7 Cara Mengatasi Gigi Sensitif dengan Bahan Alami, Aman dan Mudah

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Rabu, 18 September 2019 08:24
7 Cara Mengatasi Gigi Sensitif dengan Bahan Alami, Aman dan Mudah
Punya gigi sensitif membuat makan dan minum jadi tidak enak? Tenang, coba cara mengatasi gigi sensitif ini untuk makan dan minum lebih nikmat.

Dream- Rasa nyeri dan ngilu saat mengonsumsi makanan panas atau dingin, bisa jadi pertanda gigi sensitif. Kondisi tersebut tentu membuat saat-saat makan menjadi tak menyenangkan, karena tidak bisa menikmatinya.

Gigi sensitif terjadi karena beberapa penyebab, seperti penipisan email gigi, gigi berlubang, kondisi saluran pencernaan yang tidak sehat dan masih banyak lagi. Biasanya orang yang terkena gigi sensitif akan menghindari makanan panas atau dingin, dan mengurangi makanan makanan yang terlalu manis atau masam.

Cara tersebut efektif untuk mencegah rasa ngilu pada gigi. Tapi, bagaimana kalau kita ingin mengonsumsi makanan-makanan yang jadi pantangan gigi sensitif? Tenang, Dream sudah rangkumkan 7 cara mengatasi gigi sensitif tanpa harus pergi ke dokter.

1 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Gigi Sensitif dengan Oil Pulling

 Minyak Alami

Untuk mengatasi gigi sensitif, kita bisa menggunakan metode perawatan gigi tradisional dari India Oil Pulling. Metode ini dilakukan dengan mengoleskan minyak, seperti minyak wijen atau minyak kelapa ke gigi dan mulut, kemudian meludahkannya. Cara mengatasi gigi sensitif satu ini efektif mengurangi sensitivitas gigi apabila dilakukan secara rutin.

Metode tradisional India ini mirip dengan metode menggosokkan sirih ke gigi, bedanya, metode Oil Pulling menggunakan minyak alami dan tidak akan mengubah warna gigi.

Dilansir dari Medical News Today, metode ini sudah dibuktikan dengan penelitian di tahun 2009 yang menunjukkan bahwa oil pulling dengan minyak wijen, tak hanya baik untuk mengatasi gigi sensitif saja, tapi juga baik untuk mengurangi gejala penyakit gingivitis. Penyakit ini merupakan penyakit gusi yang dapat memicu gigi sensitif.  

2 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Gigi Sensitif dengan Daun Jambu Biji

Mungkin tak banyak yang tahu, kalau daun jambu biji tidak hanya baik untuk mengatasi masalah pencernaan saja, tapi juga baik efektif mengatasi masalah gigi sensitif. Cara memanfaatkan daun jambu untuk gigi sensitif berbeda dengan cara mengatasi masalah perut. Kita bisa langsung mengunyah daun setelah dicuci bersih.

 Jambu Biji

Manfaat tersebut dimiliki oleh daun jambu biji, karena daun tersebut mengandung zat topikal yang mampu mengurangi rasa ngilu dan nyeri saat gigi sensitif kambuh. Daun jambu biji juga memiliki sifat anti peradangan dan anti mikroba yang ampuh untuk membunuh bakteri jahat dalam mulut.

Tak hanya dengan mengunyah saja, kita bisa mengonsumsi suplemen ekstrak daun biji jambu atau memakai gel topikal dari daun jambu biji.

3 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Gigi Sensitif dengan Minyak Cengkeh

Cara mengatasi gigi sensitif dengan metode tradisional tak hanya ampuh tapi juga sangat aman. Salah satunya dengan menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi yang sudah dilakukann oleh orang-orang zaman dahulu.

 Cengkeh

Pernyataan di atas didukung oleh penelitian 2006 yang menunjukkan bahwa gel cengkeh mengandung zat yang mirip dengan fungsi benzoicaine topikal, zat yang kerap digunakan oleh dokter gigi untuk mematikan gusi sebelum operasi.

Hampir sama dengan metode oil pulling, minyak cengkeh bisa langsung dioleskan ke area gigi dan gusi. Setelah dioleskan, kita bisa berkumur untuk membersihkan sisa-sisa minyak cengkeh dengan air biasa. Atau bisa jga dengan meludahkannya setelah selesai dioleskan, sama seperti metode oil pulling.

4 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Gigi Sensitif dengan Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang paling penting setelah garam. Masakan yang diberi bumbu bawang putih, akan menghasilkan aroma dan rasa yang khas. Seperti makanan khas Asia yang hampir semuanya menggunakan bawang putih.

Manfaat yang diberikan bawang putih juga tak main-main, seperti untuk menjaga kesehatan jantung, memperlancar aliran darah dan mengatasi gigi sensitif. Kita bisa menambahkan potongan bawang putih ke dalam masakan untuk memperoleh manfaat-manfaat tersebut.

 Bawang Putih

Khusus untuk manfaat bawang putih dalam mengatasi gigi sensitif, kita bisa mengunyah langsung bawang putih. Dengan mengunyah bawang putih, mulut akan menghasilkan senyawa allisin yang memiliki sifat antimikroba. Senyawa ini sangat baik untuk membunuh bakteri penyebab gigi sensitif dan masalah mulut lainnya.

5 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Gigi Sensitif dengan Air Garam

Kumur-kumur tidak hanya baik untuk menghilangkan sisa-sisa makanan tertinggal dalam mulut dan gigi saja. Terlebih lagi kalau kita berkumur dengan menggunakan air campuran garam. Cara tersebut sangat ampuh untuk mengatasi gigi sensitif.

Berkumur dengan air garam juga mampu membunuh bakteri jahat dalam mulut yang menyebabkan berbagai masalah mulut, seperti bau mulut, gigi berlubang dan lain sebagainya. Metode mengatasi gigi sensitif ini bisa dilakukan setiap hari sampai rasa nyeri pada gigi mulai berkurang.

 Garam

Sahabat Dream yang ingin mencoba metode ini, bisa mencampurkan setengah sendok makan garam ke dalam segelas air hangat. Aduk sampai garam larut sebagian, dan gunakan sebagai obat kumur.

6 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Gigi Sensitif dengan Kunyit

 Kunyit

Sudah bukan rahasia lagi kalau kunyit memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama dalam mencerahkan kulit. Jangan salah Sahabat Dream, ternyata kunyit juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi gigi sensitif.

Kandungan curcumin dalam kunyit mampu mengurangi dan meredakan rasa sakit dan nyeri pada gigi sensitif yang sedang kambuh. Ditambah lagi dengan hasil penelitian tahun 2014 yang menyatakan bahwa kunyit sama efektifnya dengan ibuprofen, sama-sama efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri.

Memanfaatkan kunyit untuk mengatasi gigi sensitif tak harus dengan kunyit utuh, tapi juga bisa menambahkan bubuk kunyit ke dalam makanan yang dikonsumsi. Atau, dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan air, dan gunakan untuk pulling.

7 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Gigi Sensitif dengan Perawatan Gigi Rutin

Cara mengatasi gigi sensitif di atas tidak akan ada gunanya apabila tidak dibarengi dengan perawatan gigi rutin, seperti menggosok gigi. Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, perawatan rutin ini tentu bukanlah hal sulit, karena sudah menjadi rutinitas harian.

Selain dengan menggosok gigi, rutin berkumur dan memeriksakan gigi ke dokter jadi perawatan gigi yang penting untuk dilakukan. Dengan gigi dan mulut yang sehat, bakteri penyebab masalah mulut dapat teratasi dan mengurangi risiko terserang gigi sensitif.

 Sikat Gigi

Untuk memaksimalkan hasil perawatan gigi rutin, kita bisa menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif dan rutin mengganti sikat gigi maksimal 3 bulan sekali.

Dengan gigi yang sehat, kita bisa menikmati berbagai jenis makanan tanpa khawatir nyeri dan ngilu. Selamat mencoba, Sahabat Dream. (mut)

Sumber: Medical News Today

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi