8 Manfaat Ikan Kembung untuk Ibu Hamil dan Cara Tepat Mengonsumsinya

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 14 Januari 2022 12:13
8 Manfaat Ikan Kembung untuk Ibu Hamil dan Cara Tepat Mengonsumsinya
Manfaat ikan kembung untuk ibu hamil salah satunya bisa menjaga kekuatan otot pada bayi dalam kandungan.

Dream – Menjaga asupan nutrisi sangatlah penting bagi ibu hamil. Ikan adalah salah satu makanan yang cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil dan bayi di dalam kandungannya.

Tak perlu membeli ikan yang mahal-mahal, sebab kan lokal dengan harga yang terjangkau bisa menjadi pilihan yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan janin.

Ikan lokal yang terbukti memiliki kandungan nutrisi melimpah adalah ikan kembung. Manfaat ikan kembung untuk ibu hamil salah satunya bisa menjaga kekuatan otot pada bayi dalam kandungan.

Selain itu masih banyak manfaat ikan kembung yang bagus untuk ibu hamil. Berikut manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil jika mengonsumsi ikan kembung.

1 dari 5 halaman

Manfaat Ikan Kembung untuk Ibu Hamil

Ilustrasi© Pexels.com

1. Cegah Kenaikan Berat Badan Selama Kehamilan

Sudah menjadi hal yang wajar apabila saat hamil seorang wanita akan mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Berdasarkan laporan dari American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi ikan kembung menjadi cara yang baik untuk menjaga agar tubuh tidak kelebihan berat badan selama kehamilan.

Manfaat ikan kembung yang satu ini diperoleh dari protein yang terkandung di dalamnya. Protein bermanfaat mencegah kelebihan berat badan pada ibu hamil.

2. Menjaga Metabolisme Tubuh

Ikan kembung mengandung omega-3 dan asam lemak omega-6 yang bagus untuk menjaga metabolisme tubuh. Manfaat ikan kembung yang satu ini tentu sangat baik untuk ibu hamil. Mengonsumsi ikan kembung bagi ibu hamil dengan jumlah yang cukup akan menghindarkannya dari komplikasi kehamilan akibat gangguan metabolsime. Termasuk gangguan diabetes gestasional.

Diabetes gestasional merupakan diabetes yang muncul selama masa kehamilan hingga proses persalinan. Kondisi tersebut dapat membahayakan ibu dan bayi, sehingga perlu dicegah salah satunya dengan mengonsumsi ikan kembung.

2 dari 5 halaman

3. Mencegah Osteoporosis pada Ibu Hamil

Pengeroposan tulang atau osteoporosis bisa terjadi selama masa kehamilan. Untuk menghindari hal tersebut, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium.

Manfaat ikan kembung untuk ibu hamil salah satunya karena kaya akan kalsium yang bisa memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan bayinya.

4. Mencegah Anemia

Selama masa kehamilan, ibu hamil rentan mengalami berbagai masalah kesehatan termasuk anemia. Dengan mengonsumsi ikan kembung, Sahabat Dream bisa mencegah terjadinya anemia saat hamil.

Anemia bisa menyebabkan tubuh ibu hamil mudah mengalami kelelahan dan berakibat pada janin yang tidak berkembang. Jika tidak dicegah, anemia yang berkelanjutan bisa berakibat buruk pada kesehatan janin.

3 dari 5 halaman

5. Jaga Kesehatan Jantung Ibu dan Bayi

Ilustrasi© Pexels.com

Manfaat ikan kembung yang tak kalah penting adalah bisa menjaga kesehatan jantung ibu hamil dan juga bayi dalam kandungannya. Menurut penelitian dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences, manfaat ikan kembung mengandung zat antioksidan yang ampuh untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan penyebab awal terjadinya penyakit jantung.

6. Mencegah Stunting

Janin dalam perut ibu hamil memerlukan perhatian khusus. Jika tidak diperhatikan asupan nutrisinya, setelah lahir si anak akan mengalami stunting atau gangguan tumbuh kembang yang menyebabkan anak memiliki postur tubuh yang lebih pendek dari anak seusianya.

Gangguan ini bisa dicegah sejak dalam kandungan dengan rajin mengonsumsi makanan yang kaya akan protein seperti ikan kembung.

4 dari 5 halaman

7. Menguatkan Otot Bayi

Tak hanya mencegah stunting, manfaat ikan kembung untuk ibu hamil juga bisa mendukung perkembangan dan kesehatan otot pada bayi. Jika otot sehat, maka pertumbuhan buah hati akan lebih padat, kuat dan kebal terhadap serangan penyakit.

8. Dukung Perkembangan Saraf Bayi

Manfaat ikan kembung yang kaya akan omega-3 sangat baik untuk membantu perkembangan sistem saraf pada bayi.

Sejak dalam kandungan, bayi yang mendapat asupan omega-3 akan membantunya terhindar dari gangguan saraf. Bahkan bisa meningkatkan kecerdasan anak ketika sudah lahir.

5 dari 5 halaman

Cara Tepat Mengonsumsi Ikan Kembung

Ilustrasi© Pexels.com

Agar memeroleh manfaat ikan kembung untuk ibu hamil, perlu diperhatikan cara tepat mengolah dan mengonsumsinya. Cara mengolah yang salah bisa menghilangkan kandungan nutrisi di dalam ikan kembung.

Cara yang pertama, kamu harus memilih ikan kembung yang masih segar. Ciri-ciri ikan kembung segar adalah memiliki mata yang jernih, dagingnya padat, tidak berair, dan insangnya berwarna cerah.

Cara yang kedua adalah dengan memasak ikan kembung sampai benar-benar matang. Sebab ikan yang dimasak tidak matang berisiko masih menyimpan bakteri penyebab salmonellosis dan toxoplasmosis yang membahayakan kesehatan janin.

Cara yang ketiga adalah tidak menggoreng ikan kembung. Menggoreng ikan kembung bisa mengurangi kandungan omega-3 di dalamnya. Daripada menggoreng, lebih baik mengolah ikan dengan cara lain seperti membuat sup ikan, mengukus, hingga memanggangnya di microwave untuk menjaga nutrisinya.

Jangan terlalu sering mengonsumsi ikan kembung. Sebab makan ikan kembung berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan ibu hamil. Lantaran ikan kembung mungkin mengandung merkuri yang diperoleh dari pencemaran air laut. Meskipun kadarnya rendah, namun sebaiknya tidak mengonsumsi ikan kembung setiap hari. Kamu bisa mengonsumsinya 2-3 kali saja dalam satu minggu.

Beri Komentar