8 Manfaat Jagung Rebus bagi Kesehatan, Tak Cuma Pengganjal Perut Saat Lapar

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 15 April 2021 05:01
8 Manfaat Jagung Rebus bagi Kesehatan, Tak Cuma Pengganjal Perut Saat Lapar
Kaya akan nutrisi dan gizi, jagung rebus bisa jadi pilihan camilan yang menyehatkan.

Dream – Manfaat jagung rebus tidak sekadar penganan pengganjal perut di kala lapar menyerang. Jenis tanaman biji-bijian ini memang tidak sulit kamu dapatkan dan bisa ditanam sendiri di rumah. Bahkan di Indonesia, penjual jagung rebus yang biasanya dijajakan menggunakan gerobak sangatlah banyak dan biasanya menjual dengan harga yang sangat terjangkau.

Di dalam jagung rebus terkandung nutrisi dan gizi yang sangat kaya, sehingga sangat baik untuk kamu konsumsi. Jagung memiliki kandungan seperti serat, vitamin B, vitamin C, asam folat, kalium, karbohidrat, protein, dan zat cryptoxanthin.

Tidak hanya itu saja, jagung rebus juga mempunyai sifat antioksidan yang ampuh untuk menjaga imunitas tubuh. Dengan semua kandungan itulah jagung rebus bisa diandalkan untuk mendukung kesehatan manusia. Baik itu anak-anak, orang dewasa, ibu hamil, dan juga lansia.

Daripada kamu penasaran, yuk cari tahu apa saja manfaat jagung rebus untuk kesehatan sebagaimana dilansir melalui Liputan6.com berikut ini.

1 dari 4 halaman

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Ilustrasi Mengalami Gangguan Pencernaan© Foto. freepik

Manfaat jagung rebus bagi kesehatan yang pertama adalah mengatasi gangguan pencernaan. Di mana kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, baik anak-anak hingga orang dewasa. Karena jagung rebus tinggi akan serat, maka sangat baik dikonsumsi oleh kamu yang mengalami gangguan pencernaan.

Melalui kandungan serat inilah yang akan mendorong akanan agar bergerak secara mulus pada saluran pencernaan. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari gangguan sembelit maupun kesulitan buang air besar.

Mengandung Kalium

Manfaat jagung rebus tidak terlepas dari adanya kalium yang mendukung kesehatan. Kandungan inilah yang memiliki peran sangat penting dalam membantu otot berkontraksi. Selain itu, kalium juga akan menjaga keseimbangan cairan serta elektrolit di dalam sel-sel tubuh. Bahkan kalium juga mampu untuk menjaga tekanan darah di tubuh agar tetap dalam kondisi stabil.

 

2 dari 4 halaman

Baik untuk Ibu Hamil

Ilustrasi Kehamilan yang Sehat© Foto. freepik

Adanya kandungan asam folat di dalam jagung rebus membuat makanan ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Khususnya dalam menjaga kesehatan sang janin. Asam folat adalah kandungan nutrisi yang bisa membantu dalam tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Janin membutuhkannya untuk pembentukan sistem sel, sistem saraf, dan juga tulang belakang. Jika sampai bayi kekurangan asam folat, maka akan berbahaya bagi bayi. Oleh karena itu, jagung rebus cocok menjadi camilan ibu hamil yang juga bisa mencegah dari masalah anemia.

Melindungi Mata dari Kerusakan Sel

Bagi kamu yang ingin memiliki mata sehat, maka bisa mengonsumsi jagung rebus. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan yang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dari jenis biji-bijian yang lainnya.

Salah satu jenis antioksidan di dalam jagung rebus adalah lutein yang ampuh dalam melindungi mata dari kerusakan sel. Selain itu juga ada Zeaxanthin berupa karotenoid yang banyak terdapat di dalam tumbuhan. Kandungan ini jugalah yang mampu untuk meningkatkan kesehatan mata.

3 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi Jantung Sehat© Foto. freepik

Manfaat jagung rebus lainnya adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung sendiri adalah salah satu penyakit berbahaya yang sudah banyak merenggut nyawa, bahkan inilah penyebab kematian tertinggi di dunia. Kamu bisa mengandalkan jagung rebus untuk menjaga jantung tetap sehat.

Karena di dalamnya terkandung vitamin C, bioflavonoid, dan karotenoid. Kesemuanya sangat baik dalam mengontrol kolesterol di dalam darah. Selain itu, kandungan vitamin C mampu menurunkan asam amino yang terdapat di pembuluh darah.

Mengatasi Kanker Paru-Paru

Manfaat jagung rebus yang tak kalah hebat adalah mampu mengatasi kanker paru-paru. Hal ini karena jagung rebus mengandung cryptoxanthin yang mampu menjaga perkembangan dari kanker paru-paru agar tidak semakin ganas.

Bahkan ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa jagung ampuh mencegah kanker paru-paru. Kandungan zat kimia berupa cryptoxanthin itulah yang ketika diserap tubuh akan mengubahnya menjadi vitamin A.

 

 

4 dari 4 halaman

Menjadi Sumber Energi

Ilustrasi Energi yang Terpenuhi© Foto. freepik

Manfaat jagung rebus lainnya adalah bisa menjadi sumber energi. Hal ini karena adanya kandungan karbohidrat di dalam jagung. Sehingga tidak mengherankan jika banyak orang yang menjadikan jagung sebagai pengganti nasi.

Tubuh manusia sendiri membutuhkan sekitar 50 persen kalori dan hal tersebut didapatkan dari makanan yang berkarbohidrat seperti jagung rebus. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu menjadikan jagung rebus sebagai camilan yang akan membuat tubuhmu lebih bertenaga.

Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat jagung rebus yang terakhir adalah bisa meningkatkan daya ingat. Kandungan berupa Thiamine dan vitamin B1 di dalam jagung rebus sangat baik untuk meningkatkan kemampuan ingatan dan menghindarkan dari penyakit Alzheimer.

Penyakit inilah yang biasa menyerang lansia yang berakibat pada menurunnya kemampuan otak secara drastis. Penderitanya akan mengalami kemunduran fungsi intelektual yang tergolong berat. Sehingga bisa menghambat aktivitas harian hingga kehidupan sosial penderitanya.

Itulah 8 manfaat jagung rebus untuk kesehatan. Bagi sahabat Dream yang ingin memiliki tubuh sehat secara mudah, mulai sekarang bisa memilih jagung rebus sebagai camilan favorit.

 

Beri Komentar