Cara Alami Mencegah Kehamilan Ketika Telat Datang Bulan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 18 Oktober 2020 13:30
Cara Alami Mencegah Kehamilan Ketika Telat Datang Bulan
Lakukan 4 hal ini agar menstruasi lebih lancar.

Dream - Sebagian wanita memiliki siklus haid yang kurang teratur. Terkadang memiliki siklus haid 28 hari, kadang lebih cepat atau lambat.

Telat datang bulan disebabkan banyak faktor, seperti gaya hidup, pengaruh hormonal serta kehamilan. Mungkin umumnya wanita akan merasa senang ketika dinyatakan hamil.

Namun lain halnya jika tidak direncanakan dan ingin menunda kehamilan. Dilansir dari Sehatq.com, berikut cara mencegah kehamilan ketika telat datang bulan.

1 dari 2 halaman

Mengonsumsi Vitamin C

Jeruk© Pexels.com
Vitamin C diklaim dapat meningkatkan kadar hormon estrogen dan menurunkan hormon progesteron. Inilah yang akan meluruhkan dinding rahim dan memicu datang bulan.

Minum teh jahe

Jahe seringkali dikonsumsi untuk memicu kontraksi rahim dan datang bulan. Biasanya, jahe dikonsumsi dengan dicampur dengan teh. Tapi, kamu juga bisa mencampurnya dengan bahan alami lainnya agar lebih bermanfaat bagi kesehatan.

2 dari 2 halaman

Minum Jamu Kunyit

Jamu Kunyit© Pexels.com
Sama dengan vitamin C, kunyit dapat memengaruhi kadar hormon estrogen dan progesteron. Jika belum tahu cara membuatnya, kamu bisa membeli jamu kunyit yang dijual di pasaran.

Melakukan relaksasi

Lakukan hal ini ketika merasa stres. Stres dapat menghambat datang bulan. Hal ini disebabkan oleh hormon kortisol yang menghambat produksi hormon estrogen dan progesteron.

Kamu bisa melakukan meditasi, berolahraga, menjalani hobi atau beristirahat agar lebih tenang dan dapat memperlancar siklus haid.

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar