Cara Memperlancar Haid yang Terlambat 2 bulan Secara Alami

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Senin, 11 November 2019 16:29
Cara Memperlancar Haid yang Terlambat 2 bulan Secara Alami
Haid memang bisa menjadi masalah jika terlambat, bahkan bisa terlambat sampai 2 bulan. Bukan perkara yang susah untuk mengatasi masalah tersebut.

Dream - Menstruasi atau haid sudah biasa dialami oleh wanita. Tiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda. Pada umumnya, wanita mengalami haid setiap 21-35 hari sekali.

Tetapi, apa jadinya jika haid tidak lancar? Banyak masalah yang bisa diakibatkan jika siklus haid tidak lancar. Contohnya seperti mood yang berubah-ubah, dan masih banyak lagi.

Banyak cara dalam memperlancar haid. Berikut adalah beberapa cara memperlancar haid yang terlambat 2 bulan secara alami.

1 dari 4 halaman

Cara Memperlancar haid yang Terlambat

© MEN

Siklus menstruasi yang terlambat bukanlah masalah yang tidak dapat disembuhkan. Berikut adalah beberapa cara memperlancar haid yang terlambat.

Meditasi

Cara memperlancar haid yang terlambat pertama yaitu dengan meditasi. Meditasi adalah cara sederhana untuk membantu melancarkan haid. Meditasi membantu mengurangi stres dengan menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh. Usahakan untuk bermeditasi setiap hari di pagi atau malam hari sebelum tidur. Meditasi bisa membuat tidur kamu lebih nyenyak dan pagi kamu jadi lebih bersemangat.

Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang dapat mengurangi nyeri haid. Maka dari itu, yoga cukup efektif sebagai cara memperlancar haid. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa yoga bisa membantu mengendalikan kadar hormon yang membuat jadwal haid tidak teratur.

Menjaga Berat Badan

Memiliki badan yang terlalu kurus atau badan terlalu gemuk dapat mengacaukan siklus mentruasi. Maka dari itu menjaga berat badan bisa menjadi cara memperlancar haid. Biasakan untuk makan makanan sehat dan berolahraga secara teratur. Jika Kamu kesulitan mencapai berat badan stabil, mintalah bantuan dokter atau ahli gizi. Dokter akan membantu mencari metode paling tepat untuk membantu menaikkan atau menurunkan berat badanmu.

Terapi Hormon

Terapi hormon bisa menjadi cara memperlancar haid. Terapi dilakukan dengan memberikan obat mengandung hormon estrogen dan progesteron dalam dosis tertentu. Biasanya terapi hormon diberikan untuk wanita dengan siklus haid tidak teratur yang sampai membuat sulit hamil.

2 dari 4 halaman

Cara Alami Memperlancar Haid

© Dream

Ada juga metode dalam memperlancar haid dengan bahan-bahan alami. Berikut adalah beberapa cara memperlancar haid secara alami.

Daun Pepaya

Walaupun pahit, daun pepaya bisa dijadikan cara memperlancar haid secara alami. Manfaat daun pepaya ini dihasilkan oleh kombinasi vitamin dan mineral kalsium yang dikandungnya. Rebus daun pepaya dengan takaran 2 gelas air, lalu tambahkan garam dan sedikit asam jawa. Setelah selesai direbus, minum air tersebut. Lakukan cara memperlancar haid ini sampai siklus haid kembali normal.

Jahe

Kandungan vitamin A, B, C, karbohidrat, mineral, serat, hingga minyak atsiri menjadi alasan mengapa jahe layak untuk kamu konsumsi saat siklus haid mengalami masalah. Maka dari itu jahe cocok menjadi cara memperlancar haid. Seduh air rebusan jahe dan tambahkan gula atau madu. Lalu, minum secara rutin agar siklus haid dapat segera kembali normal.

Air Kelapa Hijau

Cara memperlancar haid ketiga yaitu dengan meminum air kelapa hijau. Senyawa laurat yang bersifat sebagai antijamur, antibakteri, dan antivirus, ditambah sejumlah nutrisi penting lainnya yang terdapat pada air kelapa hijau menghasilkan banyak manfaat minuman alami untuk kesehatan tubuh, tak terkecuali memperlancar haid.

Wortel

Meminum jus wortel bisa menjadi cara memperlancar haid secara alami. Wortel diperkaya oleh vitamin A dan C, pun mineral yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan hormon, termasuk hormon-hormon yang berkaitan dengan siklus haid.

3 dari 4 halaman

Cara Memperlancar Haid yang Telat 2 Bulan

© Dream

Jika cara alami diatas tidak dapat mengatasi masalah haid Kamu yang sudah terlambat 2 bulan, makan perlu diobati dengan cara medis. berikut adalah beberapa cara memperlancar haid yang terlambat 2 bulan.

Obat Hormon Sintetik

Obat homron sintetik bermanfaat untuk membuat indung telur menghasilkan sel telur dengan lancar sehingga terjadi menstruasi. Beberapa hormon memang diproduksi oleh tubuh secara alami, namun tidak cukup sehingga menjadi penyebab seseorang tela haid selama 2 bulan.

Obat Pendorong Ovulasi

Obat pendorong ovulasi berguna untuk membuat indung telur menghasilkan sel telur dengan lancar sehingga terjadi menstruasi. Setelah minum obat maka indung telur bekerja normal untuk menghasilkan sel telur dan haid secara teratur.

Obat Pereda Nyeri

Selain bisa mengatasi haid yang terlambat, obat pereda nyeri juga meredakan beberapa macam-macam gangguan haid seperti sakit kepala dan nyeri. Obat ini bekerja untuk mengatasi peradangan pada sistem reproduksi sehingga aliran darah ke organ reproduksi menjadi lebih lancar.

4 dari 4 halaman

Cara Memperlancar Haid yang Keluar Sedikit

© MEN

Terkadang wanita mengalami saat menstruasi atau haid, darah yang keluar sedikit. Berikut adalah beberapa cara memperlancar haid yang keluar sedikit.

Banyak Minum Air Putih

Banyak hal buruk yang akan Kamu rasakan saat haid jika mengalami dehidrasi, contohnya seperti darah yang keluar sedikit. Maka dari itu, pastikan bahwa jumlah asupan cairanmu setiap hari sudah tercukupi.

Kompres Hangat

Menerapkan kompres hangat di daerah rahim (bawah pusar) akan membantu melancarkan aliran darah dan mengendurkan otot-otot rahim. Dengan demikian, selain melancarkan keluarnya darah haid, rasa kram atau nyeri haid juga dapat diatasi.

Hilangkan Stres

Stres psikis sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, termasuk mempengarahui menstruasi. Ketika pikiran lagi stres, beberapa wanita mengalami menstruasi tidak teratur, tidak menstruasi, darah haid tidak keluar lancar, atau bahkan keluar terlalu deras.

 

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

Beri Komentar