7 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Wanita Wajib Tahu!

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 25 Januari 2022 16:12
7 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Wanita Wajib Tahu!
Kandungan nutrisi pada daun kemangi membuatnya bagus untuk dikonsumsi baik secara langsung maupun sebagai obat herbal.

Dream - Manfaat daun kemangi untuk kesehatan telah banyak dimanfaatkan karena dianggap sebagai tanaman herbal dalam pengobatan tradisional. Mungkin kamu selama ini lebih banyak mengenal daun kemangi sebagai salah satu lalapan saat memesan pecel ayam atau lele.

Kandungan daun kemangi dengan berbagai nutrisi di dalamnya sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan. Tak sekadar menawarkan kenikmatan saat jadi lalapan, daun kemangi memang menyimpan beragam khasiat untuk mengobati beragam jenis penyakit.

Kandungan nutrisi pada daun kemangi dapat diperoleh dengan mengonsumsi secara langsung maupun sebagai obat herbal. Daun kemangi mengandung protein, karbohidrat, air, serat sehat, antioksidan, lutein, dan zeaxanthin.

Nutrisi lain yang bisa diperoleh dari manfaat daun kemangi untuk kesehatan adalah kalsium, zat besi, kalium, folat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, magnesium, dan fosfor. Bagi para perempuan, salah satu manfaat daun kemangi adalah mencegah keputihan.

Lantas apa manfaat daun kemangi untuk kesehatan lainnya yang wajib diketahui oleh wanita? Berikut ulasan selengkapnya, dirangkum Dream dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

1. Mencegah dan Mengatasi Keputihan

Ilustrasi© Unsplash.com

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan wanita yang pertama adalah kemampuannya untuk mencegah dan mengatasi keputihan. Keputihan adalah masalah yang sering dialami oleh para wanita. Tingkat keputihan yang dialami pun beragam, mulai dari yang ringan hingga berat.

Keputihan yang berlebihan bisa berisiko menyebabkan penyakit lain yang lebih serius. Maka dari itu perlu mengatasi keputihan dengan cara yang tepat, salah satunya adalah mengonsumsi daun atau rebusan daun kemangi.

Kandungan eugenol di dalam daun kemangi bisa membantu menghilangkan jamur penyebab keputihan yang sangat mengganggu. Rutin mengonsumsi daun kemangi akan membuat alat reproduksi menjadi lebih sehat dan bersih.

2 dari 6 halaman

2. Jaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Ilustrasi© Pexels.com

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang perlu diketahui oleh wanita adalah bisa menjaga kesehatan reproduksi. Alat reproduksi penting untuk dijaga kesehatannya agar kesuburannya tetap terjaga. Alat reproduksi yang sehat bagus untuk menyiapkan benih yang sehat dan subur. 

Selain itu, daun kemangi memiliki kandungan zat yang akan merangsang terbentuknya hormon estrogen yang berperan sebagai hormon seksual pada wanita.

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan wanita yang satu ini bisa berkhasiat bagi kesehatan reproduksi bagi pria dan wanita yang ingin memiliki anak. Bahkan manfaat daun kemangi juga bisa mengatasi masalah gangguan pada vagina dan mengatasi nyeri payudara.

3 dari 6 halaman

3. Mengontrol Wajah Berminyak

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan tak hanya mengobati organ dalam, tetapi juga bagus untuk kesehatan kulit wajah. Manfaat daun kemangi untuk wajah salah satunya bisa mengontrol wajah berminyak. Semua tahu bahwa kulit berminyak menyebabkan risiko tinggi munculnya jerawat.

Mengonsumsi daun kemangi secara rutin bisa membantu mengontrol wajah yang berminyak. Bahkan kandungan antioksidan dan antibakteri di dalamnya akan menjaga wajah tetap bersih, kesat, dan mengecilkan pori-pori yang besar.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat daun kemangi juga baik untuk kesehatan kulit. Daun kemangi kaya akan antioksidan dan berbagai vitamin yang dipercaya ampuh mengangkat kotoran di kulit secara menyeluruh.

Sahabat Dream bisa membuat masker dari daun kemangi dengan mencampurkan air bunga mawar. Sealain itu, kandungan anti bakteri dalam daun kemangi sangat baik untuk mencegah masalah jerawat.

4 dari 6 halaman

5. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan wanita adalah mampu menangkal radikal bebas. Paparan radikal bebas bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan, salah satunya kanker.

Mengutip dari Harvard School of Public Health, reaksi kimia dari radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan membran dan jaringan sel rusak.

Jika ingin menangkal radikal bebas, mengonsumsi daun kemangi adalah salah satu solusinya. Kandungan flavonoid pada daun kemangi bermanfaat untuk menangkal antiradikal bebas. Bahkan rutin mengonsumsinya bisa membantu mengurangi risiko pembentukan dan pertumbuhan tumor serta kanker hati.

5 dari 6 halaman

6. Menghilangkan Bau Mulut dan Bau Badan

Ilustrasi© Freepik.com

Siapa sih yang suka dengan bau mulut dan bau badan. Setiap orang terutama bagi wanita mungkin akan berusaha keras menghilangkan bau mulut dan bau badan. Kedua masalah tersebut bisa diatasi dengan rajin mengonsumsi daun kemangi.

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan bisa membantu menghilangkan bau badan. Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan meminum air rebusan daun kemangi secara rutin.

6 dari 6 halaman

7. Mengatasi Malasah Pencernaan

Masalah pencernaan sangat mengganggu aktivitas, mulai dari diare, mag, kembung, sembelit, dan lain sebagainya. Nah kamu bisa memanfaatkan daun kemangi untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan tersebut.

Daun kemangi mampu menyeimbangkan asam dalam tubuh, sehingga mempengaruhi kadar pH. Kemampuan ini sangat berpengaruh untuk memperlancar pencernaan dan meningkatkan imunitas. Di samping itu, daun kemangi juga mampu membunuh bakteri penyebab penyakit pencernaan.

Itulah beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang wajib diketahui oleh para wanita. Tubuh wanita membutuhkan perhatian yang lebih daripada tubuh pria. Tubuh wanita lebih sensitif terhadap respon radikal bebas. Apalagi organ reproduksi baik pada wanita maupun pria juga penting dijaga kesehatannya.

Namun demikian saat hendak mengonsumsi atau memakainya sebagai masker, pastikan kamu sudah mencuci bersih daun kemangi dengan air mengalir untuk menghilangkan kuman-kuman yang menempel.

Beri Komentar