Catat, 3 Tempat Berisiko Tinggi Jadi Pusat Penyebaran Covid-19

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Minggu, 18 Oktober 2020 18:11
Catat, 3 Tempat Berisiko Tinggi Jadi Pusat Penyebaran Covid-19
Ini tempat-tempatnya.

Dream - Sejumlah negara akan mulai melonggarkan karantina. Begitu juga dengan Indonesia yang berwacana untuk melonggarkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Meski demikian, ancaman Covid-19 masih tetap ada, sehingga kita masih tetap harus waspada, terutama di tempat-tempat umum.

Beberapa negara memang telah berhasil melandaikan kurva kasus positif Covid-19, tapi kenyataannya adalah bukan berarti pandemi telah berakhir.

Oleh karena itu, penting untuk tetap waspada, terutama di tempat-tempat tertentu yang masih berisiko tinggi menjadi penyebaran virus corona.

Mana saja saja tempat tersebut? Sahabat Dream wajib waspada dan sebisa mungkin menghindari tempat-tempat ini.

 

 

1 dari 4 halaman

1. Tempat Ramai

ilustrasi© Shutterstock

Banyaknya jumlah orang dengan posisi berdekatan tidak jaga jarak, dengan ventilasi aliran udara di ruang tertutup yang tak begitu baik, membuat tempat ramai memiliki kemungkinan tinggi untuk menjadi pusat penyebaran virus corona.

 

2 dari 4 halaman

2. Tempat sempit

Tempat sempit atau berada di dalam ruangan dengan sekumpulan orang tentu meningkatkan risiko penyebaran virus corona.

Ilustrasi Tempat Sempit© Merdeka.com

Terutama ketika orang sedang ramai berbincang dalam jarak dekat. Jika terpaksa berada dalam tempat ini pastikan menggunakan masker tiga lapis atau bila perlu pakai masker medis.

3 dari 4 halaman

3. Tempat Tertutup

Ilustrasi Tempat Tertutup© World of Buzz

Tempat tertutup juga merupakan tempat yang berisiko tinggi menjadi pusat penyebaran virus corona.

Terlebih jika area tersebut memiliki banyak area yang digunakan bersama. Pastikan selalu mencuci tangan setiap kali habis menggunakan fasilitas publik.

4 dari 4 halaman

Tingkat risiko akan semakin lebih tinggi apabila, suatu tempat memiliki kombinasi dari tiga kondisi tersebut. Risiko semakin besar jika kita bandel atau nekat tidak pakai masker.

Bila tidak memiliki kepentingan untuk berada di tempat dengan salah satu dari kondisi tersebut, baiknya hindari. Utamakan beraktivitas secara daring atau di rumah saja.

      View this post on Instagram

A post shared by KPCPEN #PakaiMasker (@lawancovid19_id) on

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar