Lupakan Mitos! Ini Khasiat Bunga Kantil yang Jarang Diketahui

Reporter : Reni Novita Sari
Jumat, 18 September 2020 09:35
Lupakan Mitos! Ini Khasiat Bunga Kantil yang Jarang Diketahui
Inilah manfaat bunga kantil yang jarang orang lain ketahui

Dream- Bunga kantil adalah salah satu tanaman yang memiliki mitos tersembunyi. Terkenal kerap tumbuh di area pemakaman, bunga yang satu ini punya nama lain yakni cempaka putih. Di beberapa daerah teruama malam Jumat Kliwon, harga bunga ini pasti akan melonjak dibandingkan hari biasa.

Sisi mistis bunga ini semakin kuat saat banyak orang mengaitkannya dengan peran Suzzana di berbagai film yang kerap menyemil bunga ini. Hal itu dikarenakan mitos yang beredar adalah bunga ini bisa membuat seseorang awet muda jika dimakan mentah.

Walau kerap dihubungkan dengan kisah mistis, bunga kantil yang punya aroma khas itu ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Mau tahu apa saja manfaatnya? Berikut Dream rangkum dari sehatQ.com beberapa manfaat bunga kantil.

1 dari 8 halaman

1. Mengatasi Radang Gusi (Gingivitis)

Masih satu kerabat dengan bunga cempaka, bunga kantil ini memiliki nama latin Magnolia champaca atau Michelia champaca. Warnanya pun tak hanya putih, melainkan juga merah, kuning, dan oranye. Bunga ini memiliki panjang sekitar 2-4,5 cm dan sangat wangi.

Bunga ini pun bermanfaat untuk mengatasi radang gusi. Mengunyah permen karet maupun menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak bunga kantil, bisa mengurangi perdarahan maupun pembengkakan akibat radang gusi.

Manfaat Bunga Kantil© Foto : Shutterstock

2 dari 8 halaman

2. Meredakan Kecemasan

Berdasarkan penelitian, penggunaan produk tertentu dengan ekstrak bunga kantil dan phellodendron, mampu mengurangi perasaan negatif akibat gangguan kecemasan yang bisa muncul karena stres. Namun, penggunaannya tidak bisa meredakan gangguan kecemasan dalam jangka panjang.

3 dari 8 halaman

3. Mengurangi Plak Gigi

Menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung ekstrak bunga kantil serta xylitol, bisa mengurangi sedikit plak gigi.

Manfaat Bunga Kantil© Foto : Shutterstock

4 dari 8 halaman

4. Meringankan Gejala Menopause

Sebuah penelitian tahap awal membuktikan, mengonsumsi produk tertentu yang mengandung bunga kantil, kedelai, dan bahan alami lainnya, mampu meringankan gejala menopouse berupa hot flashes. Selain itu, kualitas tidur pun akan meningkat. 

5 dari 8 halaman

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sejumlah penelitian memperlihatkan, para perempuan dengan kelebihan berat badan yang mengonsumsi kombinasi ekstrak bunga kantil dan phellodendron, tidak mengalami peningkatan bobot sebanyak wanita yang tidak mengonsumsinya.

Kelompok perempuan yang mengonsumsi ekstrak bunga kantil dan phellodendron tersebut, makan lebih sedikit kalori. Mungkin, hal tersebut merupakan efek dari bunga kantil yang dipercaya mampu mengurangi stres akibat gangguan makan.

Manfaat Bunga Kantil© Foto : Shutterstock

Selain itu, manfaat bunga kantil pun dipercaya mampu meringankan gangguan kesehatan lainnya, seperti sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, gangguan pencernaan, sakit gigi, kolesterol tinggi, diabetes, flek hitam di wajah dan sakit gigi.

6 dari 8 halaman

Peringatan !

Bunga kantil aman dikonsumsi jika digunakan dalam bentuk pasta gigi dalam jangka pendek. Bunga kantil umumnya aman dikonsumsi selama setahun dan dipakai dalam odol hingga enam bulan. Sementara itu, beberapa orang berisiko mengalami alergi ketika mengoleskan produk yang mengandung bunga kantil ke kulit.

7 dari 8 halaman

Peringatan untuk Bumil dan Busui

Mengonsumsi kuntum bunga kantil selama kehamilan tidaklah aman. Ada sejumlah laporan yang menyebutkan, mengonsumsi bunga kantil berisiko memicu kontraksi rahim, yang berujung pada keguguran.

Tidak untuk bumil dan busui© Foto : Shutterstock

Selain itu, belum ada temuan signifikan mengenai efek penggunaan bunga kantil selama masa menyusui. Oleh karena itu, sebaiknya tidak menggunakan bunga kantil selama masa kehamilan maupun menyusui, untuk menghindari efek samping tersebut.

8 dari 8 halaman

Peringatan Saat Akan Menjalani Operasi

Bunga kantil bisa memengaruhi respons sistem saraf pusat. Penggunaannya, apabila diikuti dengan pemberian anestesi maupun obat-obatan lain selama maupun sesudah operasi, bisa menurunkan kemampuan sistem saraf pusat secara drastis.

Selain itu, bunga kantil pun berisiko menghambat proses pembekuan darah, selama dan setelah operasi. Oleh karena itu, jangan gunakan bunga kantil dua minggu sebelum menjalani operasi apapun.

 

Sumber : SehatQ.com

Beri Komentar