Menkes: 92 Juta Kartu Indonesia Sehat Sudah Disebar

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Jumat, 11 Januari 2019 15:15
Menkes: 92 Juta Kartu Indonesia Sehat Sudah Disebar
Hal itu diiringi dengan meningkatnya jumlah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL)

Dream - Kementerian Kesehatan RI memaparkan pencapaian program kesehatan selama 2018. Hal ini dijabarkan oleh Menteri Kesehatan Nila Moeloek di Jakarta (10/1/19).

Di penghujung 2018, terdapat 23.039 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan 2.465 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang telah dibangun.

Nila juga menyebutkan pemanfaatan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) - Kartu Indonesia Sehat (KIS) oleh masyarakat kian meningkat.

" Jumlah penduduk yang telah menjadi peserta JKN hingga November 2018 mencapai 207,8 juta jiwa. Sekitar 92 juta KIS sudah disebarkan kepada mereka," paparnya.

Selain itu, sudah terdapat 2.752 puskesmas baru dan 5.654 rehabilitasi puskesmas. Kedepannya, Kemenkes akan membangun 279 unit puskesmas untuk daerah tertinggal dan perbatasan di tahun ini.

Kesehatan ibu dan anak masih menjadi fokus utama Kemenkes, seperti menekan angka stunting dan kematian ibu melahirkan.

" Kemenkes akan terus meningkatkan kesehatan masyarakat dengan penguatan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), pengendalian penyakit, peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan serta pemantapan JKN-KIS," pungkasnya.

Beri Komentar
Jual Beli Jabatan Kemenag, KPK Periksa Pimpinan Ponpes