Bahaya Minum Kopi yang Selalu Mengintai Kalian

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Rabu, 24 Juli 2019 14:12
Bahaya Minum Kopi yang Selalu Mengintai Kalian
Hai coffee lovers! Tahukah kalian bahwa minum kopi terlalu sering dapat membahayakan tubuh? Yuk simak informasinya berikut ini.

Dream – Salah satu kebiasaan yang sulit ditinggalkan adalah minum kopi tiap pagi. Kebiasaan itu umumnya dilakukan para pekerja, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Sebagian besar orang beranggapan bahwa dengan minum kopi setiap pagi akan terhindar dari rasa kantuk. Minum kopi pada pagi hari bisa membuat tubuh kalian menjadi hangat.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kopi memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Namun, bukan berarti kalian bisa meminum kopi setiap saat dan setiap hari.

Mengonsumsi kopi terlalu sering bisa menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan. Minum kopi terlalu sering juga bisa menyebabkan masalah kesuburan.

Yuk simak informasi mengenai bahaya minum kopi berikut ini:

1 dari 6 halaman

Bahaya Minum Kopi: Terkena Diabetes

Salah satu studi oleh American Diabetes Association membuktikan bahwa kafein mampu merusak metabolisme glukosa pada para penderita diabetes tipe 2. Untuk itu, bagi kalian yang sudah terkena penyakit diabetes tipe 2, hindari mengonsumsi kafein jika tidak ingin memiliki kadar gula yang tinggi.

2 dari 6 halaman

Bahaya Minum Kopi: Penyakit Jantung

Bahaya minum kopi berikutnya adalah dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi secangkir kopi atau bahkan lebih dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Risiko ini akan semakin meningkat pada seseorang yang memiliki mutase genentik tertentu. Mutase genetik ini merupakan mutase gen yang membuat proses pemecahan kafein dalam tubuh menjadi lebih lambat.

3 dari 6 halaman

Bahaya Minum Kopi: Masalah Pencernaan

Sebagian besar orang beranggapan bahwa kopi merupakan suatu stimulan yang bisa membuat metabolisme meningkat sehingga bisa menurunkan berat badan. Anggapan seperti ini membuat seseorang yang sedang berdiet menjadi mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Dengan mengonsumsi kopi secara berlebihan, akan membahayakan tubuh. Dengan kasus ini, mengonsumsi kopi terlalu sering menyebabkan munculnya peningkatan asam lambung, diare, munculnya sindrom iritasi pada usus serta tubuh akan mengalami dehidrasi.

4 dari 6 halaman

Bahaya Minum Kopi: Menyebabkan Inkontinensia

Bahaya minum kopi berikutnya adalah menyebabkan inkontinensia, kondisi ingin buang air kecil secara terus-menerus atau bisa dibalang tidak bisa mengkontrol buang air kecil.

Dalam penelitian yang dilakukan Universitas Alabama menyatakan bahwa mengkonsumsi kafein sebesar 70% bahkan lebih akan meningkatkan inkontinensia terutama bagi wanita. Untuk itu sebaiknya batasi konsumsi kopi ataupun kafein kalian setiap harinya.

5 dari 6 halaman

Bahaya Minum Kopi: Gangguan Kesuburan

Penelitian The University of Nevada School of Medicine membuktikan bahwa kafein mampu mengganggu kesuburan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya penurunan peluang hamil pada seorang wanita sebanyak 27%.

Mengganggu Kesehatan Janin

Sebenarnya, mengonsumsi kopi pada saat hamil masih diperbolehkan tetapi harus dengan jumlah yang sedikit. Berbeda cerita lagi, jika para ibu hamil mengonsumsi kopi dengan jumlah yang berlebihan.

Kopi yang berlebihan masuk ke dalam tubuh mampu untuk menghambat laju perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Bahkan dengan minum kopi secara berlebihan bisa menyebabkan wanita hamil mengalami keguguran.

6 dari 6 halaman

Bahaya Minum Kopi: Menyebabkan Osteoporosis

Bahaya minum kopi laninnya adalah bisa menyebabkan munculnya osteoporosis. Tahukah kalian? Kopi mampu mengikis kalsium yang ada di dalam tubuh terutama tulang yang nantinya akan dikeluarkan melalui urine.

Dengan adanya pengikisan kalsium tersebut, kopi juga mampu menyebabkan osteoporosisi dan bahkan mampu membuat tulang menjadi lemah. Apabila kalian telah menderita osteoporosis, sebaiknya konsumsilah kopi maksimal 300 mg setiap harinya. Namun, dengan mengkonsumsi kopi, kalian juga harus mengkonsumsi kalsium untuk dapat menyeimbangkannya.

Sumber: alodokterdoktersehat

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal