Betrand Peto Minum ASI Sarwendah, Begini Efeknya Saat Dikonsumsi Orang Dewasa

Reporter : Sugiono
Rabu, 20 November 2019 09:49
Betrand Peto Minum ASI Sarwendah, Begini Efeknya Saat Dikonsumsi Orang Dewasa
Benarkah ASI yang seharusnya untuk balita itu berguna untuk orang dewasa?

Dream - Dalam beberapa hari belakangan, media sosial dikejutkan dengan pernyataan Roben Onsu soal putra angkatnya, Betrand Peto.

Menurut komedian sekaligus juragan restoran ayam geprek itu, Betrand sekarang ikut meminum ASI istrinya, Sarwendah Tan.

Menurut Ruben permintaan Betrand muncul kala putra angkatnya itu merasa sedih saat melihat putri ke dua Sarwendah tengah menyusui.

" Betrand hanya bilang 'bahagia ya bun jadi Tania (anak kedua Ruben), dia minum air susu ibu'," kata Ruben Onsu di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin 18 November 2019.

Oleh karena itulah, Betrand diperbolehkan minum ASi Sarwendah yang sudah distok di freezer. Tapi sejak diperbolehkan minum, Betrand justru ketagihan ASI. Untung, Sarwendah punya stok yang banyak.

" Setiap hari nyiapin, kebetulan emang ASI masih ada banyak jadi ada dua kulkas," kata Sarwendah di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa 19 November 2019.

Yang menjadi pertanyaan, benarkah ASI yang seharusnya untuk balita itu berguna untuk orang dewasa? Ini jawaban pakar kesehatan Amerika Serikat.

1 dari 4 halaman

Diklaim Sebagai Pengganti Steroid dan Suplemen Energi

Sebagian pria menganggap ASI adalah rahasia kesuksesan mereka di gym. ASI dipercaya memberi energi luar biasa yang tidak mereka dapatkan dari makanan dan minuman lain.

" Saya tidak percaya pada steroid atau suplemen energi lainnya. Saya hanya ingin yang alami yang diberikan Tuhan," kata Anthony kepada New York Magazine.

Banyak pria dewasa, seperti Anthony, yang merasa takjub dengan manfaat ASI untuk kebugaran dan kesehatan mereka.

Sementara menurut BodyBuilding.com, sebagian besar binaragawan menyebut ASI adalah 'suplemen terhebat yang pernah ada'.

2 dari 4 halaman

ASI Kaya Nutrisi dan Antibodi

Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, ASI kaya akan nutrisi dan antibodi.

Di dalam ASI juga terkandung lemak, gula, air dan protein dalam jumlah seimbang untuk membantu bayi tumbuh.

ASI juga mudah dicerna oleh bayi sehingga sangat cocok sebagai makanan utama mereka.

Karena semua manfaat itu, American Academy of Pediatrics merekomendasikan para ibu menyusui selama enam bulan pertama kelahiran bayi mereka.

3 dari 4 halaman

ASI Tidak Terbukti Berguna untuk Pria Dewasa

Namun ASI tidak terbukti bisa memberi perlindungan kesehatan jika diminum seorang pria dewasa. Hal itu diungkapkan oleh Elisa Zied, seorang ahli gizi dan diet di New York.

" Air susu ibu dirancang sebagai makanan bayi, bukan pria dewasa. Artinya, seorang pria dewasa yang menggunakan ASI sebagai sumber kesehatannya tidak didukung oleh ilmu pengetahuan," katanya.

Sementara itu, Dr. Claire McCarthy, seorang dokter anak di Boston Children’s Hospital, mengatakan ASI mengandung imunoglobulin yang membantu melawan infeksi.

" Namun imunoglobulin tersebut sebagian besar sudah dimiliki oleh orang dewasa. Sementara bayi tidak memilikinya," jelas Dr. Claire.

Menurut Dr. Claire, air susu ibu diperuntukkan bagi manusia, tapi untuk bayi bukan manusia dewasa.

4 dari 4 halaman

Risiko Minum ASI bagi Orang Dewasa

Baik Zied dan Dr. Claire mengkhawatirkan tentang risiko penyakit ketika minum ASI dari sumber yang tidak diketahui.

" Susu adalah cairan tubuh, dan dapat membawa infeksi yang ada di dalam tubuh, seperti HIV, hepatitis, dan lainnya," kata Dr. Claire.

Tren jual beli ASI belakangan ini makin menimbulkan kekhawatiran soal penyebaran penyakit seperti yang disebutkan Dr. Claire.

Karena itu Zied menyarankan para pria dewasa untuk tetap mengikuti panduan nutrisi yang sudah terbukti berhasil.

" Mengapa tidak bermain aman? Dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang sudah tersedia. Mengapa harus mempertaruhkan kesehatan Anda?" katanya.

(Sumber: Today.com)

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup