7 Obat Alami Atasi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening & Pengobatan Alternatifnya

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 28 Oktober 2020 16:46
7 Obat Alami Atasi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening & Pengobatan Alternatifnya
Dalam kasus yang jarang pembengkakan kelenjar getah bening disebabkan oleh infeksi.

Dream – Kondisi kelenjar getah bening yang bengkak atau disebut dengan limfadenopati bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Biasanya pembengkakan kelenjar getah bening disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, kelainan sistem imun, atau adanya sel kanker dalam kasus yang jarang. 

Saat kasus ringan, pembengkakan kelenjar getah bening bisa diatasi dengan penggunaan obat-obat alami.

Kelenjar getah bening yang bengkak ini seringkali terjadi di area leher, ketiak, atau bawah telinga. Jika kelenjar getah bening mengalami pembengkakan akan menunjukkan ciri-ciri terasa lunak dan dapat digerakkan.

Perlu diketahui, pembengkakan kelenjar getah bening tidak bisa disembuhkan apabila penyebabnya tidak ditangani. Kali ini Dream akan mengulas rekomendasi 7 obat alami atasi pembengkakan kelenjar getah bening.

1 dari 9 halaman

Lidah Buaya

Ilustrasi© freepik.com

Obat alami atasi pembengkakan kelenjar getah bening adalah lidah buaya. Bahan alami ini memiliki sneyawa antiradang dan antibakteri.

Caranya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada area yang bengkak kemudian tutup dengan kain selama 25 menit.

Aplikasikan obat alami ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam satu minggu untuk mendapatkan manfaatnya untuk mengatasi pembengkakan kelenjar getah bening.

2 dari 9 halaman

Cuka Apel

Ilustrasi© freepik.com

Cuka apel juga masuk dalam rekomendasi obat alami atasi pembengkakan kelenjar getah bening. Cuka apel dipercaya mampu meredakan infeksi di dalam tubuh.

Cara menggunakan obat alami ini adalah dengan mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan madu dalam gelas. Minum campuran ini sebanyak dua kali sehari saat sarapan dan sebelum tidur.

Selain itu kamu juga bisa mencampur cuka apel dan air hangat untuk kompres kelenjar getah bening yang bengkak selama lima menit. Lkaukan setidaknya 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

3 dari 9 halaman

Baking Soda dan Garam

Ilustrasi© freepik.com

Obat alami atasi pembengkakak kelenjar getah bening selanjutnya adalah baking soda dan garam laut. Campuran baking soda dengan garam laut ini bisa membantu mengempeskan pembengkakan.

Campurkan satu sendok the baking soda dan satu sendok the garam laut dalam segelas air putih. Kemudian minum larutan ini satu kali sehari sampai bengkaknya kempes.

4 dari 9 halaman

Teh Chamomile

Ilustrasi© freepik.com

Teh camomile bisa menjadi salah satu rekomendasi obat alami atasi pembengkakan kelenjar getah bening yang sudah populer.

Caranya cukup dengan minum 2 sampai 3 gelas  teh chamomile per hari sampai bengkaknya kempes.

5 dari 9 halaman

Minyak Kelapa

Ilustrasi© freepik.com

Selain teh chamomile, minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai obat alami atasi pembengkakan kelenjar getah bening.

Senyawa dalam minyak kelapa bermanfaat sebagai antiradang, antibakteri, dan antivirus.

Caranya dnegan menghangatkan minyak kelapa lalu gunakan untuk memijat area kelenjar getah bening yang bengkak dengan lembut.

6 dari 9 halaman

Jus Lemon dengan Madu

Ilustrasi© freepik.com

Obat alami atasi pembengkakan kelenjar getah bening selanjutnya adalah campuran lemon dan madu. Kedua bahan itu sangat baik untuk mengatasi radang tenggorokan yang sering menjadi penyebab pembengkakan kelenjar getah bening.

Campurkan segelas air hangat dengan perasan satu jeruk lemon lalu tambahkan dua sendok teh madu. Minum campuran obat alami ini sesuai kebutuhan kamu, Sahabat Dream.

7 dari 9 halaman

Bawang Putih

Ilustrasi© freepik.com

Obat alami atasi pembengkakan kelenjar getah bening yang terakhir adalah bawang putih. Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari adanya bawang putih ini. Cara mengaplikasikannya ada berbagai cara seperti berikut ini:

  • Banyak menggunakan bawang putih dalam masakan.
  • Konsumsi dua buah bawang putih setiap hari.
  • Pakai minyak dari bawang putih untuk dioleskan ke permukaan yang bengkak.
  • Tanya ke dokter untuk mengonsumsi suplemen bawang putih.
8 dari 9 halaman

Cara Mempercepat Penyembuhan Kelenjar Getah Bening Bengkak

Tak hanya cukup dengan menggunakan obat alami atasi pembengkakan kelenjar getah bening, namun Sahabat Dream juga harus melakukan hal-hal berikut supaya penyembuhan bisa lebih cepat selama masa perawatan:

  1. Kompres hangat. Caranya dengan membasahi waslap dengan air hangat lalu kompres ke area kelenjar getah bening yang bengkak.
  2. Istirahat yang cukup akan membantu tubuh memerangi infeksi penyebab pembengkakan kelenjar getah bening.
  3. Minum banyak air putih dan jus buah-buahan.

Perlu diingat ya Sahabat Dream, ini bukan obat tradisional kanker kelenjar getah bening. Namun rekomendasi obat alami di atas hanyalah kerena pembengkakan akibat infeksi. Jadi pembengkakan kelenjar getah bening akibat kanker harus mendapat penanganan khusus.

9 dari 9 halaman

Obat Tradisional Kanker Kelenjar Getah Bening

Belum ada penelitian yang mendukung tentang efektivitas obat herbal kanker kelenjar getah bening. Namun demikian ada banyak pasien yang mulai mengombinasikan pengobatan medis konvensional dengan terapi alternatif.

Alternatif yang bisa ditempuh untuk kanker kelenjar getah bening di antaranya adalah:

  1. Akupuntur
  2. Terapi pijat
  3. Terapi Pereda stress seperti meditasi, yoga, tai chi, dan hypnosis.

Rekomendasi metode alternatif dari National Cancer Institute adalah dengan pengobatan tradisional India, pengobatan tradisional China, hingga metode homeopati dan naturopati.

Hal yang perlu diperhatikan tentang obat tradisional kanker kelenjar getah bening adalah:

  • Pengobatan alternatif tidak menjamin penyembuhan kanker kelenjar getah bening.
  • Pastikan praktisi  sudah memiliki ijin praktek yang sah dan sertifikat sebagai bukti pengakuan untuk keahliannya.
  • Pengobatan alternatif bisa bermanfaat jika dikombinasikan dengan pengobatan medis seperti meringankan gejala kanker atau meringankan efek samping dari pengobatan medis untuk kanker.
  • Namun sebelum melakukan jenis perawatan untuk kanker, sebaiknya konsultasikan dengan dokter dahulu.

 

Sumber: SehatQ

Beri Komentar