Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi dan Orang Dewasa

Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi dan Orang Dewasa Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi Dan Orang Dewasa (Foto: Shutterstock)

Dream - Semua orang pasti pernah mengalami cegukan. Tak hanya orang dewasa, cegukan yang merupakan hal normal juga sering dialami para bayi.

Cegukan terjadi karena pita suara menutup secara tiba-tiba akibat terpicu kontraksi pada diafragma dan menghasilkan bunyi. Diafragma merupakan membran otot pemisah rongga dada dan perut yang berperan penting pada sistem pernapasan.

Penyebab cegukan bisa dikarenakan banyak faktor seperti menyantap makanan pedas, makan terlalu cepat, serta pemicu lainnya. Tetapi jangan khawatir, cegukan bukanlah hal yang susah untuk diatasi.

Ada banyak metode yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan cegukan. Berikut ini beberapa cara menghilangkan cegukan pada bayi dan orang dewasa.

Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi

Cegukan memang bisa dialami oleh siapa saja. Bayi juga bisa terkena cegukan. Berikut ini beberapa cara menghilangkan cegukan pada bayi.

ASI

Cara menghilangkan cegukan pada bayi pertama yaitu dengan memberikan ASI. Gerakan menyusui dapat membantu diafragma bayi menjadi lebih rileks dan menghentikan cegukan. Setelah menyusui, kamu bisa membiarkan bayi bersendawa untuk memberikan ruang bagi udara yang terjebak di dalam perut bayi. Udara itulah yang menjadi faktor bayi cegukan.

Beri sesuatu untuk dihisap

Cara menghilangkan cegukan pad bayi berikutnya yaitu dengan memberikan bayi sesuatu yang bisa dihisap. Gerakan mulut dan tipuan sedotan di perut bayi, dipercaya bisa merangsang sendawa dan menghentikan cegukan pada bayi.

Tempat hangat

Tempat yang hangat bisa menjadi cara menghilangkan cegukan pada bayi. Bawa bayi ke tempat yang hangat dan lembab. Hindari ruangan ber-AC atau suhu yang agak dingin. Mengingat cegukan pada bayi bisa disebabkan oleh temperatur yang berubah menjadi dingin.

Cara Menghilangkan Cegukan pada Orang Dewasa

Ada beberapa metode yang bisa kamu praktekkan sebagai cara menghilangkan cegukan.

Minum air hangat

Cara menghilangkan cegukan pertama yaitu dengan meminum air hangat. Air hangat dapat melancarkan peredaran darah dan oksigen sehingga oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi.

Cara menghilangkan cegukan dengan air hangat yaitu dengan meminum air hangat tersebut lalu menahan napas dengan posisi tubuh membungkuk selama yang kamu bisa. Kemudian kembalikan posisi tubuh dalam keadaan tegap masih dengan menahan napas. Baru kemudian masukkan dalam tubuh atau diminum dan bernapas seperti biasa.

Gula

Mengulum gula batu atau sesendok gula pasir bisa menjadi cara menghilangkan cegukan. Mengulum gua bisa merangsang otot diafragma. Kulum gula selama 5 menit lalu bisa kamu telan atau dikeluarkan.

Es batu

Es batu juga bisa menjadi cara menghilangkan cegukan. Usapkan es batu pada tenggorokan dengan perlahan-lahan akan membantu saraf menjadi lebih santai sehingga cegukan akan hilang.

Jeruk nipis

Jeruk nipis dengan banyaknya kandungan yang bermanfaat bagi tubuh juga dapat menjadi cara menghilangkan cegukan. Caranya adalah dengan meminum langsung air perasan jeruk nipis, jadi diperas langsung di mulut. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi akan menghilangkan gangguan pada saraf vagus.

Minyak kayu putih

Mengoleskan minyak kayu putih pada leher dan bagian perut dapat menjadi cara menghilangkan cegukan berkepanjangan. Kandungan minyak atsiri dan sensasi panasnya dapat menghilangkan cegukan.

Cara Menghilangkan Cegukan yang Berkepanjangan

Pada umumnya cegukan dapat diatasi di rumah dengan cara sederhana. Namun bagaimana jika cegukan tersebut berlangsung lama dan terus menerus? Segera konsultasikan ke dokter jika cegukan kamu tidak kunjung sembuh.

