7 Tempat yang Harus Kamu Hindari Saat Lockdown Berakhir

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Jumat, 22 Mei 2020 03:45
7 Tempat yang Harus Kamu Hindari Saat Lockdown Berakhir
Meski lockdown berakhir, kamu tetap harus menghindari 7 tempat berisiko ini. Apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Dream - Pandemi Covid-19 masih menjadi permasalahan yang belum bisa ditangani oleh hampir seluruh negara di dunia. China yang sudah menyatakan bebas dari virus Corona juga menemukan pasien positif baru. Meski tak lagi lockdown, mereka tetap memberlakukan prosedur kesehatan dan menjaga diri dari risiko tertular virus ini dengan sangat ketat.

Erin Bromage, Ph.D., B.Sc., MS, seorang profesor Biologi di University of Massachusetts Dartmouth, menyebutkan masyarakat masih terancam bahaya tertular virus corona jika tidak menerapkan pola hidup sehat.

" Jika seseorang batuk atau bersin, 200.000.000 partikel virus akan menyebar ke mana-mana. Beberapa virus menggantung di udara, sebagian jatuh ke permukaan, sebagian besar jatuh ke tanah. Jadi jika kamu bertatap muka dengan seseorang, bercakap-cakap, dan orang itu bersin atau batuk langsung didepanmu, sangat mudah bagi 1.000 partikel virus untuk terhirup dan membuat seseorang terinfeksi. "

Jadi, ketika seseorang terpapar oleh transmisi aerosol virus — terutama di dalam ruangan, dan jika ada pembawa tanpa gejala— kamu akan sangat berisiko terkena virus corona covid-19. 

Dilansir dari eatthis, Bromage menjabarkan fakta mengejutkan bahwa ada berbagai tempat dan situasi yang masih perlu dihindari meski lockdown telah berakhir. Berikut penjelasannya.

1 dari 3 halaman

Tempat Umum yang Harus Kamu Didindari Saat Lockdown Berakhir

 Ilustrasi Kantor© Pexels.com

1. Kantor

Setelah lockdown berakhir, akan banyak negara yang akan mengizinkan bisnis tertentu untuk kembali bekerja. Namun ada banyak perusahaan lain yang masih mendorong karyawan untuk bekerja dari rumah jika pekerjaan mereka memungkinkan.

Sikap ini perlu diperhatikan karena tata ruang kantor lantai terbuka — dan workstation yang terletak sangat berdekatan — pada dasarnya adalah tempat berisiko untuk COVID-19.

Bromage pun menceritakan sebuah kasus, ada seorang karyawan yang terinfeksi datang untuk bekerja di lantai 11 sebuah gedung. Lantai tersebut memiliki 216 karyawan. Selama satu minggu, 94 dari orang-orang itu menjadi terinfeksi, dan 92 dari 94 orang itu menjadi sakit (hanya 2 yang tetap tanpa gejala)."

2. Restoran

Tempat selanjutnya yang perlu kamu hindari meskipun lockdown telah berakhor adalah restoran. Restoran bisa menjadi salah satu tempat penularan Covid-19 yang tak disadari oleh banyak orang.

Bromage mengutip contoh spesifik yang menggambarkan betapa berbahayanya COVID-19 selama makan bersama. Ia mengutip apa yang bisa terjadi jika orang tanpa gejala datang ke sebuah restoran dan hanya bernapas. Dalam gambarannya, sekitar 50% orang dalam satu meja akan terinfeksi selama tujuh hari ke depan. 75% orang yang berada di meja yang bersebelahan juga bisa terinfeksi.

3. Toilet Umum

Sebuah studi telah menunjukkan bahwa toilet umum dapat menularkan virus ke udara dan mikroba itu tetap berada di udara setidaknya selama beberapa menit. Penelitian awal tentang COVID-19 juga menunjukkan bahwa kamar mandi di kapal pesiar dan kamar mandi di rumah sakit sangat terkontaminasi. Selain itu, kita tahu bahwa area dalam ruangan yang berventilasi buruk adalah tempat yang berisiko COVID-19.

 Pakai Toilet Umum Bisa Terpapar Penyakit Menular Seksual?© MEN

2 dari 3 halaman

Acara Besar yang Harus Dihindari Saat Lockdown Berakhir

4. Pesta Ulang Tahun

Lokasi pesta ulang tahun juga menjadi salah satu tempat yang perlu kamu hindari setelah lockdown berakhir.

Bromage menjelaskan ada sebuah kasus nyata di Chicago setelah ia menghadiri sebuah pesta ulang tahun. Saat itu, seorang individu tanpa gejala menghadiri pesta ulang tahun dan menginfeksi tiga orang, dan ia sama sekali tidak menyadari bahwa dia sakit.

5. Latihan Paduan Suara

Tempat ini juga sangat perlu dihindari agar tidak tertular corona Covid-19. Bromage menjelaskan bahwa orang yang sama yang menghadiri pesta ulang tahun itu juga berlatih paduan suara gereja, dan akhirnya membuat sejumlah orang tertular. Bernyanyi nyaring menyebabkan penyebaran aerosol dari banyak kuman ke udara sehingga menyebabkan orang lain yang berada di satu ruangan berisiko tertular.

 

 

3 dari 3 halaman

 Fans Jepang dan Senegal Bersih-bersih Stadion di Piala Dunia© MEN

6. Event Olahraga Indoor

Tempat ini juga menjadi salah satu penyumbang terbesar tertularnya virus corona covid-19. Bromage menunjukkan bahwa dalam sebuah event di Kanada, sebanyak 72 peserta berisiko tertular virus. Event olahraga ini memang membuat rekan satu tim dalam kontak dekat dalam ruangan yang dingin. Akhirnya sebanyak 24 dari 72 orang terinfeksi. 

7. Upacara Pemakaman

Masih ingat dengan orang yang sama yang menularkan sakit di pesta ulang tahun dan latihan paduan suara?. Menurut laporan yang diterbitkan oleh CDC, orang ini juga menghadiri pemakaman di mana ia memeluk anggota keluarga dan orang lain yang hadir untuk menyampaikan belasungkawa.

Dalam jangka waktu empat hari, kedua anggota keluarga yang berbagi makanan sakit. Anggota keluarga ketiga, yang memeluk orang yang sama di pemakaman, juga menjadi sakit.

 

Beri Komentar