Benda di Rumah yang Harus Rutin Dibersihkan Setiap Hari Saat #Stayathome

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 6 April 2020 07:36
Benda di Rumah yang Harus Rutin Dibersihkan Setiap Hari Saat #Stayathome
Catat poin-poinnya.

Dream - Masa karantina untuk mencegah penularan virus corona semakin membuat frustrasi banyak orang. Meski menyadari tindakan ini perlu dilakukan untuk menekan penularan corona, terkada tidak semua orang bisa tinggal di dalam rumah dalam jangka waktu yang lama.

Alih-alih menjadi stres akibat hal-hal tidak bisa dikendalikan, apalagi sampai nekat keluar rumah, sebaik kamu memfokuskan perhatian pada hal-hal bermanfaat yang bisa dilakukan di rumah. 

Aktivitas rutin seperti menjaga kebersihan rumah, mulai dari membersihkan meja dapur hingga menyikat kamar mandi bisa menjadi lebih menyenangkan saat dilakukan bersama anggota keluarga atau pasangan kamu.

 ilustrasi cuci baju© Shutterstock

Dilansir dari Miss Kyra, ada beberapa benda yang harus rutin dibersihkan setiap harinya, berikut daftarnya:

1 dari 4 halaman

1. Botol air

Botol air digunakan untuk minum setiap hari, jika dibiarkan tidak bersih, jumlah bakteri yang ada di dalamnya bisa mencapai dua juta per mililiter dalam sehari saja.

Jadi, pastikan untuk mencuci botol air, sebelum mengisinya kembali dengan air minum.

 ilustrasi bersihkan botol© Shutterstock

2. Keyboard

Laptop dan komputer digunakan setiap hari pada waktu yang lama untuk keperluan Work From Home (WFH). Sehingga keyboard tersentuh tangan bisa membuat bakteri berkembang biak di atasnya.

Tidak membersihkan keyboard setiap hari sebenarnya dapat menyebabkan infeksi serius. Pastikan untuk membersihkan dan mengeluarkan kotoran yang terdapat di keyboard setiap hari.

2 dari 4 halaman

3. Tempat tidur

Mencuci sprai dan sarung bantal saja tidaklah cukup. Diperlukan untuk membersihkan tempat tidur setiap hari untuk kesehatan baik secara fisik ataupun mental.

Sarung bantal sendiri memiliki sekitar tiga juta bakteri per inci persegi, selama seminggu.

Jangan lupakan remah-remah makanan yang jatuh di sprai setiap kali kita ngemil dan makan di atas kasur. Oleh karena itu, penting untuk mencuci sprai sekali dalam seminggu.

 Ilustrasi bersihkan kasur© Shutterstock

4. Cincin

Cincin kawin atau jenis cincin apa pun yang dikenakan sehari-hari perlu dibersihkan karena jadi tempat berkembang biak bagi bakteri.

Masukkan cincin ke dalam campuran air panas dan sabun cuci piring anti-bakteri atau pembersih perhiasan yang akan membantu mengurangi bakteri pada cincin.

(Sah, Laporan: Raissa Anjanique)

3 dari 4 halaman

Bersih-bersih Rumah Efektif, Perhatikan 3 Hal Ini

Dream - Libur akhir pekan bisa jadi saat yang tepat untuk beres-beres dan membersihkan rumah. Kondisi rumah yang sangat berantakan, penuh dengan barang tak berguna serta berdebu jika tak segera dibersihkan bisa jadi sumber penyakit.

Nah, aktivitas bersih-bersih memang sangat penting dilakukan. Pastikan, Sahabat Dream melakukannya dengan benar. Jangan sampai, maksud ingin membuat tiap sudut rumah menjadi bersih yang terjadi malah tambah kotor.

Ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat bersih-bersih. Daripada tak efektif, ketahui 3 hal berikut.

Bersihkan alat pembersih

Pastikan alat-alat yang digunakan dalam kondisi bersih. Untuk itu, setelah digunakan segera dibersihkan. Misalnya lap microfiber, segera cuci dan keringkan.

Begitu juga sapu yang biasanya banyak menyangkut kotoran seperti rambut dan serat kain.

Dengan alat yang bersih, barang yang dibersihkan pun jadi lebih mengkilap dan bersih tentunya. Bayangkan jika alatnya kotor, kondisinya hanya memindahkan dan menumpuk kotoran semata.

4 dari 4 halaman

Gunakan alat/ formula yang tepat

Beberapa alat diciptakan untuk membersihkan permukaan atau area tertentu, begitu juga produk formula pembersih. Pastikan memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya saat membersihkan kaca, gunakan cairan khusus pembersih kaca.

Lalu saat membersihkan furnitur kayu, gunakan lap microfiber dan cairan pengilap kayu. Hal detail ini kerap kali tak terpikirkan, dan membuat barang di rumah malah terlihat kusam setelah dibersihkan.

Bersihkan dari Atas ke Bawah

Selalu bersihkan segala sesuatu dari bagian atas ke bawah agar lebih efektif. Hindari membersihkan lantai terlebih dahulu. Lebih baik bersihkan jendela, kabinet atau meja.

Debu dan kotoran tentunya akan turun, baru kemudian sapu lantai lalu pel. Hal ini juga berlaku saat membersihkan kaca, mulailah dari bagian atas. Pasti akan jauh lebih cepat.

Sumber: Real Simple

Beri Komentar
Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting