Aneh dan Langka, 11 Penyakit Ini Bisa Terjadi pada Manusia

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Rabu, 10 Juni 2020 08:48
Aneh dan Langka, 11 Penyakit Ini Bisa Terjadi pada Manusia
Meski aneh dan langka, kamu tetap harus mewaspadainya lho. Yuk cari tahu apa saja penyakit tersebut.

Dream - Kesehatan menjadi salah satu nikmat Allah SWT yang tidak boleh kita lupakan. Dengan nikmat sehat, kita pun dapat beraktivitas dengan lancar dan tanpa keluhan. Kesehatan pun sangat penting dan perlu diperhatikan oleh semua orang, baik yang muda maupun yang sudah tua.

Terkadang ada berbagai penyebab seseorang jatuh sakit, seperti terkena bakteri, virus, maupun efek samping dari gaya hidup yang tidak sehat. Kita pun terbiasa mengalami beberapa penyakit dengan gejala ringan, seperti flu, batuk, demam, dan sakit kepala. Gejala ringan tersebut biasanya menjadi alarm bagi tubuh kita untuk menjaga pola makan yang sehat, dan beristirahat yang cukup. 

Di samping penyakit yang biasa kita kenal, ternyata ada beberapa penyakit yang jarang kita ketahui juga lho, Sahabat Dream. Melansir dari laman Sehatq, beberapa penyakit ini meski tergolong aneh dan langka, namun bisa saja terjangkit pada manusia. Apa saja penyakit tersebut? berikut ulasannya. 

1 dari 2 halaman

Penyakit Aneh dan Langka yang Ditemukan di Dunia

Pusing Saat Puasa? Inilah 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya© MEN

Meski jarang dijumpai, berbagai penyakit aneh dan langka ini pernah terjadi pada beberapa orang. Berikut penjelasannya:

1.Sindrom Alice in Wonderland

Sindrom Alice in Wonderland adalah gangguan otak yang merusak persepsi ukuran seseorang. Para penderita sindrom ini akan merasa melihat benda atau manusia menjadi lebih besar atau lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Orang yang mengalami penyakit ini juga dapat mengalami halusinasi dan merasa waktu berlalu sangat lambat atau cepat. 

Sindrom Alice in Wonderland, biasanya paling sering terjadi pada anak-anak, namun hal itu juga dapat bertahan hingga anak tersebut tumbuh dewasa. Meski hingga saat ini masih belum dipastikan penyebab terjadinya sindrom ini, banyak dokter mengaitkan sindrom ini dengan epilepsi, tumor otak, dan penggunaan obat-obatan psikoaktif.

2. Sindrom Manusia Serigala

Sindrom manusia serigala juga biasa dikenal dengan sebuah lanuginosa hipertrikosis kognitif. Sindrom ini disebabkan oleh mutasi genetik langka.

Seseorang yang lahir dengan kondisi bawaan ini akan merasakan pertumbuhan rambut yang sangat cepat hingga menutupi wajah dan membuatnya tampak seperti serigala. Meski dapat dihilangkan dengan perawatan waxing dan laser, namun sindrom ini tak dapat memberi hasil yang permanen dalam mengontrol pertumbuhan rambut berlebih tersebut.


3. Sindrom Auto Brewery

Sindrom Auto Brewery merupakan sebuah penyakit yang bisa terjadi pada orang yang mengalami mabuk dan keracunan tanpa minum alkohol dalam jumlah yang banyak atau bahkan tanpa mengonsumsi alkohol sama sekali. Sindrom ini membuat tubuh memproduksi alkohol murni (etanol) pada usus seseorang setelah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Penyebab utama fermentasi yang menghasilkan etanol tersebut biasanya disebabkan oleh kelebihan ragi Saccharomyces cerevisiae dalam usus. Orang yang menderita penyakit aneh ini juga bisa merasakan gejala, seperti bersendawa, kelelahan kronis, pusing, disorientasi, dan sindrom iritasi usus besar. 

4. Fatal Familial Insomnia

Penyakit insomnia jenis ini cukup berbeda dari insomnia dan bisa dikatakan cukup parah. Fatal familial insomnia adalah kelainan otak degeneratif di mana seseorang akan mengalami insomnia yang semakin parah bahkan mengarah pada kemunduran fisik dan mental. Jenis insomnia ini bahkan dapat mempengaruhi sistem saraf otonom yang mengatur proses pernapasan, detak jantung, dan suhu tubuh. 

Penyebab insomnia menurun di keluarga ini kemungkinan besar karena mutasi gen PRNP (prion protein) yang dapat mengakibatkan kerusakan pada thalamus di otak. Lama-kelamaan sel-sel otak pun rusak dan menyebabkan gejala fisik maupun mental yang parah.

5. Forreign Accent Syndrome

Apa rasanya jika suatu pagi ketika kamu terbangun, kamu tiba-tiba menjadi lancar berbicara bahasa Prancis padahal belum pernah mempelajarinya? Rasanya mustahil ya. Namun, ketika kamu terjangkit forreign accent syndrome, hal itu dapat terjadi lho. 

