Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki yang Sudah Lama

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Selasa, 5 November 2019 08:10
Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki yang Sudah Lama
bekas luka di kaki memang sangat mengganggu dan membuat penampilan kamu terlihat jelek ketika memakai bawahan yang pendek.

Dream - Bagi kamu yang menyukai fashion tentunya sangat memperhatikan kebersihan kulit terutama pada bagian kaki. Kulit kaki adalah kulit yang sering kali terdapat luka. Selain posisinya yang berada di bawah tubuh kita, Kulit kaki sering mudah sekali bergesekan dengan benda apapun, entah itu tanah atau benda yang posisinya rendah.

Bagi kamu penyuka fashion, bekas luka di kaki cukup mengganggu karena akan kesulitan memilih bawahan. Jika memiliki bekas luka di kaki, kamu tentu berpikir dua kali untuk menggunakan rok pendek atau bawahan yang tidak panjang. Bekas luka akan terlihat jika kamu menggunakan bawahan pendek.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bekas luka. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bekas luka di kaki yang sudah lama secara alami dan cepat.

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Cepat

 © MEN

Banyak cara menghilangkan bekas luka di kaki diantaranya dengan tindakan medis. Dengan metode medis keberhasilan menghilangkan bekas luka bisa mencapai 100 persen. Namun teknik ini tentu akan merogoh kocek kamu.

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan metode medis.

Dermabrasi

Cara menghilangkan bekas luka di kaki pertama yaitu dermabrasi. Dermabrasi dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang berfungsi untuk mengikis bagian permukaan kulit bekas luka dan merangsang pertumbuhan kulit, sehingga lapisan kulit tampak lebih halus dan merata.

Mikrodermabrasi

Cara menghilangkan bekas luka di kaki berikutnya yaitu dengan mikrodermabrasi. Proses ini biasanya dilakukan kepada bagian luka yang lebih kecil atau dangkal, seperti luka bekas jerawat yang ringan, garis halus, bintik penuaan, dan wajah kusam.

Suntikan Steroid

Suntikan steroid bisa menjadi cara menghilangkan bekas luka di kaki. Suntikan steroid cocok bagi kamu yang memiliki bekas luka hipertrofi atau luka keloid. Tetapi, suntikan steroid memerlukan beberapa kali penyuntikan pada bekas luka, dan perlu diulang selama jangka waktu yang cukup panjang, guna meratakan bekas luka tersebut.

Laser Resurfacing

Laser resurfacing memiliki prosedur yang hampir sama dengan dermabrasi, dan membutuhkan waktu pemulihan yang lebih singkat dibandingkan perawatan dengan jenis laser terdahulu. Cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan laser resurfacing ini apat memberikan hasil yang lebih halus, karena bekerja pada jaringan kolagen dalam dermis tanpa menghilangkan lapisan atas kulit.

Balut Tekan Bersilikon

Dengan menggunakan balut ini, bekas luka akan terlihat lebih rata dan lembut. Terbuat dari bahan yang elastis dan dapat dikombinasikan dengan lembar gel silikon, balut tekan bersilikon bisa dikenakan 24 jam sehari, selama 6–12 bulan. Cara menghilangkan bekas luka di kaki ini harus dilakukan di bawah pengawasan dokter spesialis kulit.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki yang Sudah Lama

 © MEN

Bekas luka yang sudah lama sering kali menonjol dan menghitam. Terkadang, bekas luka tersebut sulit untuk dihilangkan. Berikut adalah beberapa obat yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di kaki. Obat-obatan tersebut bisa kamu dapatkan di apotek atau dengan resep dokter.

Tretinoin

Obat pertama sebagai cara menghilangkan bekas jerawat di kaki yaitu Tretinoin. Tretinoin atau Retin-A merupakan salah satu krim obat yang dibuat dari vitamin A. Vitamin A dapat membantu menyembuhkan bekas luka dan membantu pertumbuhan kulit baru. Tretinoin juga sering diresepkan untuk mengatasi keriput, bintik-bintik penuaan, dan yang pasti bekas luka. Tretinoin bisa membantu kulit kamu menghasilkan kolagen, yang mana berperan penting untuk menutup jaringan parut bekas luka.

