8 Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Sejak Dini

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Kamis, 21 November 2019 07:12
8 Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Sejak Dini
Setiap tahun jumlah kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung selalu meningkat.

Dream - Jantung merupakan organ dalam tubuh manusia yang bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Organ ini memiliki peran penting dalam tubuh kita.

Peran yang vital tersebut membuat penyakit jantung tidak bisa dianggap sepele. Setiap tahun jumlah kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung selalu meningkat.

Semua orang memiliki potensi untuk terserang penyakit jantung. Penyakit ini dapat terjadi pada siapa saja. Kamu tentunya tidak mau terserang penyakit tersebut, bukan?

Untuk itu berikut berikut cara mencegah penyakit jantung yang bisa dilakukan sehari-hari.

1 dari 4 halaman

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner terjadi akibat pembuluh darah jantung tersumbat timbunan lemak. Hal ini tentunya dapat dicegah dengan mengubah kebiasaan dalam hidup. Berikut rekomendasi cara mencegah penyakit jantung koroner yang bisa kamu terapkan di rumah.

Menjaga berat badan ideal

 Mengapa Berat Badan Lebih Mudah Turun Saat Mulai Diet?

Cara mencegah penyakit jantung koroner dapat kamu lakukan dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Memiliki berat badan berlebih hingga obesitas tidak dapat diangga hal yang sepele.

Obesitas menyebabkan seseorang memiliki kadar LDL kolesterol yang tinggi. Jika kolesterol terlalu banyak, dapat menyumbat arteri atau aterosklerosis. Selain itu, risiko serangan jantung juga lebih tinggi terjadi pada orang yang mengalami obesitas.

Memerhatikan hasil tensi dan kolesterol

Cara mencegah penyakit jantung koroner dapat kamu lakukan dengan memerhatikan hasil tensi dan kolesterol. Kamu bisa melakukan cek tensi dan kolesterol secara rutin agar dapat mengetahui kondisi tubuh.

Secara umum, tekanan darah dapat dikatakan normal saat berada pada angka di bawah 120/80 mmHg. Sedangkan untuk kadar kolesterol yang baik adalah kurang dari 200 mg/dl.

2 dari 4 halaman

Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini

Mencegah penyakit jantung bisa kamu lakukan sejak dini. Tidak harus menunggu menjadi tua terlebih dahulu untuk menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit jantung. Untuk itu berikut kami berikan rekomendasi cara mencegah penyakit jantung sejak dini.

Mengonsumsi makanan sehat

 Cara Mengatasi Kaki Bengkak dengan Konsumsi Makanan Sehat

Cara mencegah penyakit jantung sejak dini adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Hal ini merupakan hal mendasar yang harus kamu lakukan.

Makanan yang kita konsumsi dapat memberikan pengaruh pada tubuh. Sebaiknya kamu memilih makanan sehat yang memiliki sedikit kandungan lemak.

Makanan sehat yang bisa dikonsumsi adalah sayur, buah, gandum utuh, kacang-kacangan, legume, dan biji-bijian. Hindari mengonsumsi makanan cepat saji secara berlebihan.

 

Olahraga

Cara mencegah penyakit jantung sejak dini adalah dengan berolahraga. Olahraga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain untuk menyehatkan tubuh, olahraga juga dapat mencegah penyakit jantung. Kamu bisa melakukan aerobik, lari, jogging, bersepada, berenang, latihan otot, dan lain sebagainya secara rutin.

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Penyakit Jantung Secara Alami

Setiap orang memiliki risiko untuk terserang penyakit jantung. Kamu harus mulai mewaspadai penyakit jantung dengan pencegahan secara alami. Berikut kami berikan cara mencegah penyakit jantung secara alami.

Berhenti merokok

 Puluhan Tahun Merokok, Paru-paru Pria Ini Menghitam

Cara mencegah penyakit jantung secara alami adalah dengan berhenti merokok. Asap rokok memiliki kandungan yang dapat menimbulkan pengerasan pada arteri jantung.

Hal ini dapat menyebabkan aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar. Jika hal tersebut terjadi maka dapat memicu serangan jantung. Dengan berhenti merokok, kamu dapat menyelamatkan dirimu sendiri dan juga orang lain yang jadi perokok pasif.

Menghindari stres

Cara mencegah penyakit jantung secara alami adalah dengan menghindari stres. Stres berat hingga kronis dapat memicu serangan jantung jika tidak ditangani dengan benar.

Mulai saat ini kamu harus mengatur emosi untuk mencegah penyakit jantung. Jika stres yang kamu alami semakin memburuk, sebaiknya konsultasi dengan psikolog atau psikiater. Bisa juga melakukan meditasi, yoga, dan teknik pernapasan agar tubuhmu menjadi lebih rileks dan stres berkurang.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Penyakit Gagal Jantung

Gagal jantung adalah sebuah kondisi dimana pompa jantung melemah dan tidak dapat mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini tentunya sangat berbahaya bagi tubuh. Untuk itu berikut kami berikan cara mencegah penyakit gagal jantung yang bisa kamu terapkan!

Istirahat yang cukup

 Menjaga Waktu Tidur dan Cara c

Cara mencegah penyakit gagal jantung adalah dengan memiliki waktu istirahat yang cukup. Tubuh kita perlu istirahat yang cukup setelah melakukan aktivitas seharian.

Kamu bisa mengatur pola tidur agar mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas. Hindari tidur telalu malam agar tubuhmu selalu dalam kondisi baik saat memulai aktivitas.

Menghindari minuman beralkohol

Cara mencegah penyakit gagal jantung adalah dengan menghindari minuman beralkolohol. Minuman beralkohol tidak baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung. (mut)

 

(Audila Rima Ndani/Sumber: Berbagai sumber)

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting