Cara Bijak Bantu Buah Hati Tenang Hadapi Pekan Ulangan

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 8 Desember 2016 11:15
Cara Bijak Bantu Buah Hati Tenang Hadapi Pekan Ulangan
Buat suasana rumah untuk sementara 'bebas' dari gangguan yang bisa memecah konsentrasinya.

Dream - Pekan Ujian Akhir Sekolah (AS) tak hanya membuat anak tegang. Banyak juga orang tua ikut merasakan was-wasa.

Biasanya pihak sekolah akan memberi tahu jauh-jauh hari. Sebagai orangtua, sebaiknya juga membantu si kecil belajar di rumah. Namun, bukannya membantu, orangtua terkadang membuat anak semakin tertekan.

Mulailah mengubah hal itu dengan membuat suasana rumah untuk sementara bebas dari gangguan yang bisa memecah konsentrasinya saat belajar.

Joanne Orlando, seorang pakar pendidikan memberik trik agar anak memiliki kebiasaan belajar yang baik dan siap menghadapi tes. Ingin tahu apa saja?

1. Gunakan kalender/ agenda
Tuliskan jadwal ulangan atau tugas tertentu yang harus diselesaikan buah hati. Termasuk menandai kapan ulangan dilakukan dan tugas harus dikumpulkan. Periksa selalu jadwal tersebut, dan selalu ingatkan si kecil. Meringkas materi pelajaran dalam bentuk bagan atau grafik, juga bisa dilakukan untuk memudahkan mengingat.

2. Tentukan area studi
Belajar di depan televisi bukan cara terbaik untuk fokus pada pelajaran. Untuk itu, tentukan di area mana anak bisa belajar. Bisa di kamarnya atau sudut rumah yang tak banyak mendaat gangguan. Pastikan lampu menyala terang dan tidak panas, agar anak merasa nyaman.

3. Matikan ponsel, televisi dan gadget lainnya
Fokus anak akan sangat terganggu oleh gadget, terutama ponsel yang terhubung dengan media sosial. Untuk itu pastika ruang belajar anak bebas dari gadget. Mintalah anak fokus selama satu hingga dua jam. Baik untuk mengerjakan tugas atau membaca materi ulangan.

Selamat mencoba Ayah Bunda...


(Sah/Sumber: Kidspot)

 

Beri Komentar