Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Dengan Cepat

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Selasa, 5 November 2019 06:50
Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Dengan Cepat
Sakit gigi biasanya disebabkan oleh kebiasaan malas untuk membersihkan gigi dan mulut. Pahami dan ketahuilah cara mengatasi sakit gigi dibawah ini, agar Kamu terhindar dari masalah ini.

Dream- Jangan biarkan masalah sakit gigi mengganggu hari-harimu. Perasaan sakit dan nyeri pada gigi atau gusi, bahkan sampai pusing dan demam adalah beberapa hal yang akan terjadi apabila Kamu mengalami sakit gigi. Penyebab sakit gigi beragam, mulai dari kebiasaan malas membersihkan gigi, penggunaan sikat gigi yang salah sampai pada konsumsi makanan manis yag berlebihan.

Kondisi yang paling sering terjadi dalam masalah mulut yang satu ini disebabkan oleh karena gigi yang berlubang. Bakteri dalam mulut mengikis lapisan gigi secara perlahan sampai menembus saraf-saraf gigi pada gusi dan membentuk lubang. Apabila sudah mulai ada lubang kecil pada gigi Kamu, sebaiknya segera berikan penanganan dan pengobatan.

Lubang gigi pada orang dewasa yang sudah terlanjur besar tidak bisa dikembalikan seperti semula. Berikut adalah beberapa cara mengatasi sakit gigi berlubang yang bisa Kamu lakukan.

1 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

Ada berbagai macam cara mengatasi sakit gigi berlubang, baik itu menggunakan obat-obatan maupun secara alami. Biasanya, Kamu akan langsung mengonsumsi obat-obatan sebagai pertolongan pertama apabila terserang sakit gigi. Cara tersebut memang praktis dan cukup effektif dalam meredakan rasa sakit akibat gigi yang berlubang.

Untuk membantu Kamu menemukan beberapa jenis obat generik yang populer, berikut ulasannya:

Paracetamol

paracetamol© The New Daily

Tentu Kamu sudah tidak asing lagi dengan obat yang satu ini. Paracetamol membunyai banyak kegunaan dalam meredakan rasa sakit, termasuk sakit akibat gigi berlubang.

Namun apabila Kamu mempunyai alergi atau masalah serius pada hati, Kamu tidak dianjurkan untuk meminum paracetamol saat sakit gigi Kamu menyerang. Maka itu pastikan Kamu membaca cara pemakaian pada label kemasan.

Naproxen

naproxen© sillive.com

Naproxen adalah obat pereda nyeri yang juga sering dipakai untuk mengobati sakit gigi. Contoh merek obat naproxen adalah Xenifar. Namun, Kamu harus memperhatikan efek samping dari obat ini.

Beberapa efek samping yang sering terjadi jika meminum obat ini adalah sakit perut, mulas ringan, diare, sembelit, perut kembung, sakit kepala, kulit gatal dan memerah, serta penglihatan kabur. Jadi gunakalah sesuai dengan anjuran ahli dan dokter.

Hidrogen peroksida 3%

Hidrogen Peroksida 3© Kabar Tangsel

Hidrogen peroksida adalah antiseptik cair yang sering dijadikan obat kumur untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab radang gusi.

Cara mengatasi sakit gigi berlubang dengan metode ini tergolong mudah. Kamu hanya perlu melarutkan hidrogen peroksida dengan air lalu kumur selama 30 detik. Setelah itu segera buang dan kumur lagi dengan air bersih.

Sebagai catatan, cairan hidrogen peroksida harus dilarutkan dulu dengan air karena bentuk murninya bisa melukai mulut dan gusi.

Ibuprofen

Ibu Profen© nbcnews.com

Ibuprofen tergolong ke dalam obat NSAID yang bisa menjadi cara mengatasi sakit gigi berlubang Kamu. Namun, hindari minum ibuprofen saat perut Kamu kosong karena itu akan melukai lambung.

Kamu juga perlu berhati-hati dalam menambah dosisnya, karena itu hanya akan membahayakan tubuh Kamu. Jadi, pastikan Kamu selalu membaca petunjuk pemakaian obat beserta dosis yang dianjurkan sebelum menggunakan obat ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat

Penggunaan obat-obatan di atas memang lebih mudah dan praktis, bahkan hasilnya pun terbilang effektif. Namun, tidak semua orang akan cocok dalam mengonsumsi obat-obatan tersebut. Beberapa obat bisa saja membawa efek samping yang kurang baik bagi kesehatan tubuh Kamu.

Apabila Kamu termasuk ke dalam kategori tersebut, maka mungkin  cara mengatasi sakit gigi berlubang yang cocok untuk Kamu adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan ini selain berkhasiat baik bagi tubuh, juga mudah untuk ditemukan dan diracik sedemikian rupa.

Beberapa bahan alami tersebut, diantaranya:

Air Garam

air garam© Dokter Sehat

Air Garam dapat menjadi salah satu cara mengatasi sakit gigi tanpa obat yang mudah untuk dilakukan di rumah. Sejak dahulu berkumur berkumur dengan air garam merupakan cara mengobati sakit gigi yang paling effektif.

Sebelum berkumur pakai air garam, sebaiknya Kamu menyikat gigi terlebih dahulu untuk membersihkan sisa makanan dan kotoran yang menempel di gigi.

Berikut adalah cara mengatasi sakit gigi tanpa obat dengan larutan garam, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Siapkan 1-2 sendok makan garam dapur.
  • Larutkan ke dalam segelas air hangat.
  • Kumur larutan garam tersebut selama 30 detik.
  • Setelah itu buang, dan kumur lagi dengan air bersih.

Air larutan garam ini bukan untuk ditelan. Jadi, pastikan Kamu memuntahkan air larutan garam setelah berkumur.

Bawang Putih

Waspada! Bawang Putih Berbahaya untuk 6 Tipe Orang Ini© MEN

Rempah satu ini ternyata berkhasiat untuk mengatasi sakit gigi Kamu coba. Bawang putih memiliki sifat sebagai antiseptik dan antibiotik alami yang dapat membantu melawan infeksi. Senyawa allicin dalam bawang putih juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri di gigi Kamu.

Berikut adalah cara mengatasi sakit gigi tanpa obat dengan menggunakan bawang putih.

  • Siapkan satu siung bawang putih yang sudah dikupas
  • Potong menjadi 2 bagian.
  • Letakkan potongan bawang putih mentah tadi di bagian gigi yang sakit.

Kamu juga bisa mengunyah langsung bawang putih tersebut selama beberapa menit apabila Kamu sudah terbiasa dengan rasa dan aromanya.

Es Batu

kompres es batu© Palapa News

Sakit gigi pada tahap lanjut biasanya menyebabkan kebengkakan pada gusi. Untuk meredakan kondisi tersebut, Kamu bisa mengompres pipi yang membengkak dengan es batu.

Cara mengatasi sakit gigi tanpa obat dengan es batu ini termasuk yang paling mudah dan sederhana. Selain mampu meredakan bengkak, cara ini juga membantu mengurangi nyeri serta perdarahan ke dalam jaringan gusi.

Berikut adalah cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat dengan menggunakan metode kompres es batu.

  • Bungkus beberapa keping es batu ke dalam sebuah handuk kecil.
  • Tempelkan handuk yang berisi es pada area pipi yang bengkak.
  • Biarkan selama 15 menit-20 menit.

Ulangi cara ini setidaknya tiga kali dalam sehari atau sampai bengkak di pipi Kamu mereda.

Daun Jambu Biji

air jambu biji© ping point

Daun jambu biji juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi kesehatan gigi dan mulut Kamu.

Cara mengatasi sakit gigi tanpa obat dengan menggunakan daun jambu biji sangatlah mudah. Kamu bisa langsung mengunyah daun jambu biji segar yang sudah dibersihkan secara langsung.

Jika tidak suka mengunyah daun jambu biji mentah secara langsung, cobalah untuk mengumur air daun jambu biji yang sudah direbus.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Sakit Gigi Dengan Cepat

Apabila semua cara di atas sudah Kamu coba namun itu tidak signifikan berpengaruh pada kondisi gigi Kamu, mungkin Kamu memerlukan beberapa cara alternatif lainnya.

Cara ini mungkin bisa lebih cepat untuk mengatasi rasa sakit di gigi Kamu. Namun cara mengatasi sakit gigi dengan cepat ini mungkin sedikit menimbulkan rasa sakit atau perih di dalam proses penyembuhannya.

Berikut beberapa cara mengatasi sakit gigi dengan cepat yang bisa Kamu coba di rumah.

Lemon

lemon© Hello Sehat

Asam dalam buah lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu, lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.

Cara mengatasi sakit gigi dengan cepat menggunakan lemon adalah:

  • Peras 1 buah lemon,
  • Masukkan dalam segelas air hangat.
  • Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar effektif membunuh bakteri-bakteri.

Saat mengumur cairan lemon ini, luka atau lubang pada gigi akan langsung terasa perih. Cobalah untuk bertahan sampai rasa perih itu hilang.

Daun Sirih

Daun sirih untuk memutihkan gigi secara alami© FreeImages.com

Daun sirih terbukti ampuh sebagai salah cara mengatasi sakit gigi berlubang Kamu. Pasti Kamu pernah melihat orang-orang tua kita dahulu mengunyah daun ini sampai mulut mereka berwarna merah, bukan?

Daun sirih berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga sebagai antiseptik alami.

Cara menggunakannya bisa langsung dikunyah atau Kamu bisa merebusnya kemudian airnya digunakan untuk berkumur.

Merica

Mengapa Merica Bisa `Menggelitik` Hidung?© MEN

Merica adalah salah satu rempah yang berguna untuk mengobati sakit gigi. Dalam merica terkandung antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti.

Cara mengatasi sakit gigi tanpa obat dengan merica adalah dengan mencampur merica dengan garam. Setelah itu tuang sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada gigi yang sakit.

Cobalah untuk menahan sedikit rasa perih dalam proses penyembuhan ini.

Belimbing Wuluh

Daun Belimbing Wuluh Hidupkan Kembali Baterai yang Mati© MEN

Cara mengatasi sakit gigi tanpa obat yang terakhir adalah dengan belimbing wuluh. Rasa asam dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri yang efektif dalam membunuh bakteri dalam mulut Kamu.

Caranya adalah dengan menumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Tumbukan belimbing wuluh ini kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit. Tahan rasa perih hingga menghilang bersama dengan rasa sakit pada gigi Kamu.

Demikian beberapa cara mengatasi sakit gigi berlubang dengan atau tanpa obat dalam waktu yang cepat dan singkat. Semua bahan-bahan alami di atas dapat dengan mudah Kamu peroleh di rumah atau di pasar-pasar terdekat. Selamat mencoba!

(David Mulyanto Saryono/Sumber: Merdeka, Liputan6 dan sumber lainnya)

 

Beri Komentar