Benci Suara Mengunyah? Bisa Jadi Misophonia

Reporter :
Jumat, 13 September 2019 19:48
Benci Suara Mengunyah? Bisa Jadi Misophonia
Ada kondisi abnormal di otak. Cari tahu detailnya.

Dream - Suara mengunyah saat menikmati makanan akan terdengar jelas. Sebagian besar orang akan menikmatinya, tapi juga yang tidak. Bahkan cenderung sangat tidak nyaman dan membuatnya ingin buru-buru menyudahi makanannya.

Kondisi tersebut ternyata misophonia, yaitu kondisi abnormal otak di mana otak akan selalu bereaksi terhadap suara-suara tertentu. Jika merasa terganggu ketika mendengar suara mengunyah, kapur yang digesekkan pada papan tulis, atau suara retakkan buku-buku jari, bisa jadi mengalami misophonia.

Misophonia dapat menyebabkan stres karena terjadi reaksi flight or fight dalam tubuh. Perlu diingat, setiap orang bereaksi terhadap suara yang berbeda-beda. Tidak melulu suara mengunyah.

1 dari 8 halaman

Reaksi Otak

Studi terbaru yang dipublikasikan di Jurnal Current Biology menjelaskan lebih lanjut mengenai hal ini. Tim riset mengevaluasi pemindaian otak dari 42 sukarelawan. Sebanyak 22 orang memiliki misophonia dan 20 lainnya tidak. Analisis dilakukan untuk lebih memahami bagaimana otak memproses emosi dari suara-suara tertentu.

 5 Jenis Makanan yang Bikin Susah Berhenti Mengunyah

Hasilnya, tim riset mencatat, bagian otak Anterior Insular Cortex (AIC) pada penderita misophonia yang menentukan emosi terhadap hal yang sedang menjadi pusat perhatian, sangat aktif.

2 dari 8 halaman

Jantung bekerja lebih cepat

Dari hasil penelitian, dijelaskan bukti bahwa bagi yang terjangkit misophonia, harus mengalami penyesuaian di kehidupan sehari-hari. Misophonia, juga dapat membuat detak jantung menjadi cepat dan berkeringat.

 Keringat Berlebih Pada Balita Bisa Jadi Tanda Penyakit

Sayangnya, hingga sekarang belum ada pengobatan medis yang efektif. Bagi penderitanya dan bila ingin terhindar dari suara yang menggelisahkan, disarankan untuk mengenakan earplugs di kedua telinga.

Laporan: Keisha Ritzska Salsabila/ Sumber: Times of India

3 dari 8 halaman

Mendengkur Sepanjang Malam, Bisa jadi karena Makanan

Dream - Bagi mereka yang mendengkur, seringkali tak menyadarinya. Biasanya baru tahu dari pasangan atau mungkin saudara yang pernah tidur bersama. Kebiasaan mendengkur ini sebenarnya salah satu tanda adanya masalah pernapasan atau kualitas tidur yang buruk.

Mendengkur sendiri disebabkan oleh aliran udara yang menggetarkan jaringan dan otot longgar di tenggorokan. Terjadinya mendengkur tergantung pada berbagai tahapan siklus tidur yang bervariasi dari satu individu ke individu lain.

 Catat Posisi Tidur Ini Picu Mendengkur

Selama proses mendengkur, jaringan dan otot di tenggorokan sangat longgar sehingga saluran hidung kita menyempit. Saat itulah kita mulai menghasilkan suara yang mengganggu orang-orang di sekitar kita.

Percaya atau tidak, makanan yang kita makan bisa jadi penyebab mendengkur. Seperti yang diketahui, makanan bisa berdampak pada kesehatan fisik dan mental.

Tapi tahukah Sahabat Dream bahwa makanan juga bisa menyebabkan gangguan tidur berupa mendengkur? Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan ini jelang tidur.

4 dari 8 halaman

Gandum

Jika ingin sehat dan tidak mendengkur saat tidur, sebaiknya tidak sering mengonsumsi tepung gandum olahan serta turunannya. Tepung gandum olahan harus dijauhi karena tidak bagus bagi kesehatan.

 Tepung gandum

Tepung gandum olahan bisa menyebabkan peradangan. Selain itu tepung jenis ini akan menaikkan jumlah molekul yang menyebabkan produksi lendir. Produksi lendir yanng yang meningkat akan menghalangi saluran hidung hingga menyebabkan mendengkur.

5 dari 8 halaman

Gula

Minum atau makan yang manis di malam hari bisa menjadi penyebab mendengkur. Gula olahan dapat memperburuk jaringan tenggorokan, meningkatkan produksi dahak alami dan membatasi saluran hidung. Semua ini bisa menyebabkan mendengkur.

 Batasi Konsumsi Gula Jika Ingin Awet Muda

Selain itu, gula olahan bisa meningkatkan produksi sitokin yang bisa mengakibatkan peradangan tenggorokan. Oleh karena itu, tidak mengonsumsi gula olahan adalah jalan terbaik untuk menghindari mendengkur.

6 dari 8 halaman

Daging Tinggi Lemak

Daging yang mengandung protein dan lemak dalam jumlah tinggi bisa menyebabkan peradangan.

 Daging Halal-2

Daging seperti itu akan meningkatkan kadar lemak jenuh, yang bisa menyebabkan mendengkur. Memilih daging rendah maupun tanpa lemak adalah cara mengurangi dengkuran dan menjaga tubuh tetap sehat.

7 dari 8 halaman

Susu

Kita selalu diajarkan untuk minum susu sebelum tidur. Tetapi tahukah kamu bahwa produk susu justru memperparah dengkuran.

 Kebanyakan Minum Susu Bisa Bahayakan Kesehatan?

Ini karena minum susu sebelum tidur dapat meningkatkan produksi lendir dalam tubuh, yang membuat kamu mudah mendengkur.

 

8 dari 8 halaman

Alkohol

Selama ini ada anggapan bahwa minum alkohol akan menenangkan saraf dan meningkatkan kualitas tidur. Padahal, pendapat tersebut hanyalah mitos. Minum alkohol justru menyebabkan kehilangan otot yang meningkatkan potensi mendengkur.

Sumber: Times of India

Beri Komentar
Detik-Detik Jokowi Umumkan Kabinet Indonesia Maju