Bius Dahsyat BTS Pada Army, Psikiater Bikin Analisis

Reporter : Mutia Nugraheni
Sabtu, 12 Juni 2021 15:03
Bius Dahsyat BTS Pada Army, Psikiater Bikin Analisis
Mengapa penggemarnya begitu setia dan fanatik?

Dream - Wajah rupawan, musik easy listening, bersuara emas, dan aksi panggung memukau. Kesan tersebut langsung disimpulkan banyak orang kalau jadi alasan utama BTS, boyband asal Korea Selatan punya penggemar yang begitu loyal dan fanatik dengan sebutan Army.

Ternyata bukan sekadar musik dan tampilan yang membuat penggemar begitu setia pada BTS. Menyediakan waktu untuk antre membeli merchandise, menggelontorkan uang yang tak sedikit, hingga bersusah payah untuk bisa mendapatkan barang apa pun terkait idolanya tentu bukan perkara mudah.

Dokter Santi Yuliani, SpKJ, seorang psikiater mencoba menganalisis alasan alasan para Army begitu fanatik dan diunggah di akun Instagramnya. Ternyata bukan sekadar jadi bintang panggung, BTS juga membangun hubungan yang erat dengan penggemarnya.

Latar belakang para personel juga jadi alasan tersendiri. Mereka bukan dari kalangan berada, tapi sama-sama berjuang membangun BTS dengan modal bakat, latihan dan usaha keras.

" Prediksi saya bahwa fans BTS adalah sekumpulan cewek-cewek muda yang tergila-gila terhadap ketampanan mereka ternyata terbantahkan dengan data-data yang saya dapatkan, bahwa ternyata ARMY bukanlah sekedar fans, tetapi mereka adalah bagian dari BTS itu sendiri yang juga memberikan kontribusi dalam value yang dibawakan oleh group band tersebut," tulis dr. Santi.

 

1 dari 4 halaman

Tiap member memiliki bakat masing-masing. Bukan hanya menyanyikan lagu, mereka juga membuat sendiri lagu-lagu hits. RM, Suga, dan J-Hope adalah penulis lirik yang andal. Mereka kerap membuat lagu dengan isu kesehatan mental yang dianggap sangat mengena dalam situasi sekarang.

" Mereka mengangkat isu mental health dalam lagu mereka tentang love yourself, speak yourself, suicide prevention, yang sangat relate dengan keadaan anak muda saat ini," ungkap dr. Santi.

BTS© Shutterstock

Ada nilai dan semangat yang dibawa oleh BTS. Hal itulah yang membuat penggemarnya begitu loyal dan fanatik dan menganggap BTS adalah bagian dari hidupnya.

" Army menyukai BTS buka karena good looking saja tapi Army melihat value yang dibawa oleh BTS dan bagaimana BTS memberikan support mental kepada Army melalui karya-karyanya. Ternyata memang VALUE-lah yang menjadikan BTS sangat besar saat ini, dan hubungan saling percaya yang diberikan oleh ARMY dan BTS lah yang membuat ARMY menjadi fandom dengan pengaruh terbesar saat ini di dunia," tulis dr Santi.

2 dari 4 halaman

Maaf Bukan Fanboi BTS, Kemasan BTS Meal di Dubai Berakhir Jadi Sampah

Dream - Heboh di Indonesia, kehadian kemasan BTS Meal di Dubai, Uni Emirat Arab malah ditanggapi dingin warga dari negara kaya tersebut. Menu kolaborasi dari groupboy BTS dan McDonald's itu hanya dianggap kertas biasa tak berharga.

Seperti diketahui, BTS Meal sempat membuat heboh Indonesia bahkan membuat beberapa gerai makanan cepat saji dari Amerika Serikat itu tutup dan dikenakan denda karena memicu kerumunan saat pandemi Covid-19.

© Dream

Di Indonesia, kehebohan terjadi mulai dari selebrasi dapat memesan, perjuangan driver ojol diapresiasi dengan diberi bingkisan, sampai penggalangan dana.

Bukan hanya itu, ramai pula diperbincangkan oleh warganet ketika segelintir orang yang menjual kembali bungkus serta saos dari BTS Meal dengan harga selangit di aplikasi belanja online.

Tak seperti negara lain yang berbondong-bondong antre demi mendapat menu BTS Meal, hal sebaliknya tak terjadi di Dubai, Uni Emirat Arab.

 

3 dari 4 halaman

Bukan Barang Berharga

Dilansir dari akun Instagram @top_world.id, Kamis 10 Juni 2021, kemasan BTS Meal berwarna ungu hanya tergeletak dan ditinggalkan begitu saja oleh pemesannya. Bahkan kemasan itu cuma berakhir di kotak sampah setelah makan di tempat.

Padahal di Indonesia, bungkus tersebut merupakan buruan para ARMY (fans BTS). " Orang Dubai Not Fanboi BTS meal," tulis keterangan video.

Video tersebut langsung mendapat perhatian dari warganet dan menuai berbagai komentar. Tak sedikit pula dari warganet yang membanding-bandingkan kondisi di Indonesia dengan Dubai.

" Bisa-bisanya pada bandingin fans yang di Indonesia sama yang di Dubai. Dari ekonomi aja kita udah beda jauh, mereka ga berebut buat dapetin bungkus makanan," ungkap akun netizen.

" Untung di Indonesia papernya dipisah, jadi bukan sampah wkwk," tulis akun lainnya.

" Menurut gua sih wajar aja fans bts excited banget soalnya itu berkaitan dengan artis yang mereka sukai dan mereka pasti punya alasan," tulis akun netizen.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Videonya

      View this post on Instagram      

A post shared by top_world.id (@top_world.idn)

 

Beri Komentar