Ada beberapa obat yang akan dokter berikan sebagai cara menghilangkan cegukan yang berkepanjangan. Contohnya untuk penderita asam lambung yang mengalami cegukan berkepanjangan, dokter akan memberikan obat untuk mengurangi produksi asam lambung.

Disamping itu, ada pula kondisi cegukan yang cukup parah dan bersifat kronis, dokter akan memberikan obat seperti chlorpromazine, haloperidol, obat antikejang asam valproat, fenitoin, dan carbamazepine, atau obat antimuntah metoclopramide.

Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa

Cegukan bisa dialami seseorang kapanpun dan dimanapun, tidak terkecuali di bulan puasa. Berikut ini beberapa cara menghilangkan cegikan saat puasa.

Mengatur pernapasan

Mengatur pernapasan bisa menjadi cara menghilangkan cegukan saat puasa. Hal ini dilakukan agar oksigen dan karbondioksida dapat bergantian masuk dalam tubuh dengan kadar yang tepat. Caranya yaitu dengan menarik napas dalam-dalam lalu tahan sekuat yang kamu bisa lalu hembuskan.

Menahan napas

Cara menghilangkan cegukan berikutnya merupakan cara yang paling umum dilakukan, yaitu dengan menahan napas. Menahan napas dipercaya sebagai cara menghilangkan cegukan karena kadar karbondioksida dalam tubuh akan bertambah.

Menjulurkan lidah

Menjulurkan lidah dilakukan untuk merangsang nasofaring dan saraf vagus. Saraf ini mempengaruhi otot-otot mulut, tenggorokan, dan mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma. Maka dari itu menjulurkan lidah bisa menjadi cara menghilangkan cegukan saat puasa.

Bernapas dalam kantong kertas

Siapkan kantong kertas kosong yang cukup kuat. Tempelkan leher kantong kertas ke mulut dan hidung, jangan ke seluruh wajah. Pastikan mulut dan hidung kamu sudah tertutupi oleh kantong kertas. Kemudian, bernapaslah dalam kantong tersebut.

Tanpa disadari, lama-lama kamu akan menghirup karbon dioksida. Otot-otot diafragma yang tadinya berkontrasi tersebut pun akan melemas kembali. Pastikan kamu tidak pakai kantong plastik karena justru akan menempel di mulut dan hidung ketika kamu mengambil napas.

 

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cewek Ini Syok Mantan Pacar Mendadak Kirim WA, Basa-Basi Soal Anak Kecil Tahunya Diminta Jadi Pengasuh Bayinya

Cewek Ini Syok Mantan Pacar Mendadak Kirim WA, Basa-Basi Soal Anak Kecil Tahunya Diminta Jadi Pengasuh Bayinya

Cewek tersebut mengaku syok banget karena mantan cowoknya tiba-tiba ngajak ngobrol hal yang di luar dugaannya.

Baca Selengkapnya
9 Cara Ampuh Atasi Gangguan Kecemasan

9 Cara Ampuh Atasi Gangguan Kecemasan

Beberapa orang mungkin mengalami gangguan kecemasan yang bisa semakin parah. Yuk, simak cara mengatasinya!

Baca Selengkapnya
Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Bisa Picu Masalah Kornea

Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Bisa Picu Masalah Kornea

Mengucek mata bisa disebabkan beberapa hal. Ketahui penyebabnya agar bisa terhindar dari kebiasaan yang justru memperburuk kesehatan mata.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Anak Demam Ternyata Tak Boleh Asal Dikerok, Kulitnya Bisa Iritasi

Anak Demam Ternyata Tak Boleh Asal Dikerok, Kulitnya Bisa Iritasi

Banyak orangtua yang suka mengerok buah hatinya, dengan harapan gejala demam segera mereda. Ternyata bisa berbahaya.

Baca Selengkapnya
Curhat Kakak Perempuan Punya Adik Lagi Saat Usianya Sudah 24 Tahun, Gemes Banget!

Curhat Kakak Perempuan Punya Adik Lagi Saat Usianya Sudah 24 Tahun, Gemes Banget!

Awalnya kaget, tapi ia malah belajar jadi ibu dan sangat dekat dengan adik kecilnya.

Baca Selengkapnya