Cara Mengobati Keputihan Berlebihan Secara Alami, Cepat, dan Tanpa Efek Samping

Reporter : Sugiono
Kamis, 4 Oktober 2018 19:45
Cara Mengobati Keputihan Berlebihan Secara Alami, Cepat, dan Tanpa Efek Samping
Mengobati keputihan berlebihan secara alami ini merupakan cara mudah dan murah sebagai pertolongan pertama. Simak juga cara mengatasi keputihan saat hamil.

Dream - Keputihan menjadi masalah yang sering dikeluhkan para wanita. Tidak jarang mereka menganggap keputihan adalah suatu penyakit. Padahal keputihan merupakan mekanisme alami Miss V untuk menjaga kebersihannya.

Namun, jika keputihan terjadi terus-menerus hingga menyebabkan Miss V gatal-gatal atau bau, maka Sahabat Dream sebaiknya mulai waspada.

Keputihan yang berbau dan terjadi secara terus-menerus tersebut dapat menyebabkan rasa percaya diri berkurang dan rasa tidak nyaman.

Jika keputihan tidak normal, maka kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter. Untuk mengetahui keputihan yang abnormal, kamu bisa kenali tanda-tandanya seperti berikut ini:

Tanda-tanda keputihan tidak normal

Berbau

Tanda-tanda keputihan abnormal yang paling kentara adalah berbau. Karena umumnya keputihan yang normal tidak memiliki bau. Ketika keputihan berbau bahkan menyengat dan hampir dikatakan seperti bau busuk, maka bisa jadi ada kuman yang bersarang dan berkembang biak di Miss V.

Berwarna

Berwarna adalah tanda-tanda keputihan tidak normal berikutnya. Ketika normal, warna keputihan adalah bening dan transparan. Namun jika sudah keputihan warna hijau, kuning, atau bahkan disertai dengan darah, ini masuk dalam kategori keputihan yang tidak normal.

Menimbulkan gatal

Area V gatal ketika mengalami keputihan? Ini juga merupakan salah satu ciri Miss V dalam masalah atau tanda-tanda keputihan abnormal.

Nyeri ketika kencing

Nyeri ketika kencing merupakan tanda bahaya ketika kamu sedang mengalami keputihan. Ini tanda bahwa kuman sudah sampai di kandung kemih.

Jika semua tanda-tanda keputihan tidak normal ini terjadi, jangan anggap remeh. Segera tindak lanjuti dengan cara mengobati keputihan berlebihan secara alami atau berkonsultasi kepada dokter kelamin.

Sayangnya, wanita Indonesia terkadang masih malu jika harus pergi ke dokter kelamin. Padahal, mereka harus segera menemukan solusi agar keputihan tidak normal ini segera teratasi.

Mengobati keputihan berlebihan secara alami ini merupakan cara mudah dan murah sebagai pertolongan pertama.

1 dari 3 halaman

Cara mengobati keputihan berlebihan secara alami, cepat, dan tanpa efek samping

Merangkum dari berbagai sumber, Dream akan mengulas berbagai cara mengobati keputihan abnormal secara alami, cepat dan tanpa efek samping.

1. Mengobati keputihan abnormal dengan kunyit

Cara mengobati keputihan yang gatal tanpa efek samping yang pertama adalah dengan menggunakan kunyit. Kandungan zat anti-bakteri pada kunyit dapat membantu mengobati keputihan membandel pada Miss V. Kamu hanya perlu meminum air perasan kunyit yang telah diparut setiap hari. Minumlah 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan proses penyembuhan yang maksimal.

2. Mengobati keputihan berlebihan dengan biji fenugreek

Biji fenugreek mungkin masih terdengar asing di telinga. Biji fenugreek berasal dari tanaman dengan nama yang sama yaitu fenugreek atau bisa juga disebut dengan klabet. Cara mengobati keputihan abnormal dengan biji fenugreek ini dapat membantu meningkatan jumlah pH pada Miss V. Caranya adalah dengan merendam 1 sdm biji fenugreek dalam air hangat selama semalaman. Lalu saring airnya kemudian minum sebelum sarapan.

3. Mengobati keputihan berlebihan dengan bawang putih

Bawang putih merupakan resep herbal turun-temurun dikarenakan mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Itulah mengapa mengonsumsi bawang putih efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri merugikan yang jadi penyebab keputihan.

4. Mengobati keputihan secara alami dengan daun sirih

Cara mengobati keputihan dengan daun sirih juga telah dilakukan secara turun-temurun. Buktinya adalah dengan banyaknya produk pembersih Miss V yang menggunakan ekstrak sirih. Itu karena zat dalam daun sirih bersifat antibakteri dan antijamur. Cara alami mengobati keputihan dengan daun sirih adalah dengan secara rutin meminum air rebusan sirih atau membasuh Miss V dengan air rendaman sirih.

5. Mengobati keputihan abnormal dengan daun sambiloto

Cara mengobati keputihan berlebihan secara alami berikutnya adalah dengan daun sambiloto. Caranya sama dengan cara mengobati keputihan secara alami dengan daun sirih. Yaitu dengan merebus daun sambiloto dan meminum air rebusannya.

Keputihan yang berlebihan jangan dibiarkan. Sebagai langkah pertama, obati dengan bahan alami di atas.

2 dari 3 halaman

Bagaimana cara mengatasi keputihan saat hamil?

Keputihan juga merupakan salah satu masalah yang sering terjadi saat hamil. Keputihan saat hamil sebenarnya merupakan hal yang wajar dan umum terjadi.

Walaupun demikian, keputihan berlebihan saat hamil tetap harus diwaspadai dan diatasi dengan baik agar masalahnya tidak bertambah buruk.

Keputihan berlebihan saat hamil tentu saja mengganggu. Jika tidak diatasi, keputihan saat hamil bisa membuat daerah vagina menjadi lebih lembap sehingga lebih mudah terkena infeksi bakteri.

Berikut adalah cara mengatasi keputihan saat hamil yang dirangkum Dream dari berbagai sumber:

  1. Jika keputihan sangat banyak, kamu mungkin perlu mengganti celana dalam lebih sering. Ini bertujuan agar kelembapan daerah Miss V selalu terjaga.

  2. Selalu jaga agar area Miss V selalu bersih dan kering. Setelah mandi, berolahraga, buang air kecil atau buang air besar, biasakan untuk mengelap area vagina dengan handuk lembut sehingga tetap kering.

  3. Bersihkan area vagina dengan rutin. Bisa menggunakan air hangat, atau memakai produk pembersih vagina (bukan sabun) yang mengandung povidone-iodine, jika diperlukan.

  4. Jangan gunakan tisu dengan pewangi, sabun wangi, atau deodoran vagina untuk membersihkan atau sekadar membasuh vagina.

  5. Jangan memakai douching untuk membersihkan Miss V karena ini bisa mengiritasi kulit dan mengganggu keseimbangan bakteri alami dalam vagina.

3 dari 3 halaman

Apa yang menyebabkan keputihan saat hamil?

Hal-hal yang menyebabkan keputihan saat hamil bisa bermacam-macam. Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan keputihan saat hamil yang dirangkum Dream dari berbagai sumber:

1. Leher rahim dan dinding vagina lebih lembut

Selama hamil, leher rahim dan dinding vagina menjadi lebih lembut sehingga lebih banyak menghasilkan lendir atau disebut keputihan. Ketika hamil tubuh lebih banyak menghasilkan hormon estrogen dan lebih banyak darah mengalir ke daerah leher rahim selama kehamilan.

Keputihan sebenarnya berfungsi untuk melindungi leher rahim atau vagina dari bakteri atau kuman dari luar.

2. Kepala bayi menekan leher rahim

Jelang akhir kehamilan, kepala bayi menekan leher rahim yang bisa menyebabkan keputihan terjadi lebih banyak. Terkadang, kamu mungkin tidak bisa membedakan keputihan dari air kencing.

Pada minggu-minggu terakhir kehamilan, keputihan juga bisa disertai dengan bercak darah. Ini bisa menjadi tanda tubuh sudah siap untuk melahirkan.

Lalu apa tanda-tanda keputihan abnormal saat hamil?

Untuk tanda-tanda keputihan abnormal saat hamil sebenarnya sama saja dengan ketika mengalami keputihan bagi wanita yang tidak hamil.

Dirangkum dari berbagai sumber.

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal