Amankah Memakai Panty Liners Setiap Hari?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 24 Mei 2022 13:12
Amankah Memakai Panty Liners Setiap Hari?
Jaga kesehatan miss V dengan memperhatikan cara pemakaian panty liner.

Dream - Meski area miss V mudah lembap, kelembapannya tetap harus dikontrol agar tetap nyaman dan tidak mengganggu aktivitas. Miss V yang kelembapannya terjaga juga dapat mencegah bersarangnya bakteri maupun jamur penyebab infeksi.

Sudah banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat miss V tidak terlalu lembap dan terasa nyaman. Salah satunya menggunakan panty liner yang merupakan pembalut berukuran kecil.

Selain menjaga miss V agar tidak terlalu lembap, panty liner juga bisa menjaga pakaian dalam agar tetap bersih. Namun, pemakaian panty liner tidak selamanya baik bagi kesehatan miss V. Hal ini terjadi ketika kamu tidak menggantinya secara rutin.

“ Kalau cuma pakai satu seharian, SAMA AJA BOONG dan lebih baik ga usah,” ujar Dokter Kulit, Arthur Simon dalam salah satu unggahan di Instagramnya.

1 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Panty Liner

Panty Liner© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Dia menyarankan untuk mengganti panty liner ketika sudah menyerap cairan miss V secara maksimal atau penuh. Sehingga, panty liner tidak akan mampu menyerap cairan miss V dan membuat area kewanitaanmu lembap.

Bahkan, area miss V bisa lebih lembap dan sulit dikeringkan ketika panty liner digunakan terlalu lama serta tidak diganti secara rutin. Maka dari itu, kamu harus mengganti panty liner secara rutin selama seharian.

Kamu juga bisa menggunakan panty liner hanya di penghujung masa haid. Sehingga, pakaian dalam tetap bersih dan kelembapan pada miss V pun terjaga.

2 dari 4 halaman

Jangan Dicukur Semuanya, Ini Fungsi Utama Bulu pada Miss V

Dream - Semua wanita ingin memiliki tubuh yang mulus dan bebas dari bulu. Maka dari itu, banyak yang melakukan berbagai perawatan untuk menghilangkan bulu di berbagai area tubuh, termasuk kemaluan.

Cukup banyak wanita yang mencukur bulu di area intim. Padahal, sebenarnya bulu di area tersebut memiliki berbagai fungsi untuk menjaga kondisi serta kesehatan miss V.

Transformasi Makeup Flawless TikToker Dikira Beda Orang

Hal tersebut diungkapkan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) yang diunggah kembali di akun Instagram Dermatologis, Dia Febrina. Berikut manfaat atau fungsi bulu kemaluan yang perlu kamu ketahui.

3 dari 4 halaman

1. Melindungi area kemaluan dari benturan serta infeksi

Miss V© Shutterstock

Bulu di area kemaluan berfungsi sebagai bantalan untuk melindungi miss V dari benturan, infeksi jamur, serta masuknya benda asing penyebab infeksi.

Trik Membuat Eyeliner dengan Kemasan Obat

2. Melindungi gesekan saat berhubungan intim

Tanpa bulu pada area kemaluan, organ intim akan lebih mudah terinfeksi saat berhubungan intim. Pasalnya selain berfungsi sebagai bantalan pelindung kemaluan, bulu miss V juga memproduksi minyak alami. Sehingga, minyak alami tersebut dapat mengurangi gesekan penyebab infeksi saat berhubungan intim.

4 dari 4 halaman

3. Mengurangi risiko penularan infeksi menular seksual (IMS)

Kamu akan lebih mudah terkena infeksi pada kemaluan jika miss V tidak berbulu. Penyebaran infeksi pun akan lebih cepat. Jadi, pikir lagi jika ingin mencukur seluruh bulu kemaluan.

4. Memberi kehangatan dan menyerap keringat

Mengulas Riasan Natural Karya Marlene Hariman di Wajah Maudy Ayunda

Bulu kemaluan juga berfungsi untuk menjaga suhu dan flora normal pada miss V. Sehingga, area kemaluan tetap hangat dan tidak terlalu lembap atau berkeringat. Terutama, saat berolahraga.

Meski memiliki berbagai fungsi untuk menjaga kesehatan area kemaluan, namun bukan berarti kamu bisa membiarkannya. Tetap rawat bulu dan kulit di area kemaluan untuk mencegah berbagai masalah pada miss V.

Beri Komentar