Tak Selalu Indikasi Corona, Inilah Suhu Tubuh Normal Berdasarkan Faktor Usia

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 1 April 2020 09:47
Tak Selalu Indikasi Corona, Inilah Suhu Tubuh Normal Berdasarkan Faktor Usia
Manusia memang memiliki suhu tubuh normal yang berbeda-beda. Apakah suhu tinggi termasuk gejala virus corona?

Dream – Sebagai upaya pencegahan penulara virus corona Covid-19, banyak pengelola perkantoran atau pusat keramaian memberlakukan kebijakan pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk ke gedung. Dari suhu tubuh  itulah seseorang bisa mengetahui kondisi kesehatannya. 

Gejala pasien tertular virus corona salah satunya adalah tubuh mengalami demam dengan suhu di atas 38 derajat celcius. Meski patokan suhu tubuh itu tak secara pasti menunjukan seseorang terpapar corona. Namun waspada tentu harus selalu jadi prioritas kan.

Dalam kenyataannya, suhu tubuh normal manusia memiliki beragam variasi. Penyebabnya, suhu tubuh akan menyesuaikanfaktor usia, jenis kelamin dan juga tingkat aktivitas.

Tidak semua orang yang memiliki suhu tubuh 39 derajat celcius bisa dipastikan terinfeksi virus corona. Melansir dari Medical News Today, suhu tubuh normal untuk orang dewasa adalah sekitar 98,6 derajat Fahrenheit atau 37 derajat celcius). 

Berikut ulasan Dream dari Medical News Today, tentang suhu tubuh normal manusia berdasarkan faktor usia:

1 dari 5 halaman

Faktor-Faktor Pengaruh Variasi Suhu Tubuh Normal Manusia

Ilustrasi© Pixabay

  1. Usia dan jenis kelamin
  2. Waktu, suhu tubuh biasanya akan rendah di pagi hari, dan tinggi pada sore hari.
  3. Tingkat aktivitas tinggi
  4. Rendah asupan makanan dan cairan
  5. Dalam siklus menstruasi pada wanita
  6. Metode pengukuran pun juga menyebabkan variasi suhu tubuh normal manusia.
2 dari 5 halaman

Suhu Tubuh Normal Orang Dewasa

Ilustrasi© Merdeka.com

Berapa suhu tubuh normalmu? Biasanya, suhu tubuh normal orang dewasa berkisar pada angka 36,5 derajat hingga 37,5 derajat celcius. Ketika suhu tubuh menunjukkan angka 38 derajat celcius maka bisa saja dikategorikan kondisi demam.

Namun, ketika suhu tubuh mencapai 39,5 derajat celcius bisa jadi masuk ke dalam kategori demam tinggi. Apabila suhu berada pada angka 41 derajat celcius dikatakan demam sangat tinggi.

Para peneliti sudah melihat perbedaan suhu tubuh setiap orang. Sebuah penelitian yang melibatkan 35.500 orang menemukan jika orang dewasa yang lebih tua memiliki suhu tubuh terendah. Sementara itu suhu tubuh wanita di Afrika-Amerika memiliki suhu tubuh lebih tinggi daripada pria berkulit putih.

Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa kondisi kesehatan juga memengaruhi suhu tubuh seseorang. Orang yang memiliki tiroid kurang aktif cenderung memiliki suhu yang lebih rendah. Sedangkan penderita kanker memiliki suhu yang lebih tinggi.

3 dari 5 halaman

Suhu Tubuh Normal Pada Anak-Anak

Ilustrasi© Merdeka.com

Anak anak usia 3-10 tahun memiliki suhu tubuh normal berkisar di antara 35,5 derajat hingga 37,5 derajat celcius. Anak-anak sudah mulai mempunyai suhu tubuh yang hamper sama denganorang dewasa. Jika suhu tubuh anak-anak sudah melebihi batas maksimal suhu normalnya maka bisa dikatakan si anak mengalami demam.

4 dari 5 halaman

Suhu Tubuh Normal Pada Bayi

Ilustrasi© Pexels

Bayi dan anak kecil biasanya memiliki rentang suhu tubuh yang lebih tinggi daripada orang dewasa berdasarkan pengukuran area ketiak dan telinga. Suhu tubuh normal bayi yang masih berusia 0-2 tahun berkisar antara 97,9 sampai 100,4 derajat Fahrenheit. Ketika bayi mulai tumbuh gigi, suhu tubuhnya juga akan meningkat.

Sementara itu suhu tubuh normal bayi yang baru lahir adalah 99,5 derajat Fahrenheit. Mengapa suhu tubuh bayi lebih tinggi? Suhu bayi lebih tinggi karena mereka memiliki luas permukaan tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan berat badannya. Tubuh mereka juga lebih aktif secara metabolik, yang menghasilkan panas.

Tubuh bayi tidak mampu mengatur suhu seperti halnya tubuh orang dewasa. Mereka kurang berkeringat saat hangat, artinya tubuh bayi menahan lebih banyak panas. Mungkin juga lebih sulit bagi bayi untuk mendinginkan tubuhnya sendiri selama demam.

5 dari 5 halaman

Penyebab Suhu Tubuh Manusia Berubah-Ubah

Ilustrasi© Pixabay

Hipotalamus yang terletak pada otak manusia bertugas mengatur suhu tubuh manusia. Apabila suhu tubuh naik atau turun di bawah suhu normal, maka hipotalamus inilah yang berfungsi mengatur suhu tubuh manusia.

Nah, perlu kamu  ketahui, apabila tubuh terlalu dingin, hipotalamus mengirimkan sinyal untuk membuat tubuh menggigil, yang fungsinya adalah untuk menghangatkan tubuh. Namun apabila tubuh terlalu panas, ia mengirim pesan untuk mulai berkeringat, yang berfungsi untuk mendinginkan tubuh.

Sementara itu, infeksi menjadi penyebab dominan kondisi demam pada tubuh. Demam ini sebenarnya adalah reaksi tubuh sebagai cara alami tubuh manusia untuk bereaksi melawan infeksi virus.

Jadi, suhu tubuh tinggi bukan berarti merupakan gejala virus corona. Sementara itu, jika anda mengalami demam, tidak perlu takut, karena itu adalah upaya tubuh anda untuk melawan virus yang menyerang kamu.

Beri Komentar