Akses Pengobatan Pasien Asma Kini Dipermudah

Reporter :
Senin, 14 Oktober 2019 19:24
Akses Pengobatan Pasien Asma Kini Dipermudah
Asma termasuk Penyakit Tidak Menular (PTM) dan berkontribusi dalam beban ekonomi pada anggaran BPJS Kesehatan.

Dream - AstraZeneca, perusahaan farmasi multinasional, bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Project HOPE dan Universitas Gadjah Mada mengadakan program Healthy Lung.

Program tersebut bertujuan untuk memastikan pasien dengan penyakit pernapasan memiliki akses terhadap pengobatan yang mereka butuhkan. Hal ini sejalan dengan tujuan BPJS Kesehatan yang ingin menjadikan Puskesmas sebagai fasilitas pelayan kesehatan primer di Indonesia.

Asma ternyata salah satu penyakit yang Penyakit Tidak Menular (PTM) dan berkontribusi dalam beban ekonomi pada anggaran BPJS Kesehatan.

 Acara Healthy Lung

“ Sebagai bagian dari program Healthy Lung, kami melakukan serangkaian kegiatan intervensi dalam mengatasi kesenjangan multidimensi di Puskesmas,” ujar Rizman Abudaeri, Direktur PT AstraZeneca Indonesia, di acara konferensi media Healthy Lung, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 14 Oktober 2019.

Penguatan peran Puskesmas dalam manajemen Asma diharapkan dapat membantu meningkatkan efisiensi biaya. Termasuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“ Dengan perbaikan pelayanan asma di Puskesmas, maka biaya layanan akan semakin efisien guna mendorong hasil yang lebih baik bagi pasien asma,” ujar Rizman.

Laporan: Alfi Salima Puteri

 

1 dari 6 halaman

Polusi Udara Perkotaan Sebabkan Asma, Ini Cara Mencegahnya

Dream - Bagi masyarakat perkotaan seperti Jakarta, kualitas udara yang buruk sudah jadi makanan sehari-hari. Asap kendaraan bermotor, belum lagi dari asap mesin konstruksi dan pabrik selalu saja terhirup.

Polusi udara di kawasan perkotaan mudah memicu penyakit asma dan sesak nafas.

 Polusi Udara Jakarta

" Udara buruk bisa membuat saluran pernafasan terganggu dan menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti asma," kata dokter spesialis paru, Samuel, di Siloam Hospital Karawaci, dikutip dari Liputan6.com

Untuk mencegah masalah pernafasan akibat kualitas udara buruk, Samuel menyarankan masyarakat menggunakan masker setiap beraktivitas di luar. Terutama pada saat menumpang atau mengendarai roda dua.

Ia juga mengingatkan untuk menjaga pola makan yang teratur. Bagi penderita asma, disarankan untuk menyediakan inhaler. Sehingga bila serangan asma datang, tidak panik.

" Sayangnya, sekitar 75 persen penderita asma salah menggunakan inhaler. Ini yang menyebabkan, lamanya proses pengendalian pada asma. Seharusnya, usai menggunakan inhaler harus berkumur, karena jika lupa berkumur maka obat itu justru akan memperburuk asma," tuturnya.

2 dari 6 halaman

Asma Bisa Dikontrol

Asma merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan melainkan dapat dikontrol dengan cara pengobatan yang benar. Asma pun dibagi menjadi dua yakni, akut dan kronis.

Untuk asma akut lebih tepat untuk digunakan pada penyakit yang diderita dalam durasi yang relatif singkat atau dalam waktu yang cepat. Sedangkan istilah kronis digunakan untuk menjelaskan suatu penyakit yang diderita dalam kurun waktu yang lama atau berkembang secara perlahan lahan.

 Bolehkah Menggunakan Inhaler bagi Penderita Asma saat Puasa?

Sementara, pada kedua jenis asma itu, penderita diminta untuk terus melakukan pengecekan kesehatan selain dengan penggunaan inhaler agar, terhindar dari serangan asma yang kronis yang dapat berdampak fatal.

Laporan: Pramita Tristiawati

Sumber: Liputan6.com

3 dari 6 halaman

Polusi Udara Jakarta Terburuk di Asia Tenggara

Dream - Tingkat kebersihan udara di Jakarta cukup mengkawatirkan. Polusi menjadi ancaman bagi manusia yang beraktivitas di Ibukota.

LSM pemerhati lingkungan, Greenpeace, merilis daftar peringkat kota dengan tingkat polusi udara terparah di dunia. Daftar itu disusun oleh laman survei kebersihan udara, airvisual.com.

Daftar tersebut menunjukkan Jakarta berada di urutan pertama kota dengan tingkat polusi terparah di Asia Tenggara. Tingkat polusinya mencapai 45,3 poin.

