8 Mitos Seputar Makanan Sehat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 15 Juli 2019 18:46
8 Mitos Seputar Makanan Sehat
Tidak semua yang dianggap makanan sehat itu memberikan manfaat bagi tubuh.

Dream - Ketika mendengar makanan sehat, kita mungkin hanya berpikir tentang buah dan sayur yang diolah menjadi makanan atau minuman.

Bahkan kita langsung percaya dengan khasiat makanan sehat yang diproduksi sebuah perusahaan makanan ternama.

Padahal tidak semua yang dianggap makanan sehat itu memberikan manfaat bagi tubuh.

Semua informasi tentang makanan sehat yang beredar belum tentu sepenuhnya benar. Misalnya, sereal adalah pilihan sarapan yang paling sehat, atau minum susu akan membuat tulang kita kuat.

Dilansir dari Times of India, inilah 8 mitos makanan sehat yang tidak benar sama sekali.

1 dari 5 halaman

1. Jus Buah Asli Lebih Menyehatkan

Tidak diragukan lagi bahwa jus buah dalam kemasan mudah dibawa dan selalu dianggap bergizi. Tetapi, benarkah 100 persen jus buah asli sehat bagi tubuh?

Menurut para ahli nutrisi, jus buah asli lebih buruk karena mengandung banyak gula. Selain itu, jus buah tidak akan mengenyangkan perut seperti makan buah yang berserat.

 shutterstock

2. Mengurangi Karbohidrat

Sahabat Dream mungkin disarankan untuk mengurangi asupan karbohidrat untuk menurunkan berat badan. Tetapi metode  tidak sepenuhnya benar karena tak semua karbohidrat buruk.

Pisang, wortel dan quinoa sangat kaya akan karbohidrat. Penelitian menunjukkan bahwa makan makanan tersebut justru membantu menurunkan berat badan dan menyeimbangkan tekanan darah.

Yang tidak boleh dimakan adalah karbohidrat olahan karena tidak memiliki cukup nutrisi. Karbohidrat olahan adalah sumber karbohidrat yang diproses sehingga menghilangkan serat, vitamin, mineral dan antioksidan.

2 dari 5 halaman

3. Sarapan Sereal Mampu Memenuhi Kebutuhan Serat

Banyak yang menyarankan sarapan dengan sereal karena dipercaya mengandung serat dan nutrisi. Faktanya sereal tidak selalu baik untuk kesehatan.

Sebagian besar sereal adalah makanan olahan dan dikemas dalam kantong plastik. Selain itu, sereal memiliki zat aditif tinggi seperti lemak dan garam yang lebih berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Alih-alih memulai hari dengan sereal, banyak ahli diet menyarankan untuk sarapan semangkuk yogurt tanpa rasa dengan kacang untuk memenuhi kebutuhan serat.

 shutterstock

4. Tidak Boleh Melewatkan Sarapan

Sebagian orang mengatakan bahwa melewatkan sarapan dapat berakibat buruk pada kesehatan. Tapi ini hanya mitos belaka. Penelitian menyebutkan melewatkan sarapan tidak berdampak pada kesehatan.

Itu semua tergantung pada tubuh kamu Sebagian orang cenderung merasa lapar di pagi hari, sementara yang lain mungkin tidak ingin makan apa pun sampai makan siang.

3 dari 5 halaman

5. Kopi Kurang Baik Bagi Tubuh

Dulu anak-anak dilarang minum kopi karena mengandung kafein yang tidak baik untuk kesehatan. Tetapi sekarang, kopi dikonsumsi jutaan orang.

Ini karena kafein meningkatkan kekebalan dan memberi energi pada tubuh. Minum kopi dalam jumlah yang seimbang baik untuk kesehatan. Kopi bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

 shutterstock

4 dari 5 halaman

6. Wortel Baik untuk Kesehatan Mata

Tidak diragukan lagi wortel sangat bagus untuk kesehatan mata karena kaya akan vitamin A. Tetapi wortel tidak bisa menyembuhkan penyakit mata.

Mitos khasiat wortel untuk mata ini bermula saat Perang Dunia II ketika ada gosip bahwa para pilot memakan banyak wortel untuk menjaga penglihatan mereka tetap prima.

 shutterstock

Faktanya, agar mata tetap sehat, para peneliti menyarankan untuk mengonsumsi beragam sayuran yang kaya vitamin C, seng dan zat besi.

Sumber makanan yang bisa menjaga kesehata mata di antaranya adalah brokoli, ikan, beri dan kacang-kacangan.

5 dari 5 halaman

7. Hanya Putih Telur yang Bermanfaat

Banyak orang menganggap hanya putih telur yang bermanfaat, sementara bagian kuningnya mengandung lemak dan meningkatkan kolesterol jahat.

Justru sebaliknya, banyak yang tidak menyadari bahwa kuning telur mengandung 40 persen protein dan lebih dari 90 persen kalsium, zat besi dan vitamin B.

8. Makan Buah Lebih Sehat di Pagi Hari

Tidak diragukan lagi bahwa buah-buahan baik untuk kesehatan dan kaya akan vitamin.

Namun, beberapa buah seperti nanas, semangka dan pisang memiliki kadar gula yang tinggi yang dapat meningkatkan gula darah. Karena itu, buah-buahan harus dimakan setelah sarapan atau makan siang.

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik