5 Masalah Kesehatan yang Harus Diwaspadai Saat Bekerja dari Rumah

Reporter : Ulyaeni Maulida
Rabu, 8 April 2020 15:47
5 Masalah Kesehatan yang Harus Diwaspadai Saat Bekerja dari Rumah
Kebijakan untuk melakukan work from home dianjurkan untuk mencegah penyebaran virus corona covid-19. Namun work from home juga memiliki dampak buruk bagi tubuh jika terus dibiarkan.

Dream – Imbauan bekerja dari rumah selama pandemi corona membuat para pegawai harus menghabiskan waktu di depan laptop. Semua aktivitas pekerjaan seperti rapat, membaca laporan, atau mengobrol dengan rekan kerja dilakukan lewat berbagai aplikasi di laptop maupun gadget. 

Cara kita bekerja dari rumah lambat laun mengubah kebiasaan pegawai. Sayangnya, perubahan itu bisa jadi dampak buruk bagi kesehatan dan jarang disadari.  

Jika saat ini kamu sedang di depan laptop, cobalah pegang lehermu? Mungkin akan terasa sakit atau pegal setelah beberapa hari terakhir selalu menatap layar monitor. Mungkin kamu juga merasa nyeri di bagian tubuh yang lain akibat terlalu lama duduk. 

Sebaiknya kamu segera memperhatikan apa yang dikatakan oleh tubuhmu. Segera cari tahu penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Menurut Alan Hedge, director of the human factors and ergonomics research group dari Cornell University seperti dilansir dari huffpost.com, menjaga tubuh tetap dalam posisi netral dan santai saat bekerja adalah kunci untuk menghindari rasa sakit.

Berikut adalah beberapa nyeri tubuh yang harus kamu waspadai dan cara untuk mengatasinya:

1 dari 5 halaman

1. Leher dan bahu terasa nyeri

 Sakit leher© Pexels.com

Nyeri pada leher dan bahu dapat diakibatkan letak monitor yang salah. Jika posisi monitor terlalu rendah atau berada di bawah posisi mata, hal itu dapat menimbulkan rasa sakit.  

Solusinya adalah kamu dapat memposisikan layar monitor setinggi mata. Sehingga leher dan bahu kamu berada di posisi netral. Jika kamu menggunakan laptop, kamu dapat memposisikan meja laptop sejajar dengan siku. Hal itu akan membuat posisi bahu terasa lebih nyaman.

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk sesekali mengubah posisi duduk atau melakukan gerakan-gerakan ringan untuk tetap menjaga sirkulasi didalam tubuh kamu.

2 dari 5 halaman

2. Mata terasa lelah

 Cara Atasi Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Melihat Layar© MEN

Saat kamu melihat layar monitor terlalu lama, itu akan membuat mata kamu terasa sangat lelah. Hal tersebut diakibatkan karena mata yang terasa tegang karena terlalu lama melihat layar monitor.

Solusinya kamu dapat mencari ruangan kerja yang sedikit terbuka atau dekat dengan jendela. Agar penglihatan kamu tidak terpaku hanya pada layar. Selain penerangan alami yang didapatkan dari luar, akan sangat membantu mata menjadi lebih rileks.

Dianjurkan juga untuk melihat yang berwarna kehijauan. Karena warna hijau dipercaya dapat menimbulkan rasa tenang.

Selain itu, kamu harus sering mengistirahatkan mata. Kamu dapat mengikuti aturan 20-20-20 yang didukung oleh American Optometric Association: " Beristirahatlah selama 20 detik untuk melihat sesuatu sejauh 20 kaki setiap 20 menit."

3 dari 5 halaman

3. Pinggul kaku dan punggung sakit

 Sering Merasa Sakit Punggung? Kenali Penyebabnya© MEN

Jika kamu selalu duduk dalam waktu lama, itu akan berdampak pada pinggul yang terasa kaku. Jika pinggul kamu terasa kaku, maka punggung juga akan terasa sakit. Semuanya diakibatkan karena posisi tubuh yang tidak sering digerakkan.

Solusinya kamu dapat sesekali melakukan peregangan. Kamu dapat mencoba untuk berdiri dan berjalan berkeliling ruangan kerja. Hal tersebut akan membantu pinggul agar tidak terasa kaku.

Selain itu, dengan sering melakukan gerakan ringan, seperti berjalan akan membantu punggung terasa lebih nyaman. Jika kamu menggunakan kursi sandar, kamu dapat sesekali bersandar sembari melakukan peregangan ringan.

4 dari 5 halaman

4. Kram pada kaki

 Kaki kram© Pexels.com

 

Kram pada kaki dapat diakibatkan karena sirkulasi yang buruk. Terutama saat sedang duduk. Kram pada kaki dapat menjadi pertanda bahwa kamu sedang dalam posisi yang tidak nyaman. Terutama jika kamu bekerja tanpa menggunakan kursi. Biasanya kaki yang tertekuk akan membuat sirkulasi darah tidak bekerja dengan baik.

Solusinya adalah jika kamu menggunakan kursi saat bekerja kamu dapat menyesuaikan ketinggian kursi. Jika memungkinkan, kamu dapat menggunakan sandaran pada kaki, untuk mengurangi tekanan pada paha. Sehingga sirkulasi darah dapat bekerja dengan lebih baik.

Bagi kamu yang bekerja tanpa menggunakan kursi, kamu dapat sesekali meregangkan kaki. Hal itu akan membantu kaki untuk terhindar dari rasa kram.

5 dari 5 halaman

5. Pergelangan tangan terasa sakit

 Pergelangan tangan sakit© Pixabay.com

Jika saat bekerja posisi kamu tidak dalam posisi yang nyaman, akan sangat berpengaruh pada pergelangan tangan. Pergelangan tangan kamu dapat terasa seperti kesemutan. Karena sirkulasi darah yang buruk.

Solusinya kamu dapat tetap menjaga posisi pergelangan tangan kamu dalam keadaan lurus. Usahakan saat mengetik diatas keyboard, pergelangan tangan kamu tidak bengkok ke kiri atau ke kanan. Selain itu, lakukan juga gerakan ringan untuk membantu pergelangan tangan terasa lebih nyaman.

Beri Komentar