Ketika seseorang mengalaminya, hal tersebut terjadi karena adanya gangguan bicara akibat kerusakan pada bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur ucapan. Kerusakan otak tersebut dapat terjadi akibat stroke atau cedera otak traumatis. Ketika gangguan bicara berkembang, maka akan terdengar seperti suara aksen asing. Pada kasus tertentu yang tak memiliki bukti adanya kerusakan neurologis, kondisi ini dikaitkan dengan psikogenik (gangguan jiwa atau psikologis).

 

2 dari 2 halaman

Meski Unik dan Aneh, Penyakit Ini Pernah Terjadi pada Manusia

6. Sindrom Bau Ikan

Mendengar namanya, tentu banyak orang yang tak percaya pada penyakit aneh ini. Pada penderita sindrom bau ikan, mereka akan mengeluarkan bau badan yang sangat mengganggu seperti bau ikan yang busuk melalui keringat, napas, dan urine. Bau tersebut terjadi ketika tubuh tak mampu memecah senyawa triethylamine organik yang menghasilkan bau khas ini.

Bau yang dihasilkan pun akan berbeda antar individu dan juga dipengaruhi waktu. Sindrom ini pun membuat banyak penderitanya terganggu kesehariannya, bahkan kesehatan mentalnya. Menurut sebuah penelitian di The Journal Clinical and Aesthetic Dermatology, penderita penyakit ini biasanya akan merasakan malu yang luar biasa, bahkan tercatat ada penderita yang terlibat kasus percobaan bunuh diri.

7. Sindrom Proteus

Sindrom proteus merupakan penyakit aneh dan langka, dimana penderitanya akan memiliki wajah seperti gajah. Kondisi ini membuat berbagai jenis jaringan, terutama kulit dan tulang tumbuh secara tidak proporsional. Sindrom proteus disebabkan oleh mutasi pada gen AKT1 yang terjadi secara acak dalam rahim.

Sindrom ini juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti kecacatan intelektual, penglihatan yang buruk, kejang, tumor, dan trombosis vena dalam. Menurut catatan sejarah, kasus sindrom proteus yang paling terkenal yaitu Joseph Carey Merrick yang dijuluki manusia gajah pada abad ke-19.

8. Sindrom Mayat Berjalan

Sindrom mayat berjalan atau sindrom cotard merupakan gangguan penyakit dimana penderitanya akan merasa seperti sudah mati padahal sebenarnya masih hidup. Seseorang yang mengalami gangguan ini akan menghindari makan dan minum dengan keyakinan tak memerlukannya lagi karena merasa dirinya sudah tidak ada. 

Selain itu, penderita sindrom ini juga lebih sering mengunjungi pemakaman dan mengabaikan kebersihan pribadi maupun kesehatannya. Karena sangat jarang terjadi, maka penyebab pastinya belum diketahui secara jelas. Akan tetapi, sindrom mayat berjalan dapat terjadi bersamaan dengan penyakit mental lainnya, seperti skizofrenia, depresi, dan gangguan mood.

9. Sindrom Tangan Alien

Sindrom tangan alien merupakan sebuah gangguan penyakit aneh yang menyebabkan penderitanya tak dapat mengendalikan tangannya sendiri sama sekali . Berdasarkan laporkan, kondisi ini bahkan bisa menyebabkan pasien menampar dan mencekik dirinya sendiri.

Sindrom tangan alien biasanya dihasilkan dari suatu tumor, stroke, atau pembedahan yang memengaruhi corpus callosum (penghubungan dua belahan otak). Kerusakan pada belahan kanan berdampak pada tangan kiri, begitu pula sebaliknya.

10. Sindrom Kepala Meledak

Sindrom kepala meledak atau exploding head syndrome adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya akan mendengar suara dentuman keras, seperti bom, tembakan, sambaran petir atau tabrakan keras di dalam kepala. 

Sindrom ini membuat penderitanya sangat terganggu, meskipun secara fisik tak merasakan sakit. Kemungkinan penyakit ini disebabkan oleh insomnia, gangguan tidur, dan jenis kecemasan tertentu. 

11. Progeria

Progeria yang juga dikenal sebagai sindrom progeria Hutchinson-Gilford. Penyakit ini merupakan sebuah kondisi genetik langka yang menyebabkan anak-anak tampak seperti lansia berusia 80 tahun.

Penyakit ini disebabkan kesalahan pada gen tertentu sehingga menghasilkan protein abnormal. Ketika sel menggunakan protein tersebut (progerin), mereka akan memecah lebih mudah. Progerin yang menumpuk di banyak sel pun menyebabkan anak-anak menjadi cepat tua. Tanda seseorang menderita penyakit ini biasanya diawali dengan kondisi rambut yang rontok dan menipis, kulit kendur dan keriput, mata besar, kepala besar, rahang bawah kecil, serta hilangnya lemak dan otot tubuh. (mut)

Beri Komentar