Cara Mengatasi Rasa Gatal Dengan Obat Alami di Rumah

Reporter : Ulyaeni Maulida
Jumat, 27 November 2020 06:13
Cara Mengatasi Rasa Gatal Dengan Obat Alami di Rumah
Apa saja?

Dream – Kulit terasa gatal tentunya menyebabkan kondisi yang tidak nyaman. Terlebih saat rasa gatal menyerang di malam hari saat ketika hendak tidur. Anggota tubuh lainnya secara refleks akan menggaruk bagian yang kulit yang gatal.

Penyebab rasa gatal bisa dikarenakan banyak faktor di antaranya kulit kering dan gigitan serangga.

Rasa gatal yang tak hilang membuat seseorang ingin terus menggaruk. Akibatnya dapat memperburuk tekstur kulit atau berdarah.

Agar tak semakin parah, ada beberapa bahan alami rumahan yang dapat digunakan untuk mengobati rasa gatal tersebut. Apa saja pilihan obat gatal alami yang dapat ditemukan di rumah? Simak ulasannya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Bahan Alami Obati Rasa Gatal di Kulit

Ilustrasi© Pexels.com

Mentol

Mentol adalah senyawa kimia yang berasal dari tumbuhan famili mint. Mentol tersedia dalam bentuk minyak esensial yang memberikan efek sejuk dan dapat dimanfaatkan menjadi obat gatal alami untuk kulit. 

Minyak ini dapat dioleskan ke kulit 2 kali sehari selama 2 minggu. Apabila ingin menggunakan mentol sebagai obat tradisional gatal kulit, pastikan minyak mentol dilarutkan dengan air terlebih dahulu.

Oatmeal koloid

Oatmeal juga dapat dimanfaatkan untuk obat gatal. Caranya dengan menghaluskan oatmeal dan dicampur air sehingga menjadi oatmeal koloid. Oatmeal ini dipercaya ampuh sebagai obat gatal alami.

Oatmeal koloid juga membantu meredakan kekeringan pada kulit serta memiliki efek antioksidan dan antiradang. Oatmeal koloid juga dapat dikombinasikan dengan antihistamin untuk meredakan rasa gatal akibat cacar air. Namun hal ini perlu dengan saran dokter.

 

2 dari 3 halaman

Bahan Alami Obati Rasa Gatal di Kulit

Ilustrasi© Pixabay.com

Gel lidah buaya

Lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat gatal alami kulit. Bahkan, lidah buaya berpotensi meredakan rasa gatal dan sensasi terbakar akibat psoriasis. Sensasi dingin yang didapatkan dari gel lidah buaya, membuat kulit terasa lebih baik.

Cuka apel

Cuka apel pun telah lama digunakan sejak dahulu sebagai antiseptik alami untuk luka. Cuka apel dapat dicampurkan dengan air sebelum digunakan untuk obat gatal alami.

Namun, cuka apel tidak dapat langsung diusapkan pada luka terbuka karena dapat menimbulkan sensasi terbakar dan iritasi.

Baking soda

Baking soda dapat digunakan sebagai obat gatal kulit akibat jamur. Baking soda memiliki efek antijamur dan bisa menangani berbagai infeksi jamur. Baking soda dapat dicampurkan bersamaan dengan air di bak mandi berisi air hangat.

3 dari 3 halaman

Kapan harus ke dokter?

Ilustrasi© Freepik

 

Obat gatal alami ini dapat digunakan untuk mengatasi rasa gatal ringan seperti gigitan serangga. Namun, bila mengalami gatal-gatal berlebih lebih dari tiga hari, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Dokter biasanya dapat meresepkan krim atau tablet antishistamin dan krim hidrokortison. Antihistamin dapat menjadi obat gatal alergi karena bekerja dengan memblokir senyawa histamin yang memicu gejala alergi, termasuk rasa gatal. Hidrokortison dapat meredakan peradangan dan mengurangi rasa gatal.

Selain alergi, gigitan serangga, atau masalah kulit seperti psoriasis, beberapa kasus gatal di kulit dapat mengindikasikan masalah serius pada organ bagian dalam, seperti gangguan tiroid, gangguan ginjal, masalah di hati, bahkan kanker. 

 

 

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar