Amankah Berobat ke Dokter Gigi di Masa Pandemi?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 9 Juli 2020 11:12
Amankah Berobat ke Dokter Gigi di Masa Pandemi?
Jangan sampai terpapar virus ketika berobat.

Dream - Pandemi Covid-19 membuat masyarakat menjadi khawatir saat harus berobat ke rumah sakit. Kecemasan juga muncul saat harus memeriksa gigi ke klinik dokter gigi. Proses pemeriksaan yang mengharuskan pasien dan dokter berkomunikasi dengan jarak dekat adalah salah satu alasannya.

Namun dalam beberapa situasi, kita mau tidak mau kamu harus pergi ke dokter untuk mengatasi masalah kesehatan gigi. Apalagi jika rasa nyeri sudah tak tertahankan lagi. 

Masalah kesehatan gigi yang terkadang sulit ditahan dan menghambat aktivitas sehari-hari memang harus segera diatasi. Lalu, bagaimana prosedur perawatan gigi di tengah pandemik

" Kami memang harus tetap buka dan dihimbau untuk mengerjakan hanya kasus atau kondisi khusus dan darurat," ungkap Rahmi Amtha, Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut dalam webinar 'Update Terkini Studi In Vitro Betadine PVP-I', baru-baru ini.

1 dari 1 halaman

Menjaga kebersihan

Hal ini bertujuan mencegah keparahan sakit gigi jika menunda perawatan. Jika ingin melakukan pengobatan, kamu bisa membuat janji perawatan dengan admin klinik terlebih dulu.

Dengan membuat janji terlebih dahulu, dokter maupun klinik bisa mempersiapkan peralatan dan kebutuhan perawatan yang perlu dipersiapkan sesuai dengan kondisi pandemi Covid-19.

" Yang terpenting adalah kebersihan pasien, dokter dan lingkungan. Melakukan disinfeksi dan memakai antiseptik sebelum penanganan itu sangat penting" .

Dokter akan memakai APD sebelum melakukan perawatan gigi dan mulut untuk melindungi diri serta pasien dari penyebaran virus Covid-19.

Apalagi, perawatan gigi dan mulut sangat rentan terhadap cairan yang mampu mempercepat penularan Covid-19. " Intinya, pasien bisa kontak dulu dengan admin untuk melakukan perawatan agar tidak memperberat masalah gigi, serta menjaga kebersihan selama melakukan perawatan, baik pasien maupun dokter," tutupnya.

Beri Komentar