Maderma

Obat berikutnya yaitu Maderma. Maderma ini mengandung PEG-4, lidah buaya, dan ekstrak bawang yang bermanfaat baik untuk kulit. Maderma juga bisa membantu melindungi kulit kamu dari sinar matahari, dengan formulasi dengan SPF 30.

Obat yang Mengandung Hydroquinone

Hydroquinone bisa menjadi cara menghilangkan bekas luka di kaki. Hydroquinone adalah salah satu zat yang umumnya digunakan untuk memutihkan kulit. Selain itu, hydroquinone juga bisa meringankan munculnya bekas luka.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Secara Alami dan Cepat

 © MEN

Jika kamu tidak mau merogoh kocek terlalu dalam untuk mengatasi bekas luka, ada metode yang murah dan sangat aman. Cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami bisa menjadi jawaban kamu.

Vitamin E

Cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami pertama yaitu dengan vitamin E. Menurut penelitian, menggunakan vitamin E sebelum dan sesudah operasi dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah munculnya keloid atau jaringan parut pada kulit. Kamu bisa menggunakan krim, salep, atau suplemen yang mengandung vitamin E. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan sehat yang mengandung cukup vitamin E, seperti biji-bijian, kacang, dan sayuran hijau.

Madu

Madu bisa juga menjadi cara menghilangkan bekas luka di kaki. Sebelum tidur, kamu dapat mengoleskan madu ke area bekas luka lalu balut dengan menggunakan perban. Diamkan selama semalaman dan lepas perban di pagi hari, lalu bersihkan menggunakan air hangat. Dengan melakukan perawatan ini secara rutin setiap malam, diharapkan secara perlahan bekas luka akan tersamarkan.

Lidah Buaya

Tidak hanya dapat membuat kulit cerah, lidah buaya juga bisa menjadi cara menghilangkan bekas luka di kaki. Kamu dapat mengoleskan gel lidah buaya ke area bekas luka. Oleskan dan pijat dengan gerakan melingkar, diamkan hingga 30 menit, lalu bilas dengan air. Lakukan perawatan ini dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan bisa jadi cara menghilangkan bekas luka di kaki yang menghitam. Caranya yaitu potong buah juk jadi 2 bagian. lalu oleskan pada bekas luka secara merata. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Putih Telur

Putih telur juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di kaki. Putih telur diyakini kaya akan protein dan sumber mikronutrien yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan cepat. Caranya pertama pisahkan putih telur dari kuning telur. Lalu oleskan putih telur pada bekas luka. Tambahkan 1 sendok makan jeruk nipis atau lemon untuk menghindari bau amis.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Kaki Akibat Gatal

 © Dream

Rasa gatal yang kita garuk di kaki terkadang meninggalkan bekas. Bekas tersebut sulit hilang dan biasanya menghitam. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bekas luka di kaki akibat gatal.

Mentimun

Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting dan dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka hitam di kaki dengan cepat. Langkah pertama potong mentimun tipis-tipis. Tempelkan pada bagian bekas luka. Biarkan 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Mengkudu

Buah mengkudu memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka hitam di kaki dengan cepat. Pertama haluskan buah mengkudu lalu dimasak. Kemudian oleskan pada bekas luka di kaki.

Air Kelapa

Membasuh bekas luka yang hitam dengan menggunakan air kelapa ternyata cukup manjur untuk menghilangkan bekas luka di kaki secara alami.

Minyak Zaitun

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu memudarkan bekas luka hitam di kaki. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Caranya yaitu campur 1 sendok makan minyak zaitun dan madu. Lalu oleskan pada bekas luka di kaki kamu.

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

Beri Komentar