Posisi ke dua ditempati Hanoi, Vietnam. Tingkat polusi kota ini berbeda beberapa poin dengan Jakarta, yaitu 40,8 poin.

Beberapa kota di Thailand masuk dalam daftar 15 besar. Sementara tiga kotanya, Samut Sakhon, Nakhon Ratchasima, dan Tha bo, menempati urutan ke tiga, keempat, dan kelima dengan masing-masing poin 39,8, 37,6, dan 37,2.

"Jakarta dan Hanoi adalah kota paling berpolusi di Asia Tenggara," tulis admin @greenpeaceid.

      View this post on Instagram

Jakarta dan Hanoi adalah kota paling berpolusi di Asia Tenggara. Tapi tenang, Jakarta masih tetap juara pertama. Literally number one! . . Anak Jakarta bangga ga neh? Mana suaranya coba~ � . . Ingin bersuara agar polusi ditangani dengan baik, cek akudanpolusi.org #WeBreatheTheSameAir #BersihkanIndonesia

A post shared by Greenpeace Indonesia (@greenpeaceid) on 

4 dari 6 halaman

Cara Merawat Kulit yang Sering Terpapar Polusi

Dream - Kadar polusi semakin memburuk setiap tahunnya. Kondisi itu tentu berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Epidermis, lapisan paling atas kulit, bekerja ekstra keras agar kulit terlindung dari paparan zat berbahaya termasuk polusi.

Namun jika berlebihan, pelindung ini terkadang gagal bekerja dengan baik. Polusi bisa menutup pori-pori kulit sehingga menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, iritasi, penuaan dini dan lain-lain.

 5 Tips Merawat Kulit Wajah Sensitif

Polusi juga bisa merusak kolagen dan lapisan lipid pada kulit yang membuat fungsi pelindung kulit terganggu. Ditambah dehidrasi, kondisi ini bisa menjadi komplikasi bagi kulit.

Dilansir dari Times of India, berikut langkah-langkah untuk melindungi dan mengembalikan kesehatan kulit akibat kadar polusi yang semakin memburuk.

 

5 dari 6 halaman

Tahap Membersihkan Kulit

Mulai perawatan kulit lewat double cleansing dengan cara membersihkan wajah menggunakan handuk pembersih makeup atau makeup remover. Setelah itu, cuci dengan pembersih untuk menghilangkan sisa makeup, kotoran atau polusi pada kulit.

Sahabat Dream juga dapat menggunakan cleansing brush untuk membersihkan kulit. Alat ini bekerja lebih baik daripada hanya menggunakan tangan.

Penggunaannya bisa diaplikasikan hanya pada area kulit yang terdampak (topikal forms) atau diminum seperti obat (oral forms).

 5 Tips Merawat Kulit Wajah Sensitif

Antioksidan dapat membantu menetralisir kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh polusi. Kamu juga dapat meningkatkan asupan buah jeruk, delima, berry, wortel dan teh hijau, yang kaya akan antioksidan.

Minumlah air putih yang cukup dan lakukan perawatan secara rutin sesuai jenis kulitmu. Untuk menghidrasi kulit, gunakan serum atau pelembap yang mengandung antioksidan.

Langkah tersebut akan membantu menciptakan lapisan pelindung dan menghalangi partikel kecil yang bisa masuk ke dalam kulit.

Cara terbaik untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet adalah menggunakan tabir surya. Ini akan melindungi kulit dari kerusakan yang ditimbulkan sinar UV.

Tabir surya mampu menghalangi partikel-partikel asap dan mencegah bahan kimia berbahaya ini menembus ke dalam kulit.

 

6 dari 6 halaman

Cara Perawatan untuk Kulit Kering

Untuk pembersihan, kamu bisa mencampur yoghurt dengan satu sendok makan air perasan jeruk lemon dan madu. Lakukan pembersihan rutin akan membantu mengembalikan kerusakan kulit yang disebabkan oleh polusi.

Jika kulit terlalu kering, kamu bisa menggunakan cocoa butter. Ini membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi jaringan parut. Untuk menutrisi kulit, oleskan dua kali seminggu.

Kamu juga dapat menggunakan minyak zaitun, yang memiliki kandungan Vitamin E dan antioksidan tinggi yang mendorong regenerasi sel serta membantu mengurangi kerusakan kulit.

Lakukan dengan gerakan memutar terutama di malam hari untuk meremajakan kulit kusam yang disebabkan karena polusi.

(Sah, Sumber: timesofindia.indiatimes.com)

Beri Komentar
Mengharukan, Reaksi Gempi Dengar Gading dan Gisel Tidur Bareng Lagi