Setelah itu cuci kulit kepala dengan larutan ini setelah selesai keramas. Biarkan selama 5 menit dan bilas sampai bersih setelahnya.

2 dari 3 halaman

Lindungi Kulit Kepala dari Udara Dingin

Cara terbaik untuk melindungi kulit kepala selama musim hujan adalah dengan tidak membiarkannya terkena angin dingin. Gunakan aksesori rambut seperti topi atau kerudung untuk melindungi kulit kepala.

 Rambut© shutterstock.com

Hindari Sering Keluar Masuk Ruangan dengan Perbedaan Suhu Tinggi

Saat musim hujan udara menjadi dingin, sehingga kita cenderung berada di dalam ruangan yang hangat. Tapi tidak demikian dengan kulit kepala.

Sering berpindah tempat dengan perbedaan suhu yang tinggi dapat membuat kulit kepala 'stres'. Akibatnya kulit kepala jadi kering dan rentan mengalami masalah rambut, seperti ketombe, rontok, dan lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Perbaiki Rutinitas Merawat Rambut

Cuaca di musim hujan sangat berbeda dari musim panas. Itu berarti cara merawat kulit kepala selama musim hujan juga akan berbeda. Beralih ke produk dan formula yang ramah musim hujan untuk memberi nutrisi yang dibutuhkan kulit kepala.

 Rambut© shutterstock.com

Lakukan Deep Conditioning Treatment

Sesekali Sahabat Dream perlu melakukan deep conditioning pada rambut. Deep conditioning menggunakan masker rambut sebagai bentuk perawatan ekstra untuk mencegah kekeringan.

Selain menjaga kondisi kulit tetap sehat, deep conditioning juga menambahkan kelembapan dan melindungi kulit kepala dari kerusakan lebih lanjut.

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis