Benarkah Kehamilan Bisa Diketahui Menggunakan Garam?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 23 September 2020 12:41
Benarkah Kehamilan Bisa Diketahui Menggunakan Garam?
Ketahui faktanya.

Dream - Sejak 1976, tes kehamilan bisa dilakukan menggunakan testpack. Sehingga, kita bisa mengetahui dan menjaga kehamilan dengan baik.

Namun, bagaimana dengan sebelumnya? Dilansir dari Sehatq.com, tes kehamilan sebelum penemuan testpack dilakukan menggunakan garam meja, mangkuk serta tetesan urine.

Jika ingin mencobanya, lakukanlah di pagi hari dimana kadar hormon kehamilan lebih tinggi pada urine. Hormon tersebut diproduksi dan terus meningkat selama tiga bulan pertama.

Kamu membutuhkan dua wadah bening untuk menampung urine serta mencampurnya dengan beberapa sendok garam meja. Lalu, tampun urine dalam wadah.

Siapkan garam pada wadah lainnya dan tuangkan urine ke dalamnya. Jika selama beberapa menit atau lebih dari delapan jam tidak terdapat perbedaan, berarti hasilnya negatif.

Namun jika tekstur campurannya berubah menjadi seperti susu atau mengental, berarti hasilnya positif. Hal ini diklaim akibat reaksi garam yang bercampur dengan hormon hCG.

Tapi, sebaiknya kamu tetap mengecek kehamilan dengan testpack dan berkonsultasi dengan dokter kandungan karena pemakaian garam belum terbukti akurat.

Bahkan, hasil positif maupun negatifnya pun belum terbukti akurat. Sehingga, kamu hanya bisa mengira-ngira sebelum berkonsultasi pada dokter.

(Sumber: Sehatq.com)

1 dari 5 halaman

4 Tips Cepat Hamil dengan Berhubungan Seksual Setelah Haid

Dream - Berbagai upaya dapat dilakukan untuk mendapatkan buah hati. Ada orang yang melakukan bayi tabung dan berbagai metode lainnya.

Sebelum mencoba cara tersebut, mungkin kamu harus mencoba berhubungan seksual setelah haid. Terutama, jika siklus menstruasimu teratur dan masa subur bisa diperkirakan dengan baik.

Jika siklus haidnya 28 hari, biasanya masa subur ada di hari ke-9 sampai 14. Dilansir dari Sehatq.com, berikut tips cepat hamil setelah haid.

2 dari 5 halaman

Konsultasi dengan Dokter Kandungan

Berkonsultasi dengan Dokter Kandungan© Shutterstock.com

Pertama-tama, konsultasilah dengan dokter kandungan untuk memahami kondisi tubuhmu. Bila perlu, berkonsultasilah bersama suami agar bisa mengetahui kondisi tubuh masing-masing.

Dokter kandungan dapat memberi tahu masa subur serta upaya yang bisa dilakukan agar lebih efektif untuk mencapai kehamilan.

3 dari 5 halaman

Ketahui Siklus Menstruasi dan Masa Subur

Siklus Haid© Shutterstock.com

Ini merupakan hal yang bisa dilakukan pertama kali ketika ingin berhubungan seksual setelah haid.

Kamu bisa mencatat jadwal menstruasi melalui aplikasi. Di aplikasi tersebut, kamu juga bisa mencari tahu perkiraan masa suburmu.

4 dari 5 halaman

Pilih Waktu Tepat untuk Berhubungan Seksual

Berhubungan Seksual© Shutterstock.com

Ketahuilah waktu yang tepat agar hubungan seksual lebih efektif. Kamu juga bisa melakukan hubungan seksual setiap hari selama masa subur.

Namun, hindari pemakaian pelumas yang dapat menghambat sel sperma masuk ke dalam rahim.

5 dari 5 halaman

Perhatikan Posisi saat Berhubungan Seksual

Berhubungan Seksual© Shutterstock.com

Sebenarnya, kamu tidak perlu memerhatikan hal ini agar hubungan seksual lebih efektif.

Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa posisi berhubungan seksual dapat meningkatkan kesuburan. Jadi, kamu bisa lebih leluasa mencoba berbagai posisi.

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar