Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang Secara Alami

Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang Secara Alami Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang Secara Alami

Dream - Sakit gigi memang selalu mengganggu seseorang dalam beraktivitas. Salah satu masalah di mulut yang sering dialami banyak orang adalah gusi bengkak. Saat kondisi ini menyerang, kamu takkan merasa nyaman menyantap makanan atau minuman apapun.

Gusi bengkak seperti namanya adalah keadaan di mana terjadinya pembengkakan pada gusi. Banyak faktor yang dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak, salah satunya karena gigi berlubang. Namun kamu tidak perlu khawatir, gusi yang bengkak bisa dengan mudah disembuhkan.

Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk mengobati gusi yang bengkak. Berikut Dream kupas beberapa cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang secara alami.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang

Gigi yang berlubang memang bisa menyebabkan gusi kamu berlubang. Berikut ini beberapa caramengobati gusi bengkak karena gigi berlubang.

Kompres dengan es batu

Cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang pertama yaitu dengan mengompresnya dengan es batu. Caranya dengan melapisi es batu dengan handuk, lalu tempelkan ke bagian pipi atau bagian gusi yang bengkak.

Berkumur dengan air garam

Sudah jadi rahasia umum jika garam bisa mengatasi masalah pada gigi, termasuk menjadi cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang. Sodium yang tinggi dapat membasmi bakteri penyebab plak atau karang gigi. Garam menjadi antiseptik alami bau kesehatan mulut.

Caranya cukup mudah, masukkan 2 sendok makan garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali selesai sikat gigi agar bakteri dapat dibasmi sampai bersih.

Bawang putih

Bawang putih juga bisa menjadi cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang. Bawang putih dapat menjadi antiseptik alami untuk gigi yang sakit.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Ada beberapa metode dengan bahan alami yang bisa kamu praktekkan untuk mengobati gusi bengkak. Berikut ini beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami.

Lemon

Cara mengobati gusi bengkak secara alami pertama yaitu dengan memanfaatkan lemon. Asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu, lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.

Cara mengobati gusi bengkak dengan lemon yaitu pertama-tama peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

Belimbing wuluh

Buah asam satu ini juga bisa menjadi cara mengobati gusi bengkak secara alami. Rasa asam dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri yang tentu saja efektif dalam membasmi bakteri dalam mulut

Cara mengobati gusi bengkak dengan belimbing wuluh cukup mudah. Tumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Tumbukan belimbing wuluh ini kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

Daun jambu biji

Cara mengobati gusi bengkak secara alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan daun jambu biji. Daun jambu biji juga ternyata berguna sebagai antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu daun jambu efektif mengempeskan gusi yang bengkak karena mengandung antibakteri, antiiflamasi, dan analgesi yang kuat. Kamu cukup mengunyah daun jambu biji tersebut, atau rebus daun tersebut dengan segelas air lalu gunakan untuk berkumur.

Merica

Bumbu dapur satu ini juga bisa digunakan sebagai cara mengobati gusi bengkak secara alami. Merica mengandung antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti yang berguna untuk mengobati gusi bengkak. Campur merica dan garam, tuang sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada gigi yang sakit.

Jahe

Ada kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus bakteri dalam mulut. Maka dari itu jahe cocok digunakan sebagai cara mengobati gusi bengkak secara alami. Caranya adalah dengan memarut 1 buah jahe. Kemudian peras airnya. Gunakan air perasan jahe untuk berkumur.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Bernanah

Gusi yang bengkak juga bisa mengeluarkan nanah. Berikut ini beberapa cara mengobati gusi bengkak bernanah di dokter gigi.

Drainase abses

Nanah yang muncul harus disayat dan dibuka sehingga bakteri bisa keluar dan kering. Sebelum dokter melakukan cara mengobati gusi bernanah ini, kamu mungkin akan diberikan bius lokal.

Perawatan akar kanal gigi

Perawatan saluran akar kanal gigi dilakukan jika infeksi disebabkan dari gigi yang berlubang atau kematian gigi. Gigi yang mati akan dilubangi agar nanahnya bisa keluar. Jaringan yang rusak akan disingkirkan dari pulpa gigi. Kemudian untuk mencegah infeksi, bagian yang berlubang akan ditambal. Nanah pun akan mengering dan lubang dibersihkan. Permukaan akar gigi akan dihaluskan dengan scaling di bawah tepi gusi. Hal ini akan membantu penyembuhan gigi dan mencegah infeksi.

Mencabut gigi yang terinfeksi

Cara mengobati gusi bengkak satu ini dilakukan jika perawatan akar kanal gigi tidak berhasil. Bisa juga ketika gigi telah mengalami pembusukan dan rusak, sehingga perlu dicabut.

Obat penghilang rasa sakit

Obat penghilang rasa sakit dapat membantu mengurangi rasa sakit sembari menunggu perawatan. Obat penghilang rasa sakit hanya ada untuk mengurangi rasa sakit dan tidak bisa menggantikan kunjungan ke dokter gigi. Beberapa obat penghilang rasa sakit yaitu aspirin, ibuprofen, dan paracetamol.

 

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Ampuh dan Alami, Cukup Pakai 2 Bahan Ini

Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Ampuh dan Alami, Cukup Pakai 2 Bahan Ini

Masalah perubahan warna gigi menjadi kuning seringkali membuat orang tidak percaya diri. Yuk, simak cara alami memutihkan gigi ini!

Baca Selengkapnya
Pentingnya Gosok Gigi saat Berpuasa, Kapan Sebaiknya Dilakukan?

Pentingnya Gosok Gigi saat Berpuasa, Kapan Sebaiknya Dilakukan?

Meskipun tak mengonsumsi apapun, orang berpuasa tetap harus menggosok gigi agar terhindar dari kuman.

Baca Selengkapnya
Sakit Maag Tak Kunjung Sembuh Bisa Jadi Karena Gigi Berlubang

Sakit Maag Tak Kunjung Sembuh Bisa Jadi Karena Gigi Berlubang

Banyak yang tak sadar kalau masalah gigi bisa merembet ke pencernaan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Stop Sikat Gigi Setelah Bangun Tidur, Bisa Bikin Gigi Berlubang

Stop Sikat Gigi Setelah Bangun Tidur, Bisa Bikin Gigi Berlubang

Ternyata menyikat gigi setelah bangun tidur dapat membuat gigi menjadi kurang sehat

Baca Selengkapnya
5 Bahan Alami yang Diketahui Bisa Redakan Gejala Sakit Gigi

5 Bahan Alami yang Diketahui Bisa Redakan Gejala Sakit Gigi

Sambil menunggu jadwal dokter gigi, coba manfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur.

Baca Selengkapnya
Beda Usia, Ternyata Beda Cara Perawatan Gigi Anak

Beda Usia, Ternyata Beda Cara Perawatan Gigi Anak

Jaga kesehatan gigi dan gusi si kecil sejak dini agar tidak bermasalah di kemudian hari.

Baca Selengkapnya