Bukan Mitos! Manfaat Kunyit Asam untuk Rahim Bisa Atasi Masalah Kesuburan Wanita

Reporter : Arini Saadah
Senin, 23 Mei 2022 11:36
Bukan Mitos! Manfaat Kunyit Asam untuk Rahim Bisa Atasi Masalah Kesuburan Wanita
Manfaat jamu dari racikan kunyit dan asam jawa terbukti mampu mengobati sejumlah penyakit, terutama masalah pada rahim.

Dream - Kunyit asam merupakan ramuan tradisional yang terbuat dari kunyit dan asam jawa. Manfaat kunyit asam sangat baik untuk menjaga kesehatan rahim. Kunyit memiliki kandungan aktif sebagai analgesik untuk meredakan nyeri. Selain itu, kunyit juga bersifat antipiretik yang mampu menurunkan suhu tubuh saat demam dan antiradang.

Sementara itu, asam jawa mengandung bahan aktif sebagai antiradang, antipiretik dan penenang. Kombinasi kunyit dan asam jawa terbukti aman dan tidak menyebabkan keracunaan jika dikonsumsi bersamaan.

Apabila Sahabat Dream memiliki masalah nyeri haid, tidak ada salahnya mencoba ramuan kunyit asam ini. Terutama bagi kamu yang ingin menggunakan produk herbal atau jamu buatan sendiri. Sebab resep jamu ini sudah turun temurun dari nenek moyang kita.

Bahkan manfaat jamu dari racikan kunyit dan asam jawa terbukti mampu mengobati sejumlah penyakit, terutama masalah pada rahim.

Lantas apa saja manfaat kunyit asam untuk rahim? Simak informasi selengkapnya berikut ini, dikutip Dream dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Manfaat Kunyit Asam untuk Rahim yang Patut Dicoba

Ilustrasi© cookpad

Manfaat kunyit asam untuk rahim bisa mengatasi masalah kesuburan pada wanita. Masalah kesuburan ini bisa disebabkan berbagai hal mulai dari kerusakan organ reproduksi hingga gangguan hormon seperti PCOS alias polycystic ovary syndrome.

Ramuan kunyit dan asam jawa bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Agar lebih jelas, simak manfaat kunyit asam untuk rahim berikut ini.

1. Mengatasi Tuba Falopi yang Tersumbat

Manfaat kunyit asam untuk rahim yang pertama adalah membantu mengatasi tuba falopi yang tersumbat. Perlu diketahui, tuba falopi merupakan saluran yang menghubungkan indung telur atau ovarium dengan rahim. Jika terjadi penyumbatan pada tuba falopi, maka akan menghambat proses bertemunya sel sperma dan sel telur. Akibatnya bisa mempersulit terjadinya kehamilan.

Untuk membantu mengatasinya, Sahabat Dream bisa rutin minum ramuan kunyit asam. Kandungan curcumin pada kunyit dipercaya bisa meringankan sumbatan pada tuba falopi. Zat kimia ini bersifat alami dan mengandung antioksidan dan antiiinfamasi sehingga aman dikonsumsi setiap hari, asalkan tidak lebih dari 8 gram per hari.

2 dari 5 halaman

2. Mengatasi Masalah PCOS

Masalah kesuburan pada wanita disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya akibat PCOS atau polycystic ovary syndrome. Kondisi ini merupakan gangguan hormon yang dapat menyebabkan banyaknya folikel-folikel cairan di ovarium, sehingga sulit untuk melepaskan sel telur. Akibatnya proses pembuahan akan sulit terjadi.

Manfaat kunyit asam untuk rahim yang tak kalah penting adalah membantu meringankan PCOS tersebut. Kandungan pada kunyit diklaim mampu mengatasi inflamasi dan menurunkan resistensi insulin. Karena kedua kondisi itulah yang disebut sebagai pemicu munculnya PCOS yang dialami seorang wanita.

 

3 dari 5 halaman

3. Meringankan Endometriosis

Selain PCOS, manfaat kunyit asam untuk rahim juga membantu meringankan endometriosis. Endometriosis merupakan gangguan pada lapisan dalam rahim yang tumbuh di luar rahim. Kondisi tersebut bisa menghambat pembuahan hingga kehamilan.

Bahkan endometriosis juga seringkali menimbulkan rasa nyeri yang parah pada area panggul dan rahim saat menstruasi.

Mengonsumsi kunyit asam secara rutin dipercaya bisa meringankan gejalanya secara alami. Sebab kunyit mengandung curcumin yang bersifat antiinflamasi dan antioksidan.

Tak hanya itu Sahabat Dream curcumin berpotensi menurunkan produksi estradiol yaitu salah satu bentuk hormon estrogen yang berkaitan erat dengan endometriosis. Jika estradiol menurun, maka akan menghambat pertumbuhan jaringan di luar rahim.

4 dari 5 halaman

4. Alternatif Pengobatan Kanker Ovarium

Manfaat kunyit asam untuk rahim juga diklaim sebagai alternatif pengobatan kanker ovarium. Menurut sebuah studi di laboratorium, kandungan pada kunyit mampu melindungi sel tubuh dari berbagai jenis kanker, seperti kanker usus dan kanker kulit.

Diketahui sel-sel kanker berhenti menggandakan diri jika bertemu dengan curcumin, yaitu zat kimia utama dalam kunyit.

Para pakar kesehatan mempertimbangkan kunyit dapat memberikan dampak positif bagi penderita kanker ovarium. Tentu saja hingga sekarang masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat tersebut.

5 dari 5 halaman

5. Mencegah Preeklampsia

Kasus preeklampsia sering dialami ibu hamil. Preeklampsia merupakan jenis komplikasi kehamilan akibat tingginya tekanan darah. Penyebab utama kondisi ini belum diketahui secara pasti. Akan tetapi yang memungkinkan adalah adanya peradangan pada tubuh selama kehamilan.

Untuk mencegah terjadinya preeklampsia, ibu hamil disarankan mengonsumsi kunyit asam. Telah disinggung sebelumnya bahwa kandungan curcumin bersifat antiiiflamasi yang berperan mengatasi peradangan dan menjaga kesehatan rahim.

Namun demikian konsumsilah kunyit asam dengan batas yang wajar agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Itulah beberapa manfaat kunyit asam untuk rahim yang patut dicoba. Manfaat kunyit asam untuk rahim juga bisa mencegah perkembangan fibroid pada rahim. Hal ini berkat kandungan antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri dalam kunyit.

Begitu luar biasa manfaat kunyit asam untuk rahim, sehingga kamu bisa memasukkan minuman herbal ini ke dalam menu harianmu, Sahabat Dream.

Beri Komentar