Berlari Seminggu Sekali Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Serius

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 25 November 2019 17:03
Berlari Seminggu Sekali Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Serius
Pelari rata-rata hidup tiga tahun lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

Dream - Sedang merasa stres dan psikologis tidak stabil? Cobalah untuk lari dengan rutin. Menurut sebuah penelitian, lari sekali seminggu ternyata dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit serius secara signifikan.

" Olahraga telah terbukti mengurangi banyak faktor yang menyebabkan penyakit jantung sehingga mengurangi diabetes serta hipertensi," ungkap Michael Chan, ahli jantung di Rumah Sakit St. Joseph di Orange, California.

Setelah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, kini peneliti ingin mencari tahu intensitas yang diperlukan untuk memperoleh manfaatnya.

" Untuk meneliti hal tersebut, kami mencari literatur ilmiah untuk penelitian tentang topik ini dan secara resmi menggabungkan hasilnya," kata ketua penelitian Zeljko Pedisic, PhD, profesor di Universitas Victoria, Australia, dilansir dari Miss Kyra.

Kemudian para peneliti meninjau penelitian yang dipublikasikan dan tesis doktoral untuk mengungkap jawabannya.

“ Hasil penelitian individu tentang berlari dan risiko kematian tidak konsisten. Sementara, sebagian besar menemukan efek menguntungkan dari berlari. Dan beberapa tidak menemukan hubungan yang signifikan secara statistik. Bahkan di antara mereka yang menemukan hal positif, ukuran efeknya sangat bervariasi, ” kata Pedisic.

1 dari 4 halaman

Risiko Penyakit

Setelah melihat banyak data, peneliti menemukan 14 penelitian yang mempelajari hubungan antara berlari dan risiko kematian akibat penyakit seperti kanker maupun kardiovaskular.

Data tersebut mengarahkan para peneliti untuk menyimpulkan intensitas berlari, tidak peduli seberapa besar atau kecil dapat mengurangi risiko kematian dari berbagai penyebab sebesar 27 persen.

 Tips Menjaga Energi Saat BerlariTips Menjaga Energi Saat Berlari © © MEN

" Sangat menarik bahwa kami menemukan manfaat seperti itu bahkan untuk intensitas yang relatif kecil, seperti 1 hari atau 50 menit seminggu. Selain itu, kami tidak menemukan bukti bahwa manfaatnya meningkat secara signifikan atau menurun dengan intensitas yang lebih tinggi," tambahnya.

Sebuah penelitian pada 2014 yang meneliti tentang hubungan antara berlari dan umur panjang, menemukan bahwa pelari rata-rata hidup tiga tahun lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

" Kebalikan dari olahraga adalah kurangnya aktivitas. Semakin banyak bergerak dan semakin aktif, akan semakin kecil risiko seseorang mengidap penyakit," tutur Chan.

Hasil penelitian ini awalnya diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine. (mut)

2 dari 4 halaman

Cara Enak Menurunkan Berat Badan

Dream - Gula menjadi penyebab utama berbagai masalah kesehatan dalam diet kita, termasuk kegemukan. Karena itu, jika ingin menurunkan berat badan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi asupan gula.

Ini berarti juga mengatakan tidak pada cokelat, permen, dan makanan penutup lainnya. Sayangnya, mengurangi asupan gula ini susah. Terutama bagi yang suka makanan manis.

Lalu, apa ada cara menjaga berat badan tanpa harus meninggalkan kegemaran terhadap makanan manis ini?

Jawabannya ada. Mereka yang gemar makan makanan manis masih tetap bisa menjaga berat badannya dengan melakukan diet Eggs and Desserts.

3 dari 4 halaman

Apa Itu Diet Eggs and Desserts?

Sebenarnya ada diet yang dapat membantu Sahabat Dream tetap fokus pada tujuan untuk menjaga berat badan tanpa perlu menjauh dari desserts yang biasanya memiliki rasa manis.

Ide di balik program diet ini adalah tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga mengurangi nafsu makan dan rasa lapar.

  Cara Enak Menurunkan Berat BadanCara Enak Menurunkan Berat Badan © shutterstock.com

Yaitu dengan mengonsumsi sarapan yang kaya karbohidrat bagi tubuh, dengan menyertakan makanan yang manis di dalamnya.

Meski terdengar kontroversial, tapi sebuah penelitian menyebutkan bahwa manusia sebenarnya bisa mengendalikan nafsu makan, mengurangi rasa lapar dan mempertahankan berat badan dalam jangka panjang.

4 dari 4 halaman

Diet yang Didukung Bukti Ilmiah

Diet Eggs and Desserts ini didukung oleh penelitian Ilmiah yang dilaporkan oleh laman Science Alert.

Dalam penelitian disebutkan manusia mampu menahan nafsu makan, mengurangi rasa lapar dan mempertahankan berat badan mereka dengan mengonsumsi makanan penutup yang manis dan kaya protein di pagi hari.

  Cara Enak Menurunkan Berat BadanCara Enak Menurunkan Berat Badan © shutterstock.com

Diet ini juga membantu membatasi asupan karbohidrat selama jam-jam malam. Mengonsumsi karbohidrat selama jam-jam malam dianggap sebagai penyebab utama gagalnya program diet dan penurunan berat badan.

Bagaimana, Sahabat Dream, tertarik mencoba diet ini?

(ism, Sumber: Times of India)

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya