7 Tanda Kamu Perlu Menurunkan Berat Badan

Reporter : Ulyaeni Maulida
Jumat, 16 Oktober 2020 17:33
7 Tanda Kamu Perlu Menurunkan Berat Badan
Apasaja?

Dream – Beberapa orang secara alami memiliki berat badan berlebih meskipun hanya mengonsumsi makanan dalam porsi kecil. Namun, apakah bobot di atas rata-rata tersebut dapat menjadi alasan untuk menurunkan berat badan?

Faktanya, kenaikan berat badan dikaitkan dengan kondisi kesehatan tertentu. Tetapi, tidak berarti hanya dengan menurunkan berat badan akan membuat tubuh lebih sehat. Karena banyak faktor yang harus diperhatikan.

Seperti, jenis makanan dan bagaimana hasil cek kesehatan tahunan yang biasa dilakukan. Dalam kondisi tertentu, meskipun berat badan kamu naik, bila segala aspek yang berkaitan tetap dinyatakan sehat, hal tersebut bukanlah sebuah masalah.

Hal yang perlu diperhatikan saat mengalami kenaikan berat badan adalah bila berisiko buruk terhadap fungsi kerja organ tubuh. Semisal, detak jantung yang terasa lebih cepat, tekanan pada bagian arteri, hingga timbunan lemak yang menyebabkan peradangan.

“ Seiring waktu, peradangan internal dapat menyebabkan efek samping yang meliputi penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung,” ungkap Myo Nwe, MD, seorang spesialis penyakit dalam di Carolina Selatan.

Bagaimana cara mengetahui kapan tepatnya seseorang harus menurunkan berat badan? Simak ulasannya berikut ini.

1 dari 7 halaman

Sulit untuk bergerak

Ilustrasi© Freepik

Jika saat melakukan aktifitas harian seperti berjalan kaki membuat seseorang merasa begitu kelelahan, bisa menjadi pertanda berat badan berlebih yang berdampak pada persendian.

Sehingga ada baiknya untuk menurunkan berat badan, untuk mengurangi tekanan pada persendian dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

2 dari 7 halaman

Mengalami sleep apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang berpotensi serius ketika napas berhenti dan berlanjut berulang kali. Gejalanya meliputi mendengkur keras dan merasa lelah walaupun telah tidur semalaman.

Saat tubuh menyimpan banyak lemak di sekitar leher, hal itu dapat mempersempit jalur pernapasan dan menyebabkan pernapasan menjadi pendek atau tidak teratur.

3 dari 7 halaman

Memiliki tekanan darah tinggi

Ilustrasi© Freepik

Jika seseorang memiliki tekanan darah tinggi, menurunkan berat badan dapat menjadi salah satu solusi. Hal ini dikarenakan sistem kardiovaskular tidak harus bekerja lebih keras untuk memasok oksigen ke selutuh tubuh.

Selain itu, mengubah pola makan dan meningkatkan aktifitas fisik juga biasanya sejalan dengan proses penurunan berat badan. Sehingga sangat baik untuk membantu penurunan tekanan darah.

4 dari 7 halaman

Memiliki kolesterol tinggi

Dalam upaya menurunkan berat badan, hal terpenting yang dilihat adalah kebiasaan sehat yang menyertainya. Seperti bagaimana pola makan yang dijaga dan rutin berolahraga.

Olahraga dan perubahan pola makan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Hal ini penting untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

5 dari 7 halaman

Menderita diabetes tipe 2

Ilustrasi© Freepik

Menurunkan berat badan nyatanya dapat berpengaruh pada organ dalam tubuh. Salah satunya pankreas yang bertanggung jawab untuk menyimpan dan melepaskan insulin, hormon pengontrol kadar glukosa darah tubuh

Sehingga jika seseorang menurunkan berat badan dan lemak dalam tubuh berkurang, pankreas dapat bekerja lebih baik.

6 dari 7 halaman

Kanker payudara dan pasca menopause

Kanker payudara kolorektal dan pasca menopause dikaitkan dengan obesitas. Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan berkualitas dan bergizi tinggi. Serta melakukan akitiftas fisik yang cukup.

Selain itu, lemak berlebih dapat menghasilkan estrogen, yang terkait dengan kanker payudara dan jenis hormon lain yang dapat meningkatkan pertumbuhan tumor.

7 dari 7 halaman

Mengalami kenaikan berat badan secara signifikan setiap tahun

Ilustrasi© Freepik

 

Berat badan bertambah seiring usia adalah hal normal. Namun jika kenaikan terus meningkat, maka dapat berisiko buruk bagi kesehatan.

Sehingga penting untuk memantau bagaimana kenaikan berat badan setiap tahunnya. Bila normal, maka hal tersebut masih terbilang baik-baik saja.

 

(Sumber: cosmopolitan.com)

Beri Komentar