Bahaya Mengonsumsi Cuka Apel Setiap Hari

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 25 Maret 2019 18:45
Bahaya Mengonsumsi Cuka Apel Setiap Hari
Mereka yang sedang berdiet kerap meminumnya langsung setiap hari.

Dream - Apple cider vinegar atau cuka apel selama ini dianggap sebagai asupan yang sangat sehat. Diolah dari fermentasi apel, cairan ini mengandung vitamin, mineral, emzim probiotik dan zat antibakteri yang sangat baik untuk tubuh.

Sebuah penelitian pada 2009 yang dipublikasikan Journal of Agricultural and Food Chemistry juga menemukan kandungan cuka apel bisa membantu mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Diketahui, konsumsi cuka apel bisa mengurangi kadar lemak tubuh hingga 10 persen.

Tim peneliti dari Arizona State University di tahun yang sama juga melakukan penelitian terhadap cuka apel pada penderita diabetes tipe dua. Mereka yang mengonsumsi cuka apel sebelum makan makanan kaya gula, kadar glukosanya lebih terkontrol.

Sejak saat itu, cuka apel seperti jadi asupan wajib bagi mereka yang ingin berdiet dan ingin menjaga kadar gula dalam level normal. Sayangnya banyak yang tak menyadari kalau cuka apel ini juga bisa memicu masalah kesehatan.

Mengonsumsi cuka apel secara rutin bisa membuat kerusakan serius pada esofagus dan enamel gigi. Alasannya, kadar asam pada cuka apel saat tinggi. Mengonsumsinya secara langsung memang tak direkomendasikan.

" Lebih baik gunakan sebagai saus salada, campur dengan minuman lain, tapi tidak dengan menengguknya langsung. Cuka apel ini juga berbahaya bagi penderita asam lambung, hindari mengonsumsinya," kata Jaclyn London, MS, RD, seorang ahli nutrisi seperti dikutip dari HouseBeautiful.

Beri Komentar