Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

6 Bahaya Narkoba: dari Kerusakan Otak Sampai Kematian

6 Bahaya Narkoba: dari Kerusakan Otak Sampai Kematian Pixabay.com

Dream –  Beberapa saat lalu, publik digegerkan dengan penangkapan pelawak Nunung Srimulat atas kepemilikan barang haram, sabu. Tak berselang lama, pemain film Jefri Nichol juga diringkus karena kedapatan memiliki ganja. 

Kasus yang sama, berulang-ulang. Sebenarnya, polisi sudah berkali-kali meringkus para pelaku penyalahgunaan narkoba. Baik itu orang biasa maupun para artis ternama Tanah Air.

Namun, sampai saat ini beberapa pengguna masih belum kapok meski marak penangkapan. Penyalahgunaan narkoba bahkan semakin kian muncul ke permukan. Mereka menggunakan barang haram dengan dalih dan macam alasan. 

Indonesia telah beberapa kali menggelar kampanye anti-narkoba. Bahaya penggunaan narkoba sudah sering kali disosialisasikan.

Sosialisasi bahaya narkoba sejak di setiap sekolah di Indonesia sampai tingkat mahasiswa. Tidak berhenti di situ, sebagian besar media juga telah memberikan penanyangan mengenai bahaya narkoba.

Sebagian besar alasan mereka mencicipi obat-obatan terlarang ini karena adanya tekanan yang besar dan mereka menginginkan kesenangan walaupun itu hanya sesaat.

Namun, tahukah kalian? Narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh terutama bagi kalian generasi muda. Berikut informasi mengenai bahaya narkoba bagi generasi muda:

 

Bahaya Narkoba: Kerusakan pada Otak

Tahukah kalian? Menggunakan narkoba bisa menyebabkan kerusakan pada sel otak. Narkoba merupakan salah satu jenis stimulant yang memaksa otak lebih cepat bekerja, namun juga menekan saraf pusat agar diri menjadi lebih tenang.

Bahaya Narkoba bagi Generasi Muda


Kondisi itu tidak lazim untuk dilakukan oleh sel otak dengan terlalu memaksanya. Dengan menggunakan narkoba secar terus menerus, akan memicu timbulnya suatu perubahan pada sel otak serta saraf.

Perubahan ini tentu saja bukanlah perubahan yang baik melainkan perubahan yang buruk yaitu adanya kerusakan pasa otak. Kerusakan ini juga akan memiliki sifat yang permanen dimana tidak bisa disembuhkan secara total.

Bahaya Narkoba: Menimbulkan Penyakit

Salah satu alsan mengapa mereka menggunakan narkoba adalah karena narkoba akan memberikan efek langsung setelah menggunakannya.

Efek yang begitu cepat dirasakan tersebut tentu saja efek yang diinginkan oleh para pengguna.

Di sisi lain, mereka juga tidak memikirkan efek tersebut hanya dapat menimbulkan kebahagiaan seat atau malah balik menjadi efek ynegatif bagi tubuh.

Bahaya Narkoba bagi Generasi Muda


Efek negative ini tentu saja bisa langsung dirasakan oleh para pengguna namun efek ini juga bisa dirasakan setelah beberapa lama mereka menggunakan obat ini.

Pada umumnya, para pengguna akan merasakan gangguan kesehatan tubuh sepeti adanya gangguan paru-paru, gangguan irama jantung, hingga hipertensi. Tidak hanya itu saja, bahkan para pengguna juga bisa menderita gangguan mental.

Bahaya Narkoba: Merusak Kehidupan

Salah satu efek negatif dari narkoba adalah mampu membuat penggunanya tidak bisa untuk mengontrol emosi.

Dengan kondisi ini membuat mereka memiliki banyak sekali masalah dan menjadikan dirinya tertarik keluar dari kehidupan sosialnya.

Bahaya Narkoba bagi Generasi Muda


Para pengguna narkoba akan menjadi lebih sulit berhubungan dengan orang luar dan sekitarnya. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu sendiri.

Jika ketahuan dan tertangkap oleh pihak polisi, tentu tidak mungkin mereka tidak mendapatkan sindiran dan perlakuan yang tidak menyenangkan dari orang lain, seperti menjauhinya.

Bahaya Narkoba: Kecanduan

Salah satu bahaya narkoba yang paling berbahaya adalah dapat membuat para penggunanya menjadi kecanduan mengonsums secara terus-menerus.

Bukan hal tabu lagi, dengan mencicipi obat-obatan terlarang ini, membuat mereka memiliki keinginan mengunakannya secara berkala.

Bahkan seiring berjalannya waktu mereka akan memiliki keinginan untuk menaikan dosis obat terlarang tersebut.

Bahaya Narkoba bagi Generasi Muda


Jika sudah kecanduan dengan narkoba, mereka akan melakukan segala macam cara hanya untuk bisa memiliki obat terlarang itu setiap saat.

Bahkan dalam beberapa kasus, mereka menjadi tidak segan melakukan tindakan kekerasan demi memuluskan niatnya. Untuk mengatasinya, satu-satunya jalan adalah rehabilitas dengan pengawasan para ahli yang ketat.

Bahaya Narkoba: Dehidrasi

Bahaya narkoba berikutnya adalah dapat menimbulkan dehidrasi yang parah bagi para penggunanya terutama pengguna ekstasi.

Mengapa demikian? Dengan menggunakan narkoba bisa membuat tubuh mengalami defisit cairan yang dimana juga diikuti dengan adanya ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Bahaya Narkoba bagi Generasi Muda


Dehidrasi yang dialaminya ini tidak bisa dianggap sepele sebab dehidrasi ini bisa menyebabkan munculnya sejumlah penyakit.

Kasus pada umumnya, para pengguna yang telah mengalami dehidrasi yang parah akan membuat diri mereka menjadi terkena serangan panik mendadak, hilangnya konsentrasi hingga mengalami kejang-kejang.

Bahaya Narkoba: Kematian

Sebenarnya semua jenis narkoba akan membuat para pengguna memiliki resiko kematian yang lebih besar. Namun, terdapat beberapa obat-obatan terlarang yang membuat resiko kematian jauh lebih besar seperti kokain, sabu, opium serta metamfetamin.

Bahaya Narkoba bagi Generasi Muda


Kondisi ini tentu saja membuat siapa saja untuk tidak mengabaikan bahaya narkoba terutama bagi generasi muda.

Dengan tidak menyepelekan, kalian bisa membuat generasi penerus bangsa memiliki masa depan yang cemerlang dan bisa membuat Indonesia menjadi lebih maju.

Untuk itu, mari kita bersama-sama untuk memberantas narkoba dan memberikan pembelajaran mengenai bahaya narkoba sejak dini kepada orang di sekitar kalian. (ism, Sumber: doktersehat dan alodokter)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Bisa Picu Masalah Kornea

Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Bisa Picu Masalah Kornea

Mengucek mata bisa disebabkan beberapa hal. Ketahui penyebabnya agar bisa terhindar dari kebiasaan yang justru memperburuk kesehatan mata.

Baca Selengkapnya
7 Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Setelah Liburan di Alam Terbuka

7 Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Setelah Liburan di Alam Terbuka

Berjalan-jalan di alam terbuka memiliki tantangan tersendiri. Kamu pun bisa terpapar risiko penyakit tertentu.

Baca Selengkapnya
Bukan Karena Puasa, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Mulut Kering

Bukan Karena Puasa, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Mulut Kering

Mulut kering yang biasa dirasakan saat berpuasa ternyata bisa disebabkan hal lain. Cara mengatasinya pun berbeda-beda.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
9 Cara Ampuh Atasi Gangguan Kecemasan

9 Cara Ampuh Atasi Gangguan Kecemasan

Beberapa orang mungkin mengalami gangguan kecemasan yang bisa semakin parah. Yuk, simak cara mengatasinya!

Baca Selengkapnya