Bahaya Bandana pada Bayi yang Tak Terpikirkan Orangtua

Reporter : Sugiono
Rabu, 23 Januari 2019 14:13
Bahaya Bandana pada Bayi yang Tak Terpikirkan Orangtua
Mereka terlihat imut, lucu, dan cantik. Bandana itu akan membuat bangga para ibu saat mereka diajak jalan-jalan.

Dream - Siapa yang tak gemas melihat bayi perempuan saat mengenakan aksesori kepala seperti bandana atau sejenisnya.

Mereka terlihat imut, lucu, dan cantik. Bandana itu akan membuat bangga para ibu saat mereka diajak jalan-jalan.

Sayang, meski niatnya ingin agar terlihat cantik dan lucu, banyak ibu yang tidak menyadari bahwa bandana berbahaya bagi bayi itu sendiri.

Mungkin para ibu mengira hal ini mengada-ada, karena tidak pernah ada kejadian berbahaya pada bayi yang melibatkan bandana ini.

Namun, Taufiq Razif dari Malaysia, punya kisah agak mengerikan tentang putrinya yang baru masuk usia 6 bulan.

Dia tak menyangka bandana yang dibeli istrinya hampir mendatangkan petaka bagi Aesha Soolihah. Begini kisahnya.

1 dari 2 halaman

Bandana Menjerat Leher Putrinya

Kisah ini diceritakan sendiri oleh Taufiq melalui akun Facebook miliknya: 

Baru-baru ini istri saya membeli bandana baru untuk Aesha Soolihah yang masuk usia 6 bulan. Beli saja untuk menghias kepala Aesha.

Memang, bandana itu terlihat lucu tetapi bisa menjadi alat pembunuh jika tidak dipantau saat pemakaiannya.

Jadi saya sengaja memantau dari dekat Aesha yang sedang memakai bandana itu. Saat itu saya lihat putri saya ada di tempat tidurnya.

Tiba-tiba, mungkin karena kepanasan, dia menggapai rambutnya untuk menggaruk dan menggosoknya. Dalam hati saya berkata, " Wah, bahaya ini!" .

Dan yang saya rasakan itu ternyata benar. Ketika sedang asyik menggaruk rambutnya, Aesha menarik bandananya ke bawah.

 Bahaya bandana bagi balita

Bandana tersebut melorot dan jatuh sehingga menjerat leher Aesha! Bayangkan apa yang akan terjadi jika tak tahu tentang bahaya bandana ini.

Saya sengaja ambil foto Aesha dalam posisi dengan bandana untuk menunjukkan bahayanya jika tidak dijaga pemakaiannya.

Maka dari itu, para ibu sebaiknya tidak memakaikan bandana ini kepada balita. Karena khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di luar pengawasan kita.

(ism, Sumber: Siakapkeli.my/Facebook Taufiq Razif)

2 dari 2 halaman

Kenali Kebiasaan Bayi Menggosok Mata

Dream - Setiap tingkah bayi pasti terlihat lucu dan menyentuh. Aksi mereka benar-benar membuat gemas siapa saja yang melihat.

Karena belum bisa berkata-kata dan mengungkapkan apa yang mereka inginkan, bayi biasanya hanya memberikan isyarat dan tingkah laku untuk berkomunikasi.

Namun, aksi bayi menggosok-gosok mata bukan sebagai tanda mengantuk dan ingin tidur saja. Bayi menggosok mata bisa jadi memiliki tujuan lain yang mungkin tidak kita ketahui.

 Ingat Bunda, Antibiotik Bukan Obat Batuk Pilek Balita



Dilansir dari Momjunction via Siakapkeli.my, berikut adalah tujuan dan maksud bayi menggosok-gosok mata:

1. Ingin Tidur

Ketika melihat bayi menggosok mata dan menguap, ini menunjukkan waktu tidur telah tiba. " Tapi kenapa aku harus menggosok mata?" Itu karena, dengan menggosok mata, dapat membantu mengurangi kelelahan pada mata.

2. Mata Kering

Ketika terpapar udara dan lingkungan luar dalam waktu lama, maka lapisan air pada mata akan mengering. Ini juga terjadi pada mata bayi dan menyebabkan mereka menggosok mata. Ketika bayi menggosok mata, itu akan membantu memproduksi air untuk mengatasi kekeringan pada mata.

3. Mempelajari Reaksi Tubuh

Hal ini mungkin yang tidak pernah disadari orangtua. Menggosok mata mungkin sebagai cara si bayi untuk mengembangkan kemampuan motoriknya.

Kemampuan motorik akan membuat si bayi bisa menyentuh dan mengenali benda baru. Jadi, jika melihat bayi sering menggosok mata sebelum jam tidurnya, dia mungkin sedang mempelajari reaksi tubuhnya sendiri.

4. Ada Benda Asing di Mata

Ini adalah mimpi buruk bagi orang tua ketika anak suka menggosok matanya. Bayi menggosok matanya sebagai salah satu cara untuk menghilangkan benda asing yang bisa menyebabkan luka.

Menggosok mata karena ada benda asing ini bisa menyebabkan mata mereka menjadi bengkak dan sakit. Jangan menggosok-gosok mata bayi dengan tangan, tapi bisa menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam air agar benda asing bisa dikeluarkan.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Bayi Menggosok Mata

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan bayi menggosok mata.

1. Memakai Sarung Tangan

Salah satu cara mencegah bayi menggosok mata adalah dengan mengenakan sarung tangan. Dengan cara ini, mata mereka juga akan terlindung dari menggosok mata terlalu keras.

2. Memberi Mainan ke Anak

Alihkan perhatian bayi ketika ingin mulai menggosok mata dengan memberinya mainan yang aman. Berikan mereka mainan agar mereka tidak terlalu mengikuti 'kebiasaan' untuk menggosok mata mereka. Semoga sehat selalu ya semua. 
 
(ism, Sumber: Siakapkeli.my)

 

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen