7 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan, Mampu Cegah Kanker

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Rabu, 10 Juli 2019 18:36
7 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan, Mampu Cegah Kanker
Tidak hanya baik untuk diet saja, minyak zaitun punya banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat minyak zaitun bagi kesehatan?

Dream - Minyak zaitun dikenal sebagai minyak alami dengan jutaan manfaat. Selain bisa digunakan sebagai minyak tambahan saat masak hingga untuk kecantikan.

Minyak zaitun mengandung lemak tunggal yang baik bagi kesehatan. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung omega-6 dan asam lemak omega-3. Kandungan lemak ini sangat baik bagi kesehatan.

Tidak hanya itu saja, minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang sangat berguna untuk mengurangi risiko penyakit kronis. Antioksidan juga mampu melawan peradangan di berbagai bagian tubuh manusia.

Dikutip dari laman Health Line, minyak zaitun juga mengandung anti-bakteri, yaitu bakteri baik yang bisa melindungi tubuh dari bakteri jahat.

Kandungan yang terdapat dalam minyak zaitun sangat baik bagi tubuh manusia, dan yang terpenting mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit kronis. Karena kandungannya yang kaya nutrisi, ada banyak manfaat buah zaitun bagi kesehatan.

Apa saja?

1 dari 7 halaman

Memiliki Sifat Anti Peradangan

 Periksa ke Dokter

Peradangan yang kronis, menjadi salah satu faktor utama pendorong timbulnya penyakit-penyakit serius, seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit-penyakit lainnya. Untuk melawan peradangan kronis ini, tubuh memerlukan anti-inflamasi atau anti peradangan yang mampu melindungi tubuh.

Kabar baiknya, minyak zaitu mengandung asam oleat, asam lemak utama, C-reactive protein atau CRP, yang mampu mengurangi peradangan atau inflamasi dalam tubuh manusia.

Selain kandungan tersebut, peradangan bisa dikendalikan dengan antioksidan. Dan, seperti yang sudah dijelaskan di awal, minyak zaitun memiliki antioksidan yang tinggi, yang bisa membantu mengurangi peradangan.

Tanpa adanya tanda-tanda peradangan, tubuh juga akan terhindar dari berbagai penyakit kronis lainnya.

2 dari 7 halaman

Mampu Mencegah Stroke

Stroke menjadi salah satu penyakit yang mengerikan, bahkan menjadi salah satu penyakit yang mematikan di dunia.

Penyakit ini disebabkan oleh gangguan yang terjadi di aliran darah menuju ke otak. Gangguan tersebut bisa berupa penggumpalan darah atau bisa juga karena pendarahan.

Dilansir Health Line, sebuah studi menunjukan bahwa minyak zaitun menjadi salah satu, bahkan satu-satunya, sumber lemak tak jenuh yang mampu mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung. Studi ini dilakukan dengan melakukan peninjauan besar terhadap 841 ribu orang yang mengonsumsi minyak zaitun.

Dalam ulasan lain juga menunjukan, bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki resiko stroke lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya.

3 dari 7 halaman

Melindungi dari Penyakit Jantung

Penyakit jantung menjadi penyakit umum yang menjadi penyebab angka kematian tertinggi di dunia. Sebuah penelitian menunjukan bahwa penyakit jantung jarang terjadi di negara Mediterania, karena penduduk di negara tersebut mengonsumsi minyak zaitun.

Minyak zaitun mengandung bahan yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan peradangan, melindungi kolesterol LDL dari oksidasi, hingga meningkatkan lapisan pembuluh darah dan mencegah pembekuan darah yang berlebih.

 null

Dengan mengonsumsi minyak zaitun secara rutin juga mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Di mana tekanan darah yang tinggi menjadi penyebab utama penyakit jantung.

4 dari 7 halaman

Mencegah Obesitas

 Obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas menjadi salah satu sumber penyebab datangnya berbagai penyakit kronis ke tubuh. Makan terlalu banyak lemak bisa menyebabkan kelebihan berat badan.

Dilansir Health Line, dalam studi yang dilakukan selama 30 bulan lebih, menunjukkan bahwa dari 7.000 mahasiswa yang mengonsumsi minyak zaitun tidak mengalami kelebihan berat badan.

Selain itu, ada juga studi yang dilakukan selama 3 tahun pada 187 orang yang berdiet dengan minyak zaitun, mampu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah, dan mampu menurunkan berat badan.

5 dari 7 halaman

Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah kondisi di mana neurodegeneratif terjadi, dan kondisi ini sangat umum. Neurodegeneratif bisa terjadi, salah satunya karena penumpukan plak betamilioid di dalam sel-sel otak.

 Kanker

Dan, untuk menghilangkan plak-plak ini, Sahabat Dream bisa mengonsumsi minyak zaitun. Dalam sebuah studi, membuktikan bahwa zat yang terkandung dalam minyak zaitun mampu menghilangkan plak, dan mencegah Alzheimer.

Kosumsi minyak zaitun secara rutin mampu mengurangi risiko dan bahkan mampu mencegah penyakit Alzheimer, walau masih butuh banyak penelitian untuk memperkuat bukti.

6 dari 7 halaman

Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

 Hipertensi

Selain mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit di atas, manfaat minyak zaitun lainnya adalah mampu melindungi tubuh dari diabetes tipe 2. Sudah banyak penelitian yang dilakukan terkait konsumsi minyak zaitun dan risiko diabetes tipe 2.

Salah satu penelitian yang dilakukan, membuktikan bahwa minyak zaitun memberi keuntungan pada gula darah, dan mampu meningkatkan sensivitas insulin. Di mana dua faktor tersebut menjadi pemicu diabetes pada umumnya.

7 dari 7 halaman

Mengandung Anti-Kanker

 Penyakit Kanker

Mendengar kata kanker, akan membuat orang ketakuran, karena menjadi salah satu penyakit yang mematikan dan memiliki banyak jenis yang berbahaya. Kanker bisa terjadi karena sel dalam tubuh yang mengalamai ketidak normalan, salah satunya karena radikal bebas.

Untungnya, dalam minyak zaitun terdapat kandungan antioksidan yang tinggi dan mampu mengurangi kerusakan oksidatif akibat dari radikal bebas.

Sangat banyak manfaat minyak zaitun lainnya. Memilih minyak zaitun sebagai salah satu makanan rutin, akan memberi manfaat yang baik bagi tubuh, lho Sahabat Dream.

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara