Bahan Alami yang Banyak Terkandung Dalam Suplemen

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 5 Agustus 2020 18:14
Bahan Alami yang Banyak Terkandung Dalam Suplemen
Perhatikan bahan alami yang dapat tingkatkan daya tahan tubuh.

Dream - Kian banyak orang yang mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Masing-masing suplemen memiliki bahan utama yang paling mempengaruhi imunitas tubuh.

Sebagian besar suplemen mengandung bahan alami yang berasal dari luar negeri. Sementara sebagian lainnya mengandung bahan alami lokal.

Beberapa bahan alami yang berasal dari luar negeri dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah echinacea, black elderberry serta saffron.

 

1 dari 2 halaman

Tidak aman dikonsumsi jangka panjang

Saffron© Pexels.com

" Echinacea teruji dapat mempercepat penyembuhan selesma dan infeksi saluran pernapasan akut. Tapi, bahan alami yang berasal dari luar negeri hanya bisa dipakai 8 minggu berturut-turut," ujar Inggrid Tania, Ketua PDPOTJI dalam webinar peluncuran Fatigon Promuno, Selasa 4 Agustus 2020.

Suplemen berbahan alami yang berasal dari luar negeri diklaim tidak aman dikonsumsi jangka panjang dan tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita autoimun.

2 dari 2 halaman

Bahan alami lokal

Sebaliknya, bahan alami lokal seperti meniran, jahe merah, sambiloto, jinten hitam, bawang putih serta kunyit aman digunakan jangka panjang.

Bahan Herbal© Pexels.com

" Meniran teruji dapat mempercepat penyembuhan infeksi virus seperti cacar air. Jahe merah bersifat anti radang, meredakan infeksi virus seperti batuk dan memperlancar sistem pencernaan. Sedangkan, sambiloto dapat menurunkan demam antipiretik," ungkapnya.

Bahan alami lokal dapat dikombinasikan untuk meningkatkan manfaatnya. Tapi, kamu juga harus memerhatikan campurannya agar sistem imunitas tubuh tetap seimbang dan tidak berlebihan maupun kekurangan.

Beri Komentar