Bacaan Doa Sakit Gigi dan Cara Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut Ala Rasulullah

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 14 April 2022 09:36
Bacaan Doa Sakit Gigi dan Cara Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut Ala Rasulullah
Kondisi mulut dan gigi yang tidak baik berpengaruh pada kualitas ibadah kita.

Dream – Apakah sahabat Dream pernah mengalami sakit gigi? Ya, kondisi seperti ini memang membuat seseorang benar-benar merasa menderita. Bahkan rasa sakit tersebut tidak hanya di sekitara gigi saja, tetapi bisa sampai menjalar ke bagian kepala. Belum lagi karena sakit gigi bisa membuat nafsu makan menurun dan istirahat pun tidak tenang.

Hal ini menandakan bahwa gigi sahabat Dream sedang mengalami suatu masalah. Misalnya saja gigi berlubang, radang, dan sebagainya. Untuk mengetahui kondisi gigi yang sebenarnya, sahabat Dream sebaiknya segera ke dokter gigi untuk mendapatkan tindakan medis yang tepat.

Namun selain itu, sahabat Dream juga bisa membaca doa sakit gigi. Sebagai seorang Muslim, kita diajarkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT dalam setiap kondisi yang dihadapi, termasuk saat sakit gigi. Tak hanya berdoa saja, bahkan Islam pun mengajarkan cara untuk menjaga kesehatan gigi.

Nah, berikut adalah penjelasan lebih lengkap tentang doa sakit gigi dan cara menjaga kesehatan gigi ala Rasulullah saw yang dirangkum oleh Dream melalui merdeka.com dan lampung.nu.or.id.

1 dari 3 halaman

Doa Sakit Gigi

Doa Sakit Gigi© Freepik.com

Sakit gigi yang dibiarkan begitu saja bisa berujung pada kondisi yang lebih serius. Oleh karena itu, selain segera pergi ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan, sahabat Dream juga bisa mengiringinya dengan doa. Caranya adalah dengan meletakkan tangan sahabat Dream di area yang dirasa sakit dan bacalah “ Bismillah” sebanyak tiga kali. Kemudian bacakan doa sakit gigi berikut ini:

أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A’uudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru.

Artinya:Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.” (HR. Muslim).

Doa Sakit Gigi yang Diajarkan Rasulullah

Selain itu, ada lagi doa sakit gigi lainnya yang diajarkan oleh Rasulullah saw. Berikut adalah bacaannya:

اللَّهُمَّ أَذْهِبْ عَنْهُ سُوءَ مَا يَجِدُ وَفُحْشَهُ بِدَعْوَةِ نَبِيِّكَ الْمُبَارَكِ الْمَكِينِ عِنْدَكَ

Allahuma adzib ‘anhu su-a ma yajidu wa fuhsyahu bi da;wati nabiyyikal mubarakil makini indaka.

Artinya: “ Ya Allah, lenyapkanlah darinya keburukan apa yang ia rasakan beserta kekejiannya dengan doa Nabi-Mu yang penuh berkah di sisi-Mu.”

 

2 dari 3 halaman

Anjuran Islam untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Islam adalah agama yang mengajarkan kebersihan dan kesehatan. Tak terkecuali adalah kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut. Seperti dikutip dari lampung.nu.or.id, kesehatan gigi dan mulut memiliki dampak pada kualitas ibadah kita. Mulut memiliki peran yang sangat penting saat kita berkomunikasi dengan orang lain. Lalu ketika kondisi mulut tidak bersih, maka hal tersebut bisa membatalkan sholat.

Oleh karena itu, pastikan jika sahabat Dream selalu rutin membersihkan gigi dan mulut. Karena sisa-sisa makanan yang menumpuk di gigi akan mendatangkan bakteri dan kemudian memunculkan aroma yang tidak sedap hingga penyakit. Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadis melalui kitab Al-Mu’jam Al-Ausath oleh Imam At-Thabrani berikut ini:

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَخَلَّلُوْا فَإِنَّهُ نَظَافَةٌ وَالنَّظَافَةُ تَدْعُوْ إِلَى الْإِيْمَانِ وَالْإِيْمَانُ مَعَ صَاحِبِهِ فِى الْجَنَّةِ  (رواه الطبراني

Artinya: Buanglah sisa-sisa makanan di gigimu, karena perbuatan itu adalah kebersihan, dan kebersihan itu akan mengajak (menggiring) kepada iman, dan iman itu akan bersama orang yang memilikinya dalam surga." (HR. At-Thabrani).

3 dari 3 halaman

Cara Rasulullah Membersihkan Gigi dan Mulut

Cara Rasulullah Membersihkan Gigi dan Mulut© Shutterstock.com

Nabi Muhammad saw telah mengajarkan kepada setiap umatnya bagaimana cara membersihkan gigi dan mulut agar tetap bersih dan sehat. Di mana beliau menggunakan siwak yang digosok-gosokkan pada gigi. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad berikut ini:

السِّوَاكَمَطْهَرَةٌلِلْفَمِّمَرْضَاةٌلِلرَّبِّ

Artinya: Siwak membuat bersih mulut dan mendatangkan ridha Allah.” (HR. Ahmad).

Dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan membuktikan bahwa siwak mampu untuk membersihkan gigi, menghilangkan sisa-sisa makanan di gigi, yang kemudian jika dilanjutkan dengan berkumur ketika wudhu, maka hal tersebut bisa membuat mulut serta tenggorokan terhindar dari radang dan menjaga gusi tetap sehat.

Manfaat tersebut tidak terlepas dari kandungan yang dimiliki oleh siwak, yakni berupa silika, alkaloid, sodium bikarbonat, chloride, fluoride, vitamin C, sulfur, kalsium, tanin, dan essential oil. Bagi sahabat Dream yang belum mengetahui dari mana sebenarnya siwak ini berasal, siwak sendiri adalah batang kayu atau pun ranting yang berasal dari kayu arak (Salvador Persica). Di mana kayu tersebut dalam semak belukar yang ada di daerah Timur Tengah serta beberapa negara di Afrika.

Meski begitu, siwak ini sudah banyak sekali yang menjualnya. Bahkan di Indonesia pun juga ada yang menjualnya. Sehingga tidak terlalu sulit untuk menemukan siwak dan juga pastinya tidak perlu repot-repot mencari pohonnya untuk menggunakan siwak.

Itulah penjelasan tentang doa sakit gigi serta cara menjaga kesehatan mulut dan gigi ala Rasulullah saw. Jika kita menjaga kebersihan dan kesehatan gigi secara baik, insya Allah kita akan terhindar dari sakit gigi tersebut.

Beri Komentar