Aurel Keguguran, Trimester Pertama Kehamilan Memang Paling Rentan

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 18 Mei 2021 19:29
Aurel Keguguran, Trimester Pertama Kehamilan Memang Paling Rentan
Usia kandungan Aurel 5 minggu dan masih dalam trimester pertama kehamilan (usia kehamilan 1 hingga 3 bulan).

Dream - Kegembiraan Aurel dan Atta karena setelah menikah langsung hamil, ternyata harus sirna. Pasalnya, Aurel baru saja mengabarkan kalau ia mengalami keguguran. Ia sebelumnya memang harus bed rest karena kehamilannya bermasalah.

Usia kandungan Aurel 5 minggu dan masih dalam trimester pertama kehamilan (usia kehamilan 1 hingga 3 bulan). Memang, kebanyakan kasus keguguran cenderung terjadi pada trimester pertama kehamilan. Periode ini, dikutip dari KlikDokter, menyumbang sekitar 80-85% dari semua kasus keguguran di seluruh dunia.

Terlepas dari itu, risiko keguguran bisa lebih tinggi atau lebih rendah di setiap jenjang kehamilan, tergantung dari faktor ibu dan janin itu sendiri. Faktor penyebab keguguran di trimester pertama, menurut dr. Dyah Novita Anggraini, sering dipicu oleh kelainan kromosom.

“ Sebanyak 50-70 persen karena kromosom. Bisa karena jumlahnya kurang atau lebih, yang jelas hal itu meningkatkan risiko keguguran karena janin tidak berkembang normal,” kata dr. Dyah Novita.

Ia juga mengungkap, ibu yang merokok, memiliki bobot tubuh berlebih alias obesitas, dan juga punya penyakit ginjal turut memiliki risiko yang tinggi untuk mengalami keguguran.

 

1 dari 7 halaman

Risiko Keguguran di Tiap Usia Kehamilan

Supaya ibu bisa melakukan pencegahan dan menjaga kondisi kehamilan dengan lebih baik lagi. Berikut di bawah ini adalah penjelasan soal tingkat risiko keguguran di tiap minggu usia kehamilan:

Usia 3-4 Minggu
Ini merupakan waktu implantasi, yaitu proses menempelnya sel telur pada dinding rahim setelah haid terakhir dan tes kehamilan menunjukkan hasil positif. Sebanyak 50–75 persen keguguran terjadi sebelum tes kehamilan positif. Fenomena ini kerap disebut sebagai kehamilan kimiawi (gugurnya janin tak lama setelah dibuahi).

Usia 5 Minggu
Di usia kehamilan ini, risiko keguguran bisa menjadi sekitar 21,3 persen, menurut sebuah penelitian di tahun 2013. Risiko tersebut bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kondisi ibu dan janin.

 

2 dari 7 halaman

Usia 6-7 Minggu
Risiko keguguran selama minggu ini adalah sekitar 5 persen. Di usia kehamilan ini pula, detak jantung janin bisa dideteksi lewat pemeriksaan.

Usia 8-13 Minggu
Risiko keguguran semakin rendah, yaitu turun menjadi sekitar 2-4 persen.

Usia 14-20 Minggu
Hanya ada 1 persen kemungkinan keguguran selama minggu-minggu ini. Untuk seterusnya, kehamilan akan lebih stabil dan kuat hingga hari perkiraan lahir (HPL).

Selengkapnya baca di sini.

3 dari 7 halaman

Innalillahi Aurel Hermansyah Keguguran

Dream - Kabar duka datang dari Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. Janin yang berada di dalam kandungan Aurel meninggal dunia.

Kabar itu diungkap Atta dalam akun Instagram pribadinya. Pada unggahannya, ia mengucapkan selamat jalan pada calon anaknya yang baru berusia kurang lebih 6 minggu.

" Sampai jumpa di surga anakku. Doain papa mama ya," tulis Atta Halilintar di Instagram, Selasa 18 Mei 2021.

Unggahan Atta langsung ramai dikomentari pengikutnya. Banyak di antara mereka rekan sesama artis meminta agar Atta dan Aurel sabar menghadapi kehilangan calon buah hatinya.

Aurel keguguran© Instagram Atta Halilintar

" Aduh, sabar ya @attahalilintar @aurelie.hermansyah," tulis @chandraputranegara

" Sabar ya @attahalilintar @aurelie.hermansyah," kata @audyitem

" Doain om yaa syg," tulis @thariqhalilintar

" Bro sabar dan tabah ya," ujar @ikmaltobing

" Innalillahi. Sabar ya broo," tutur @rey_mbayang.

4 dari 7 halaman

Aurel Hermansyah Hamil Anak Pertama: `GOLLLLL GOLLL GOLLL`

Dream - Atta Halilintar mengumumkan kabar bahagia istrinya Aurel Hermansyah yang tengah hamil anak pertama. Kabar bahagia itu diumumkan Atta lewat unggahan foto di laman akun instagramnya.

Dalam foto, Atta mencium istrinya sembari memegang perutnya. Mereka juga kompak menunjukan tespack dengan dua garis yang artinya hamil.

YouTuber berusia 26 tahun ini begitu bahagia dan bersyukur karena istrinya Aurel akhirnya hamil anak pertama mereka.

"  Alhamdulillah Ya Allahistriku POSITIF HAMIL! My dream come true!GOLLLLL GOLLLL GOLLLL Inyallah Anak Pertama ku,"  tulis Atta Halilintar dikutip Dream, Jumat 7 Mei 2021.

Atta Halilintar umumkan Aurel hamil© Atta Halilintar umumkan Aurel hamil

Kabar bahagia yang dibagikan Atta Halilintar tersebut langsung ramai dibanjiri ucapan doa dari warganet. Mereka ikut bahagia atas kabar tersebut.

"  Congratulations buat my idol, @attahalilintar jg isone @aurelie.hermansyah semoga nanti jadi anak yg sholeh sholehah sehat terus ya nurrrrr," tulis akun @masyasya60.

" Congrats ,alhamdulillah," tulis akun @fivinlestyan.

" Alhamdulillah...semoga semuanya dalam lindungan dan Ridho Allah SWT...Aamiin Aamiin Aamiin YRA," tulis akun @wh42sport.

5 dari 7 halaman

Terjadi di Bali, Atta Halilintar Ceritakan Malam Pertama dengan Aurel Hermansyah

Dream - Setelah pernikahan megah yang menjadi sorotan, banyak fans Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah yang penasaran dengan pengalaman pasangan muda ini menghabiskan malam pertama. Topik ini bahkan menjadi pertanyaan yang banyak dilontarkan netizen kepada Atta.

" Apa yang abang lakuin pertama kali pas kemarin di kamar malam pertama dengan kakak?" kata Atta yang membacakan pertanyaan netizen dalam chanel youtubenya.

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, youtuber nomor satu Indoensia ini sempat memprotes dengan banyaknya orang yang penasaran dengan kehidupan malam pertamanya.

" Kenapa gini terus sih pertanyaanya," kata Atta.

" Karena banyak yang penasaran apa yang kita lakuin," celetuk Aurel.

atta© Instagram

 

 

6 dari 7 halaman

Akhirnya kakak dari Thariq Halilintar ini pun membocrkan kegiatan malam pertamanya bersama Aurel. 

" Yang pertama kita lakuin adalah berdoa, pas malem pertama itu istriku datang bulan, jadi gak ada malam pertama," jawab Atta.

Aurel menjelaskan kalau satu hari sebelum akad nikah, dia memang datang bulan.

" Satu hari sebelum nikah aku kedatangan tamu, biasanya aku tuh kedatangan tamu itu di pertenganan atau akhir. Namun tiba-tiba, ada yg bilang ini ujian. aku biasanya gak pernah telat. nah ini dateng pas H-1 aku mau akad nikah," ucap Aurel.

7 dari 7 halaman

Mengetahui sang istri datang bulan, Atta sempat kecewa karena tidak bisa melakukan malam pertama dimalam pernikahannya itu.

" Yang ada dipikran aku wah buyar gatot (gagal total), ini gatot," ucap Atta.

Meski gagal, pasangan ini akhirnya bisa menikmati malam pertama saat keduanya honeymoon ke Bali.

" Malam pertama kita itu di Bali pas honeymoon. jadi honeymoon kita literally honeymoon terus," tutur Aurel.

Beri Komentar