7 Manfaat Zinc untuk Kesehatan, Pemilik Daya Ingat Pendek Wajib Tahu!

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 17 Mei 2021 13:48
7 Manfaat Zinc untuk Kesehatan, Pemilik Daya Ingat Pendek Wajib Tahu!
Dari sekian banyak zat, tubuh juga membutuhkan zinc untuk mendukung kesehatanmu.

Dream – Manfaat zinc bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi beberapa makanan yang bisa mudah ditemukan. Tentu saja hal itu bisa kamu peroleh dengan dibarengi membiasakan menerapkan pola hidup yang sehat serta memperhatikan asupan makanan apa saja yang kamu konsumsi.

Dari sekian banyak zat yang harus dipenuhi oleh tubuhmu adalah zinc atau seng. Kandungan ini banyak terkandung di dalam bahan-bahan makanan yang bisa kamu konsumsi secara teratur. Namun, belum banyak yang tahu manfaat zinc ini bagi kesehatan tubuh. Bahkan bisa saja orang-orang juga tidak mengetahui makanan apa saja yang memiliki kandungan zinc.

Daripada kamu makin penasaran, berikut adalah beberapa manfaat zinc bagi kesehatan yang perlu kamu tahu sebagaimana dihimpun melalui Merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ilustrasi Suplemen Zinc© Pixabay.com

Manfaat zinc yang pertama bagi kesehatan adalah bisa meningkatkan imunitas tubuh. Zinc sendiri adalah mineral yang sangat penting yang ada di dalam produksi sel-sel kekebalan tubuh. Jika sampai kamu kekurangan zinc, maka respons imunmu pun akan melemah.

Dengan mengonsumsi suplemen zinc, maka hal ini bisa membantu merangsang sel kekebalan tertentu dan ampuh mengurangi stress oksidatif. Bahkan sudah dilakukan penelitian dan menunjukkan bahwa dalam 80 sampai 92 mg zinc per hari bisa mengurangi lamanya flu sampai 33 persen.

 

Mengurangi Risiko Penyakit di Usia Tertentu

Dengan mengonsumsi zinc, hal ini bisa menghindarkanmu dari berbagai risiko penyakit yang berkaitan dengan usia. Misalnya saja seperti pneumonia infeksi serta degenerasi makula. Zinc bisa melindungi tubuhmu dari infeksi, menghilangkan stress oksidatif, dan meningkatkan respon kekebalan dengan aktivitas sel T yang meningkat.

Pada orang dewasa yang berusia 30 sampai 40 tahun dan mengonsumsi makanan dengan kandungan zinc, maka bisa meningkatkan respon vaksinasi influenza dan memperkecil risiko radang paru-paru. Bahkan zinc ampuh untuk meningkatkan kinerja mental.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Memori

Ilustrasi Mengalami Jerawat© Freepik.com

Manfaat zinc yang jangan sampai terlewatkan adalah bisa meningkatkan memori. Hal ini pun telah dilakukan penelitian oleh Toronto University dan menyatakan serta menerbitkan jurnal Neuro membuktikan bahwa zinc memiliki peran yang sangat penting untuk mengatur kadar neuron dalam berkomunikasi satu sama lain. Selain itu, kandungan ini juga akan berpengaruh pada bagaimana suatu ingatan terbentuk dan proses belajarnya.

Mengatasi Jerawat

Manfaat zinc yang satu ini sayang sekali jika kamu lewatkan begitu saja. Apalagi bagi kamu yang kerap mengalami masalah jerawat di wajah. Pastinya ini sangat mengganggu penampilanmu. Dalam sebuah studi membuktikan bahwa manfaat zinc pada jerawat, yakni dengan perawatan zinc topical serta oral.

Dari kedua perawatan ini dinilai efektif untuk mengatasi jerawat dan meredakan peradangan. Bahkan perawatan menggunakan zinc bisa menghambat pertumbuhan bakteri P. Acnes serta menekan aktivitas kelenjar minyak di wajah.

 

3 dari 4 halaman

Mengatasi Diare

Ilustrasi Mengalami Diare© Freepik.com

Manfaat zinc lainnya bagi kesehatan adalah mampu mengatasi diare. Kondisi ini memang membuat perutmu menjadi sakit dan juga kamu akan lebih sering bolak-balik ke kamar mandi. Tentu saja ini membuatmu tidak nyaman dan bahkan badanmu bisa lemas karena kekurangan cairan.

Berdasarkan World Health Organization (WHO), di setiap tahun terdapat penyakit diare yang membunuh 1,6 juta anak di bawah usia 5 tahun di seluruh dunia. Sedangkan menurut studi dari PloS Medicine menyatakan bahwa dengan mengonsumsi satu tablet zinc selama 10 hari, hal ini sangat efektif untuk mengatasi diare dan mencegah agar tidak ada penyakit yang menyerangmu di masa depan.

 

Mengurangi Peradangan

Manfaat zinc bagi kesehatan juga bisa untuk mengurangi peradangan. Jika kamu mengalami stres oksidatif, hal ini bisa memicu terjadinya peradangan kronis. Penyakit kronis yang mungkin saja kamu alami misalnya seperti kanker, jantung, dan penurunan mental.

Selain itu, zinc juga bisa mengurangi kadar protein inflamasi di dalam tubuh. Bahkan ada sebuah penelitian yang dilakukan pada 40 orang dewasa dan menggunakan 45 mg zinc per harinya, hal ini bisa menunda peradangan yang semakin serius dibandingkan saat kamu tidak mengonsumsinya.

4 dari 4 halaman

Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Ilustrasi Mengalami Luka© Freepik.com

Manfaat zinc berikutnya adalah bisa membantu menyembuhkan luka dengan lebih cepat. Tidak hanya luka saja, ternyata juga bisa menyembuhkan bisul. Zinc memiliki peran yang sangat penting dalam sintesis kolagen, kekebalan tubuh, dan respon peradangan.

Jika sampai tubuhmu kekurangan zinc, maka jika suatu waktu kamu mengalami luka akan lebih lama proses penyembuhannya. Oleh karena itu, suplemen yang mengandung zinc bisa membantu pemulihan lebih cepat.

Bahkan dalam sebuah studi yang dilakukan selama 12 minggu terdapat 60 orang dengan ulkus kaki diabetik yang diobati dengan 200 mg zinc per hari. Efek yang dihasilkan, ulkus tersebut bisa berkurang dengan signifikan daripada saat tidak melibatkan zinc.

Itulah 7 manfaat zinc bagi kesehatan. Jadi, mulai sekarang jangan lupa ya sahabat Dream untuk memenuhi asupan zinc demi tubuh yang lebih sehat.

Beri Komentar